Pengumuman Rekrutmen SPL Nasional Nyalanesia

Juli 08, 2022
0 komentar

 

Hai sobat HujanPena. Masih ingat tempo hari saya pernah menuliskan tentang rekrutmen SPL (Sosialitator Program Literasi) Nasional dari Nyalanesia?

Pendaftaran resmi ditutup tanggal 30 Juni 2022 lalu. Kemudian pengumuman peserta lolos tahap administrasi akan diumumkan pada tanggal 8 Juli 2022.

Melihat sekilas tentang program ini, jujur saya merasa tertantang. Akan menjadi pengalaman baru bagi saya mensosialisasikan literasi ke sekolah-sekolah yang berada di tempat saya tinggal, mengingat banyak generasi muda khususnya usia pelajar sedang mengalami krisis literasi. Berdasarkan alasan itu lah saya mengikuti program ini. Program literasi yang baru tahun ini saya ketahui.

Sebagai salah seorang pendaftar, jelas saya menantikan tanggal 8 Juli 2022. Rasa penasaran apakah nama saya akan menjadi salah satu kandidatnya atau tidak. Seperti yang sudah pernah saya tuliskan, Sosialitator Program Literasi Nasional ini akan berlangsung selama tiga bulan dengan jumlah penyala sebanyak 100 orang. Pastinya seleksi yang akan dilalui juga tidak sembarangan, kan?

Telisik punya telisik, total pendaftar program tahunan dari Nyalanesia yang satu ini mencapai 3538 orang. Pasti bukan hal mudah untuk dapat bertahan dan berjuang hingga nantinya hanya tersisa 100 orang saja.


Di detik-detik menuju pengumuman, tanggal-tanggal penting yang wajib diingat mulai bermunculan, diantaranya, tanggal 8-13 Juli adalah masa Campaign Media Sosial Program GSMB Nasional dan Uji Pemahaman Program, di mana pada masa ini, seluruh peserta yang lolos seleksi tahap I akan diuji kembali dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pemahaman program SPL Nasional, prosentase nilai yang dikumpulkan lewat uji Pemahaman Program ialah 90% lalu diikuti dengan Campaign Media Sosial Program GSMB Nasional dengan prosentase nilai 10%. Setelah melewati proses ini, pihak Nyalanesia akan mengumumkan siapa saja yang nantinya berhak untuk lanjut ke tahap berikutnya dan melewati rangakian acara Pengukuhan Kandidat SPL Nasional pada tanggal 19 Juli 2022. Selesai sampai di situ? Tidak. Pada tanggal 21 Juli, seluruh peserta akan melaksanakan FGD Teknis Penerjunan Kandidat SPL Nasional. Dan diakhiri dengan Pengumuman SPL Nasional Terpilih Tahun 2022 pada tanggal 26 Agustus 2022.


Pengumuman peserta yang lolos seleksi tahap 1 pun akhirnya tiba. Rasanya campur aduk saat harus mengetik tautan yang diberikan agar memudahkan peserta mengakses nama mereka. Tanpa banyak ekspektasi, saya mengikuti kata hati untuk ikut bergabung dalam euphoria suka cita para followers Nyalanesia lainnya yang dinyatakan lolos. Alhamdulillah nama saya terpampang di sana sebagai salah satu peserta yang berhasil lolos seleksi tahap 1. Bagaimana respon saya? Bagaimana ekspresi saya? Hal pertama yang saya lakukan adalah tersenyum, merasa bangga terhadap diri yang mampu berjuang sampai sejauh ini.

Lantas, naluri keisengan saya muncul, perlahan saya mulai lihat nama peserta lain yang dinyatakan lolos seperti saya, saya lihat profil mereka di akun sosial media Instagram mereka pribadi, betapa hebat dan luar biasa peserta kali ini, mereka yang memang sudah sejak lama giat menyebarluaskan literasi di lingkungan sekitar selama bertahun-tahun, menimbulkan insecurity dalam diri. Saya yang baru menerjunkan diri dalam dunia literasi kurang dari enam bulan merasa sangat kecil sekali, merasa nol dibanding mereka, masih banyak pe-er yang harus saya kerjakan, masih banyak tugas yang belum saya tuntaskan untuk menjadi sejajar dengan mereka.

Namun, bukan kah dunia ini penuh warna warni? Kembali saya merapikan benang kusut dalam pikiran saya. Jika yang terpilih hanya orang-orang yang sudah memiliki banyak jasa untuk masyarakat di sekitarnya, lalu bagaimana dengan orang-orang seperti saya? Seorang pemula yang ingin terus berkarya, ingin terus maju membangun negeri? Semangat dan rasa percaya diri saya timbul kembali. Dengan semangat yang menggebu, kini saya siap untuk bergabung dan belajar bersama mereka-mereka yang luar biasa demi kemajuan bangsa.

Sobat HujanPena ada juga yang mengikuti rekrutmen SPL Nasional ini? Cek nama kamu di sini ya

Komentar

Postingan Populer