Migrain Datang, Mood Hilang

Juli 03, 2022
10 komentar


Bagaimana kabar sobat HujanPena di hari Minggu ini? Kalau saya pribadi, diawali dengan migrain sejak bangun tidur, rasanya sungguh menyiksa, semua aktivitas terganggu, karena rasa nyeri yang tak kunjung reda.

Sobat HujanPena pasti pernah juga mengalami migrain, kan? Faktanya, migrain merupakan sakit kepala yang lebih sering dialami wanita dibanding pria, lho..

Sakit kepala akibat migrain terasa berdenyut dan hanya dirasakan di satu sisi saja, bisa menyerang sisi kiri atau sisi kanan. Yang dirasakan selama migrain juga beragam, ada yang merasa mual hingga muntah, ada pula yang merasa sakit mulai dari pelipis mata hingga menjalar ke bagian leher dari sisi kepala yang terasa nyeri, serta merasa sensitive terhadap cahaya.

Kondisi ini berlangsung beberapa jam saja, tetapi ada juga yang mengalami migrain ini beberapa hari. Kalau saya, sepertinya untuk minggu ini saja, sudah dua kali merasakan migrain di hari berbeda.

Migrain yang terjadi pada wanita umumnya dikarenakan hormon, hal ini bisa disebabkan karena menstruasi atau hamil. Namun, selain karena hormon, migrain yang terjadi pada wanita juga bisa disebabkan oleh gaya hidup, dehidrasi, kurang tidur, terlambat makan, stress, mengkonsumsi asupan garam berlebih, dan makan makanan yang mengandung pengawet. Wah… sekarang saya jadi tahu mengapa saya sering sekali mengalami migrain. Yap, jawabannya karena kurang tidur, terlambat makan dan stress..hiks

Migrain memang bukan penyakit yang cukup berbahaya. Namun, jika hal ini terus terjadi bahkan dibiarkan saja, akan sangat mengganggu kualitas hidup wanita. Sebab, kondisi ini tergolong sebagai gangguan neurologis turunan akibat ketahanan yang lebih rendah terhadap rangsangan penyebab migrain. Nah lho! Jadi banyak tahu tentang migrain, nih..

Lantas, apa yang menyebabkan seseorang terkena migrain?

Saat ini, para peneliti telah menentukan bahwa pembuluh darah yang membengkak adalah salah satu dari sekian banyak rantai sebab-akibat serangan migrain, namun, ini bukanlah penyebab utamanya, yang mereka tahu, migrain adalah gangguan neurologis turunan.

Jika salah satu pihak orang tua memiliki riwayat serangan migrain selama hidupnya, maka keturunannya memiliki 50 persen peluang untuk memiliki kondisi yang sama. Jika kedua orang tua kita memiliki riwayat penyakit ini, maka peluangnya akan meningkat menjadi 70 persen.

Peneliti meyakini bahwa migrain disebabkan oleh aktivitas biokimia abnormal dari saraf kranial terbesar dalam tubuh sekaligus generator pembangkit sinyal rasa sakit, saraf trigeminal. Perubahan molekular dalam saraf trigeminal ini dengan cepat menyebar ke jaringan saraf halus disekitarnya.

Jika dilihat dari penyebabnya, migrain ini bisa dihindari ya sobat HujanPena dengan menghindari hal-hal yang saya sebutkan di atas. Namun, jika sudah terlanjur terjadi, apa yang dapat kita lakukan?

Berikut, beberapa langkah yang saya lakukan jika terserang migrain, semoga dapat membantu sobat HujanPena yang mengalami hal serupa.

  • Mandi dengan air hangat


Mandi dan keramas dengan air hangat sangat ampuh untuk mengurangi nyeri migrain. Sensasi rileks yang dirasakan tubuh saat mandi dengan air hangat mampu melonggarkan saraf-saraf pada tubuh juga kepala yang migrain.

  • Minum air hangat

Salah satu penyebab migrain yang sering saya alami, didominasi oleh masuk angin, oleh sebab itu, biasanya saya akan meminum banyak air hangat agar menghilangkan angin yang bersarang dalam tubuh saya, ketika seharian minum air hangat, angin-angin yang mengendap perlahan berkurang, dan migrain pun hilang.

  • Makan makanan manis


Ini juga ampuh untuk mengurangi nyeri migrain, apalagi jika migrain yang terjadi disebabkan oleh hormon, sobat HujanPena bisa mengkonsumsi cokelat atau martabak manis kesukaan anda.

  • Tidur cukup


Cara yang satu ini, meski ditulis paling akhir, namun jangan sampai dilupakan, karena migrain itu sendiri memang terjadi saat kita kurang istirahat atau kurang tidur, kan? Maka dari itu, Ketika migrain, itu artinya tubuh kita memberi sinyal kepada kita bahwa ada hak tubuh yang belum kita tuntaskan, jika sudah merasa gejala nyeri pada kepala sebelah mulai terasa, segera cek, apakah memang kurang tidur? Jika iya, penuhi waktu tidur dan waktu istirahat tubuh kita, ya..

Bagaimana sobat HujanPena? Semoga setelah membaca artikel ini, sobat HujanPena tidak kebingungan lagi ketika merasa terganggu akibat nyeri sakit kepala sebelah. Jika ada yang bertanya, mengapa tidak menyarankan untuk minum obat pereda nyeri migrain saja? Jawabannya, saya tidak ingin ketergantungan obat apapun, karena obat-obatan itu bersifat meredakan sakit bukan menghilangkan sumber sakit, yang ada, migrainnya berulang, saya ketergantungan obat. Jika masih dapat diatasi secara tradisional, mengapa tidak?


Sekian, semoga bermanfaat😘


Referensi : 

https://hellosehat.com/saraf/sakit-kepala/beda-migrain-sakit-kepala-sebelah/
https://www.alodokter.com/apa-penyebab-sakit-kepala-sebelah-kanan

Sumber foto : Pinterest

 

 

 

Komentar

  1. Serius deh aku nggak suka banget migran, mood langsung hancur semua. Bawannya mau rebahan ajah jadinya pekerjaan jadi terlantar juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, serba salah jadinya kan.. Bad mood aja, ngapa-ngapain juga gak fokus

      Hapus
  2. Wah asli, sih, Kak. Aku kalo udah migren bawaannya mau ngapa-ngapain itu enggak enak banget. Kualitas hidup super keganggu, kadang kalo males beli obatnya itu dibawa tidur aja, ya, walaupun g seratus persen hilang, wkwk. Tapi ternya solusinya cukup gampang ya tanpa membeli obat. Yang penting sih harus jaga pola hidup sehat biar ga kena migren dan demi keturunan yang sehat wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayolooo.. Ternyata kita sendiri yg sering zalim sama dri sendiri kan yaa

      Hapus
  3. Dulu sering banget migrain dan saya setuju dengan faktor keturunan juga mempengaruhi migrein. Ibu saya jg penderita migrein. Sekarang alhamdulillah sudah jarang kambuh sejak sering praktekin ilmu self talk positif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah...patut dicoba ini mba wince.. Saya belum pernah nyoba self talk positif sama diri. Kayak sugesti baik untuk diri y mbak

      Hapus
  4. Pas banget ini buat aku yang sering kena migrain 😭 turunan dari ibu yang sering migrain juga.
    Kalau migrain tuh memang mbak, mandi air hangat, minum air hangat sama makan coklat

    BalasHapus
  5. Pantes aja banyak kenalan perempuan yang suka kena migrain, ternyata eh ternyata memang begitu. Kira-kira ada kondisi khusus tidak ya mbak untuk meminum obat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lebih banyak wanita ya yang sering merasa migrain..Reza? sering merasa migrain gak ya?

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer