Sudah Siap Masuk Sekolah Lagi?

Juli 07, 2022
2 komentar

 

Haloha sobat HujanPena, bagaimana kabarnya hari ini? Ada tidak ya pembaca blog aku yang masih sekolah? Sekarang sedang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengah Atas? Jika salah satunya  ataupun keduanya, kamu wajib banget baca blog ini untuk lebih mempersiapkan diri di tahun ajaran baru.  Kalau biasanya kita  mempersiapkan banyak hal seperti buku tulis baru, peralatan sekolah baru, seragam baru, tas baru, dan sepatu baru, semua pengennya serba baru, tapi, tahukah sobat HujanPena, bahwa ketika masuk sekolah setelah libur semester kemarin,  ada persiapan yang jauh lebih penting daripada itu lho....

Apa saja?  Yuk simak dan baca blog aku sampai habis..


  • 1.     Menentukan Sekolah Lanjutan

                           Sumber : Pinterest

Ini berlaku untuk sobat HujanPena yang baru menyelesaikan pendidikannya di satuan SMP kelas 9, pastinya sobat HujanPena benar-benar mencari informasi umum terkait sekolah lanjutan yang akan dipilih nantinya, beberapa hal yang menjadi pertimbangan ialah akreditasi sekolah, jurusan yang tersedia di sekolah tersebut, biaya sekolah, dan kegiatan pembelajarannya.

 

Ketika memilih sekolah lanjutan untuk ananda tercinta, orang tua pasti menginginkan yang terbaik, maka tak jarang para orang tua rela berupaya lebih agar anak-anaknya dapat masuk ke sekolah idaman. Memilih sekolah idaman cukup tricky memang, sebab ini menyangkut masa depan anak, apalagi ketika lanjut ke jenjang SMA, di sini lah anak diminta untuk belajar memahami pentingnya menentukan pilihan terbaik, oleh karena itu, memilih sekolah dengan lingkungan yang mendukung itu wajib.

 

Beberapa poin yang menjadi pertimbangan para orang tua memilih sekolah diantaranya melihat dari presentasi siswa alumni yang mampu masuk ke perguruan tinggi ternama di Indonesia, juga melihat bagaimana sekolah mengencourage siswa untuk siap berjuang dan bertanding di kancah yang lebih luas lagi.

 

  • 2.     Memilihkan Bimbingan Belajar

                    Sumber : Dokumen Pribadi

Poin ini juga tak kalah penting, kurikulum yang selalu berubah serta tuntutan materi pelajaran yang semakin sulit, terpaksa mengharuskan orang tua dan sobat HujanPena khususnya untuk merogoh kocek lebih agar dapat mengikuti les tambahan, baik itu lewat les privat atau tergabung dalam sebuah bimbingan belajar yang terpercaya.

 

Masih ingat masa pandemi tempo hari? Anak-anak diharuskan belajar dari rumah, para guru menjelaskan materi melalui  WhatsApp Grup, Google Classroom, Google Meet dan Zoom.

 

Semuanya berbasis online yang akhirnya menjadi polemik tersendiri bagi orang tua yang tak mampu menggunakan teknologi dengan baik juga bagi orang tua yang terlalu sibuk bekerja. Anak tidak mengerti pelajaran yang disampaikan lewat daring, alhasil memburu bimbingan belajar guna membantu memahami materi-materi sekolah.

 

Atau, masih hangat di ingatan kita masa SBMPTN kemarin? Yup, siswa kelas 12 pastinya sudah memiliki plan khusus untuk dapat masuk ke perguruan tinggi favorit. Salah satunya ialah dengan memilih bimbingan belajar yang terpercaya dan terbukti berhasil meluluskan siswa-siswinya menuju perguruan tinggi. Jadi, memilih bimbingan belajar juga harus masuk list kamu ya sobat HujanPena saat nanti mulai masuk sekolah.

 

  • 3.     Menentukan Kendaraan (Akomodasi)

Nah, kelihatannya sepele ya sobat, menentukan kendaraan yang akan menghantarkan kamu menuju sekolah. Tapi, ini perlu untuk dipikirkan, lho.

Apakah kalian akan menggunakan jasa antar jemput? Naik kendaraan pribadi? Naik angkutan umum? Semuanya harus mulai dipikirkan, mengingat semakin kesini, semakin banyak sekali kasus penculikan anak dibawah umur yang notabene masih sekolah. Penculikan umumnya terjadi saat mereka naik kendaraan umum saat menuju atau pulang sekolah. Belum lagi, kasus begal yan sering menyerang siswa dengan membawa kendaraan pribadi.

Maka dari itu, hal ini perlu sekali untuk didiskusikan dengan seluruh anggota keluarga kamu ya sobat HujanPena.

 Gimana sobat HujanPena? Sudah siap untuk masuk sekolah lagi? Sudah siap dong ya, dan jangan lupa untuk tetap semangat...💪



Komentar

  1. Jadi kangen masa-masa sekolah euyy, apalaggi pas tahun ajaran baru. Banyak cerita yang didapat dari teman-teman ketika liburan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya kan, kalau sudah lama libur sekolah, ketika masuk pasti rasanya excited banget.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer