Keren! Aplikasi Jagat Bantu Cari Teman Sefrekuensi

Februari 27, 2024
34 komentar


aplikasi-jagat


Setelah hampir tiga tahun pindah ke kota Tebing Tinggi, beberapa cara kutempuh untuk dapat menemukan komunitas ataupun teman sefrekuensi yang memiliki hobi serupa .

Bak gayung bersambut, teman-teman komunitas beberapa kali sempat membagikan keseruan mereka saat menggunakan aplikasi Jagat. Aku pribadi jadi penasaran dong, emang gimana sih cara pakai aplikasi Jagat dan apa sih aplikasi Jagat?

Aplikasi Jagat merupakan platform sosial buatan anak Indonesia yang bisa digunakan untuk berbagi lokasi dengan teman terdekat meski tidak berada dalam satu wilayah.

Aplikasi Jagat diluncurkan pada Maret tahun 2023 silam. Aplikasi Jagat adalah hasil besutan PT Avatara Jagat Nusantara. Dengan tampilan UI yang menarik dengan warna pada tampilan juga beberapa icon yang bikin makin penasaran.

Tidaklah salah jika aplikasi Jagat ditujukan sebagai platform media sosial anak muda terbaru yang tidak boleh dilewatkan. Jagat mempertemukan orang-orang tersayang meski dari belahan dunia yang lain.

Berawal dari Iseng, Aplikasi Jagat bikin Seneng!

Karena penasaran dengan postingan teman-teman seputar Jagat akhirnya iseng-iseng coba aplikasi Jagat dan tertarik banget melihat beberapa fitur-fitur yang Jagat miliki.

aplikasi-jagat

Melalui aplikasi Jagat, aku bisa membagikan keberadaanku, kegiatan sehari-hariku kepada orang terdekat, membagikan postingan foto, dan menandai lokasi favorit.

Bukan hanya itu, aku juga bisa memantau pergerakan serta keberadaan orang tersayang lewat aplikasi Jagat secara real-time (waktu nyata)

aplikasi-jagat

Selain itu, temen-temen aku yang sudah instal aplikasi Jagat juga mengatakan kalau aplikasi ini membantu mereka banget saat smartphone mereka hilang beberapa hari lalu.

Dan yang lebih buat aku tercengang adalah ketika mulai menggunakan platform Jagat, engga kepikiran banget kalau ternyata kita bisa kenalan dengan teman-teman dari luar negeri, loh!

Bertemu Teman Se-frekuensi bikin Mental Tambah Sehat

Seyogyanya makhluk sosial yang membutuhkan sosialisasi sekalipun kepribadian kita dominan introvert. Beragam alasan seseorang melakukan sosialisasi, ada yang karena kebutuhan bisnis, ada yang ingin menyalurkan hobi, dan menambah koneksi agar selalu jadi yang terdepan ketika ada info apapun. Sah-sah aja sih sebenarnya.

Aku pribadi memang suka bersosialisasi dengan tujuan untuk menambah wawasan, dengan kata lain aku suka bertemu teman sefrekuensi di dalam suatu komunitas. Oleh karena itu, kalau sekarang ada platform sosial yang dapat memenuhi kebutuhanku, mengapa tidak langsung aku coba ya, ‘kan?

Secara umum ada dua manfaat bertemu teman sefrekuensi yang aku rasakan, diantaranya:

1. Mengurangi stres

Berinteraksi dengan orang akan membuat perasaan lebih senang. Pernyataan tersebut ada benarnya loh, Sob! Ketika bercengkrama dengan teman yang memiliki hobi sama maka perasaan bahagia, dan nyaman akan timbul, enak ngobrol dari A- Z, hati bahagia, kekebalan tubuh meningkat, alhasil sehat jiwa raga deh...

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Semenjak pandemi covid-19 tahun 2019 sampai pertengahan 2021, banyak banget nih teman-teman yang tidak lagi bisa berinteraksi langsung dan berujung overthinking.

Sejak saat itulah banyak bertebaran komunitas - komunitas online hingga sekarang. Komunitas tersebut terbukti menjadi oase tersendiri bagi kita yang tetap ingin berinteraksi namun terkendala dengan keterbatasan jarak dan waktu untuk bertemu.

Kalau dipikir-pikir, bisa jadi komunitas daring yang berkembang di masa pandemi menjadi peluang bagi beberapa platform online seperti aplikasi Jagat, ya ga sih?

Setidaknya platform online seperti aplikasi Jagat menjadi jembatan untuk tetap berkomunikasi dengan siapa saja, menyalurkan hobi, kegiatan serta dapat meningkatkan percaya diri seseorang.

Mencoba Fitur Social Map di Aplikasi jagat

1. Melihat Lokasi Akurat dengan Location Sharing di Jagat

Salah satu fitur terbaik aplikasi Jagat yang sayang untuk dilewatkan adalah Social Map. Social Map digadang-gadang menjadi fitur terbaik yang dimiliki karena mampu menampilkan beberapa informasi menarik lainnya seperti;

  • Lama waktu pada suatu tempat: melalui fitur social map, kamu bisa melihat berapa lama temanmu menghabiskan waktu di suatu tempat.
  • Persentase baterai smartphone: menariknya, fitur ini juga memungkinkan penggunanya untuk melihat persentase baterai smartphone teman yang sudah terhubung.

Awalnya aku kaget loh “Kok ada indikator baterai hp ya?”. Ternyata itu adalah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Jagat. Bener-bener bisa melihat seberapa lama teman berada di suatu lokasi.

aplikasi-jagat

Semua keunggulan fitur Social Map hanya bisa kamu gunakan jika kamu dan teman kamu mengaktifkan mode, tapi ketika kamu tidak mengaktifkannya alias Ghost Mode maka informasi lokasi secara rinci tidak akan bisa terlihat kok, tenang aja…

2. Update Status dalam Fitur NOW dan Buatlah Planet Kamu Sendiri

Masih seputar fitur terbaik, aplikasi Jagat kini memiliki fitur NOW yang memungkinkan pengguna Jagat untuk sharing kegiatan sehari-hari dengan upload foto atau video tertentu saat online.

Hampir mirip seperti saat kita membagikan foto ataupun video di berbagai media sosial lain. Namun yang membuat berbeda dari fitur NOW ialah foto yang kita posting merupakan penanda bahwa kita sedang berada di lokasi tersebut ya,Sob,ya..

Foto yang kita unggah juga dapat kita sematkan lokasi terkini, dan yang buat aku amazed ialah lokasi yang tersedia cukup akurat, loh!

Nih aku kasih contoh satu postingan aku di fitur NOW. Lokasinya akurat dan pas banget!

aplikasi-jagat

Menariknya lagi, selain bisa posting beberapa foto dengan menandai lokasi, ternyata setiap postingan yang berhasil diunggah dengan satu tema sama bisa kita kumpulkan dalam fitur Planet yang dimiliki Jagat. Jadi, kalian bisa masukin hastag tertentu dalam postingan NOW dan buatlah planet kamu sendiri!

aplikasi-jagat

3. Fitur Group Nearby, Mencari Teman dengan Ketertarikan Sama di Sekitarmu

Fitur lainnya yang tidak kalah keren ialah Group Nearby dimana kalian bisa join dengan grup terdekat dengan lokasi kalian. Dengan bergabungnya kalian ke dalam group terdekat yang memiliki hobi sama bisa menjadi langkah awal buat kamu memperluas koneksi sosial kamu, Sob!

Misalnya nih kalian memiliki hobi menulis atau kegiatan lainnya, tidak ada salahnya mengaktifkan fitur Discover Nearby yang terletak di sebelah kanan berlogo radar dengan tulisan on/off untuk temukan group serupa di sekitar wilayahmu.

Kesimpulan

So far, aku suka dengan aplikasi Jagat, mulai dari tampilannya UI yang eye-catching, cara menggunakannya yang mudah serta beragam fitur menarik yang bisa aku coba-coba untuk berinteraksi dengan teman terdekat.

Namun, ada satu hal yang perlu dibenahi yaitu beberapa nama lokasi tidak terdaftar pada aplikasi Jagat. Jadi ketika seorang teman yang sedang berada di lokasi yang tidak terdaftar maka akan tertulis jalan tanpa nama.

Lalu sepertinya ketika menggunakan fitur location sharing di Jagat wajib mengaktifkan GPS ponsel, jika tidak diaktifkan maka lokasi terkini tak dapat dijangkau juga. Jadi, pastikan GPS kamu dan teman kamu aktif ya, Sob, saat ingin menggunakan aplikasi Jagat.

Jika kalian penasaran dan ingin mencoba keseruan berselancar di Jagat, kalian bisa banget download aplikasi Jagat di playstore dan Apps Store, ya.

Untuk kalian yang masih bingung gimana sih cara menggunakan semua fiturnya Jagat, kalian bisa kunjungi sosial media mereka dia instagram : @Jagatapp_id dan juga TikTok Jagat : @Jagatapp_id, pantau dan lihat semua tutorialnya, Sob!

Sudah saatnya nih kita bangga dengan karya-karya buatan anak Indonesia dengan ikut menggunakannya. Jangan lupa pakai semua fitur-fitur kerennya, ya!

Teman-teman yang sudah pakai Jagat, boleh komen pengalamannya,dong! siapa tahu kita bisa berkenalan di dunia maya





Komentar

  1. Aplikasi jagat bener bener ngebantu banget untuk mantau dari jauh pergerakan teman dekat kita atau pasangan, jd walaupun jauh ttp bisa tau dia kemana aja. Mengurangi overthinking hehehe

    BalasHapus
  2. Wah aku baru tau ada aplikasi ini. Bisa untuk dipake sekeluarga kalo lagi travelling nih, jadi bisa masing-masing jalan kemana kita tau nanti titik kumpulnya dimana. Makasih lho kak udah sharing jadi makin tahu ada aplikasi ini

    BalasHapus
  3. Baru tahu juga ada aplikasi macam ini. Mirip kayak dulu ada Path ya.

    Btw, ini aplikasinya gratis total atau ada fitur yang berbayar, Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gratis, Kak, bisa diunduh di Google Playstore ya kak

      Hapus
  4. Wah keren aplikasi nya

    BalasHapus
  5. Baru tau ada aplikasi ini, kalau di sosmed lain kita memang bisa ketemu dengan teman2 dr mana saja. Kalau ini kayaknya lebih spesifik ya, yg sefrekuensi. Entar coba download, ah.

    BalasHapus
  6. baru tau nih ada aplikasi ginian hihi mau ketemuan jadi lebih gampang. tp perlu hati2 juga dengan aplikasi seperti ini, harus tetap waspada.

    BalasHapus
  7. Menarik ya apk nya. Selain bs tau keberadaan orang2 terdekat kita, bisa cari teman yg se hobi jg. Rekomen sih

    BalasHapus
  8. Kalau dari namanya sih sepertinya yang buat developer lokal yaa. Menarik sih ini, saya baru pertama kali denger juga. Kedepannya akan saya coba kalau sedang iseng hehehe

    BalasHapus
  9. Belakangan ini, saya dicurhatin teman yang tinggal berdekatan dengan mertua dan iparnya. ENtah kenapa saya merasa bahwa teman saya itu mengalami kemunduran kedewasaan dalam pola pikir dan stabilitas emosinya.

    Di sini saya menyadari betapa pentingnya cycle sekitar kita. Sikap orang sekitar yang notabene tidak sefrekuensi bahkan mengabaikan kehadiran kita, akan menentukan kesehatan mental pada akhirnya.

    Sebagai perbandingan, dulu saat mondok di pesantren, saat sekolah atau kuliah, kita cenderung bergaul dengan orang2 yang menurut kita nyambung dan sefrekuensi. Sedangkan setelah menikah, mau tidak mau, harus bergaul dengan orang yang belum tentu cocok, bahkan belum tentu menyukai kehadiran kita.

    Di sini saya sangat merasakan bagaimana kesulitan yang dihadapi teman saya. Ya Allah, semoga masalahnya segera berlalu. Semoga dia bisa menemukan orang-orang yang benar-benar sefrekuensi, menerimanya dengan sukacita, dan merespon dengan baik. Saya tahu betul, teman saya itu orang yang baik. Hanya sedang diuji bertemu lingkungan yang tidak menerimanya dengan baik. Orang-orang yang disapa pura-pura tidak dengar, didekati seolah tidak mau diganggu. Karena mencari cyrcle setelah berumah tangga itu tidak semudah semasa masih single.

    BalasHapus
  10. Keren aplikasi media sosial buatan Indonesia. Kalau bisa dapat teman luar negeri berarti aplikasi ini udah dikenal diluar. Semoga Jagat bisa berkembang dan mengalahkan medsos buatan luar.

    BalasHapus
  11. Ohh ini aku pernah denger nihh. Menurut beberapa temen-temen juga katanya aplikasi Jagat ini menarik banget buat dicoba karena mempertemukan temen temen kita yang satu frekuensi

    BalasHapus
  12. baca ini langsung otw instal kak, takut kelupaan lagi soalnya. Padahal udah berkali2 juga baca review-nya, dan ini yang paling lengkap menurutku

    BalasHapus
  13. Wah baru tahu nih ada aplikasi ini. Jadi sebuah game changer buat sosial media di Indonesia. Apalagi kalo bisa nemuin temen sefrekuensi. Bener-bener jadi less drama

    BalasHapus
  14. Kayak nya habis ini kudu install ini app, menarik juga nih bisa cari temen-temen yang se energi . Soalnya sekarang susah banget nyari temen yang se frekuensi . Kalau di Jagat bisa cari temen sekitar seperti ini , wah lebih gampang untuk collab suatu hal dengan teman yang se frekuensi

    BalasHapus
  15. Wah aku baru tahu nih ada aplikasi Jagad ini. Ih, kudet sekali aku ya... Terima kasih sharing infonya ya..mau ngulik lebih dalam aah...

    BalasHapus
  16. Aku dah pakai app jagat, dan bisa nemu lokasi orang ada dimana disekitar kita.

    BalasHapus
  17. Kak soal keamanan nya gimana ya? Privasi kita gitu. Gak bahaya tha?

    BalasHapus
  18. Hihi lucu banget nama aplikasinya jagat.. indonesia banget bagus yaa buat nambah pertemanan

    BalasHapus
  19. Kok aku kepikiran aplikasi aplikasi yang sering muncul di drakor yaaa, aplikasi baru yang dipake banyak orang tapi si aplikasi ini bisa melacak orang ada dimana dan share kegiatan juga. Persis jagad ini sih ya. Tertarik sih dengan aplikasi ini karena bisa nyari temen satu circle dan bisa tahu juga suami ada dimana, wkwkwkwk.

    BalasHapus
  20. Jagat ini aplikasi luar biasa keren, apalagi melebihi ekspektasi pembuatan yang ternyata banyak digemari oleh masyarakat global juga.

    BalasHapus
  21. Keren juga nih, aplikasi Jagat sampai bisa membantu menemukan smartphone yang hilang. Apalagi aplikasi Jagat ini buatan anak negeri juga, ya.

    BalasHapus
  22. Keren juga anak indonesia bisa buat aplikasi seperti ini. Mudah²an ke depan semakin banyak aplikasi buatan anak bamgsa yang bisa kita pakai sehari-hari.

    BalasHapus
  23. Senang ya kalau bisa punya lingkungan yang sefrekuensi, bisa lebih nyaman satu sama lainnya. Bisa saling support, menghargai dan pastinya bikin relationship awet

    BalasHapus
  24. Review Aplikasi Jagat ini menarik yaa..
    Dan pastinya jadi bermanfaat ketika membutuhkan fitur-fitur canggih yang ada di Aplikasi ini. Seneng banget dan pingin coba instal. Semoga gak terlalu makan banyak memori yaa..

    BalasHapus
  25. Wah baru tau ada aplikasi yang berdasarkan lokasi. Pengen coba deh

    BalasHapus
  26. Kaya lucu juga ya aplikasinya. Ketemu teman sefrekuensi dari apa pun entah aplikasi, sosial media, bahkan secara langsung, memang menyenangkan. Jadi kita gak buang-buang waktu gitu ya. Bikin sehat mental juga

    BalasHapus
  27. Info terbaru lagi, nih, Deg. Kayaknya mirip² PATH, ya, Deg. Mudah²an terus berkembang kayak sosial media lainnya. Apalagi, aplikasi ini salah satu karya anak Indonesia.

    BalasHapus
  28. kirain tadi jagatreview buat aplikasi hahaha. Pengen cobain tapi ntar kalau udah hype banget. soalnya sekarang takut masalah privasi dan jdi habis waktu liatin aktivitas temen-temen doang. sebenenrnya sih klo dimanfaatin denganbaik ini bagus bagt untuk pantau keluarga sendiri ya.

    BalasHapus
  29. Baru tau ada aplikasi ini, seru juga ya kak bisa jumpa teman yang sefrekuensi dengan kita. Tapi saya tipe orang yang kurang benari jumpa orang baru kalau kenalnya melalui online, was was gitu rasanya.

    BalasHapus
  30. Bisa dibilang perlu, enggak perlu ya, aplikasinya. Karena aku merasa udah nemu teman sefrekuensi 😁, sedangkan di fase ini untuk sengaja nambah teman ada 'timing-nya'. Btw, apa lokasi kita bisa diakses/dilihat oleh siapa aja teman kita atau hanya orang yang kita izinka saja?

    BalasHapus
  31. Yang lagi feeling lonely atau butuh teman cerita gak ada salahnya download aplikasinya. Terkadang banyak orang yang butuh teman cerita bukan ke teman dekat, tapi ke orang yang baru dikenal.

    BalasHapus
  32. Socmed buatan anak negeri gak tuh 👏
    Patut banget diapresiasi sih ini. Semoga aja bisa gede dan mendunia sebagaimana facebook dan instagram.

    BalasHapus
  33. Keren ya aplikasinya. Dulu Line juga punya fitur yang mencari teman terdekat. Tapi gak selengkap ini. Ini aplikasi bbuatan lokal ya kak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer