Yuk, Mengenal Sunscreen & Manfaatnya Bagi Kulit

Juni 18, 2022
2 komentar
Rajin pakai day cream sudah, rajin pakai night cream juga sudah, tapi kenapa masih muncul flek hitam, ya? eitss.. tunggu dulu, sudah kah apply sunscreen setiap hari? atau sudah kah memasukkan step suncreen ke dalam rangkaian skincare sobat HujanPena?

Selain rajin membersihkan wajah, tentunya dengan produk terbaik yang cocok dengan kulit kalian, memilih dan memakai sunscreen ternyata membawa banyak manfaat lho sobat.

Paparan sinar matahari ternyata berdampak pada kulit kita, kulit akan merasa terbakar dan juga mengakibatkan kanker kulit, lho.
Mengingat kondisi masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tropis dengan intensitas paparan sinar matahari yang tinggi. Mulai sekarang, sunscreen wajib banget masuk dalam keranjang belanjaan skincare bulanan kamu sobat HujanPena.

“Penggunaan sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari efek photoaging. Sunscreen yang baik adalah yang memiliki perlindungan broad-spectrum, yaitu terhadap UVB dan UVA. Sunscreen juga dapat dikombinasikan dengan bahan aktif lain yang dapat meningkatkan efektivitas dan memberi manfaat tambahan, seperti mengurangi pigmentasi dan melembapkan.” jelas dr. Litya Ayu Kanya Anindya Sp.KK, FINS DV, Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin-Klinik Senopati Skin Center.

Lalu, sebenarnya sunscreen itu apa, sih?

Mengenal Sunscreen

Sunscreen adalah salah satu jenis tabir surya yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sunscreen dapat melindungi kulit dengan cara menembus dan terserap oleh kulit, membentuk lapisan proteksi terhadap sinar matahari.
 
Mengenal UVA/UVB

Terdapat 3 sinar UV yang dipancarkan oleh matahari, sinar UVA, UVB dan UVC. Namun, hanya sinar UVA dan UVB yang berbahaya untuk kulit.

Sinar UVA menyebabkan masalah pada kulit di kemudian hari. Dampak dari sinar UVA adalah penuaan dini pada kulit dan menyebabkan kulit keriput.

Sinar UVB menyebabkan masalah pada kulit yang lebih cepat. Dampak dari sinar UVB adalah sunburn, warna kulit menggelap, dan dampak jangka panjangnya adalah risiko terkena kanker kulit.

Jenis-jenis sunscreen

Saat ini, sudah banyak sekali jenis dan bentuk sunscreen yang bisa kita cocokkan dengan kebutuhan serta tipe kulit kita, pastikan juga sunscreen kita gunakan sehari-hari minimal memiliki kandungan SPF 30, ya.  Terdapat 3 jenis sunscreen  terbagi menjadi 3 jenis dengan manfaatnya masing-masing:
 
Chemical Sunscreen

Chemical sunscreen, dengan tekstur yang ringan dan tidak meninggalkan efek putih setelah pemakaian cocok untuk yang memiliki kulit kombinasi atau berminyak. Chemical sunscreen akan bekerja 15-20 menit setelah pemakaian, karena itu ingat untuk menggunakannya 15 menit sebelum beraktivitas.
 
Physical Sunscreen

Physical sunscreen, dengan tekstur yang tebal lebih cocok untuk yang memiliki kulit kering atau sensitif. Namun, penggunaan physical sunscreen dapat meninggalkan efek putih pada kulit setelah pemakaian. Berbeda dengan chemical sunscreen, efek dari physical sunscreen akan bekerja setelah digunakan.
 
Hybrid Sunscreen

Hybrid sunscreen merupakan kombinasi antara chemical dan physical sunscreen. Teksturnya yang ringan layaknya chemical sunscreen dan bekerja layaknya physical sunscreen membuatnya cocok untuk semua jenis kulit.
 
Manfaat Sunscreen

Melihat dari pengertian sunscreen dan dampak UVA, UVB terhadap kulit kita, banyak sekali lho, manfaat memakai sunscreen setiap hari. Apa saja?
 
Melindungi Kulit dari Sinar UV

Membiarkan kulit terpapar sinar UV tanpa perlindungan berisiko menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti tekstur kulit menjadi kering dan kasar. Dampak lainnya bisa berisiko lebih parah dari pergantian tekstur kulit. Penggunaan sunscreen dapat memberikan perlindungan untuk kulit dan mencegah risiko kerusakan terjadi.
 
Mencegah Kanker Kulit

Kulit yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan kulit berisiko terkena kanker kulit karena kerusakan yang terjadi pada DNA sel kulit. Menggunakan sunscreen secara rutin bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker kulit.
 
Mencegah Sunburn

Kulit terbakar karena sinar matahari atau sunburn disebabkan oleh terpapar sinar matahari saat beraktivitas diluar ruangan dengan cuaca yang panas. Penggunaan sunscreen sebelum beraktivitas dapat mencegah terbakarnya kulit karena sinar matahari.
 
Meratakan Warna Kulit

Penggunaan sunscreen dapat mencegah warna kulit menjadi belang dan dapat membantu meratakan warna kulit. Sunscreen juga dapat mencegah timbulnya flek pada wajah, flek pada wajah akan semakin terlihat ketika usia kita semakin beranjak dewasa, flek-flek yang tertimbun sejak lama akibat tidak memakai sunscreen ini lah yang nantinya akan membuat kulit lebih gelap dan membuatnya tidak merata.
 
Menjaga Kelembapan Wajah

Jika wajah tetap lembab, maka rangkaian skincare akan terserap dengan baik. Wajah yang terlalu kering yang merupakan efek samping dari mencuci wajah setiap hari dapat merusak skin barrier pada wajah kita, untuk itu lah menjaga kelembapan wajah sangatlah penting. Wajah yang cenderung normal berminyak memiliki kelembapan cukup tinggi dari pada kulit kering, oleh karena itu, sunscreen sangat dianjurkan untuk selalu diaplikasikan pada wajah kering. Kandungan Butylene Glycol pada sunscreen terbukti ampuh melembapkan rambut dan kulit. Maka tidak heran, rajin menggunakan sunscreen, kulit wajah kalian akan lebih terasa kenyal dan lembab.
 
 
Mencegah Timbulnya Garis Halus

Faktanya, 90 persen penyebab garis harus pada wajah ialah disebabkan oleh sinar matahari. Garis halus ini akan terus bertambah seiring bertambahnya usia. Rentang usia berapakah kita diperbolehkan memakai sunscreen?
 
Agar Maksimal, Bagaimana Penggunaan Sunscreen yang Tepat? berikut tipsnya:

Gunakan Setiap Hari

Pastikan untuk menggunakan sunscreen setiap hari sebelum beraktivitas untuk memaksimalkan proteksi dan mencegah kerusakan pada kulit.
 
Gunakan 20 Menit Sebelum Beraktivitas

Sunscreen memerlukan waktu untuk menyerap pada kulit dan 20 menit hingga bekerja. Gunakan sunscreen 20 menit sebelum beraktivitas sehari-hari.
 
Gunakan Sesuai Kebutuhan

Jangan pelit dalam mengaplikasikan sunscreen. Standar pengaplikasian sunscreen bagi orang dewasa adalah satu ons untuk seluruh tubuh. Apabila susah untuk menakar, two-fingers-rule dapat diaplikasikan. Tarik garis dengan sunscreen dari ujung ke ujung sebanyak dua jari. Setiap seksi yang terpapar sinar matahari harus diaplikasikan sunscreen sebanyak dua jari.
 
Oleskan Secara Merata

Pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen secara merata kepada bagian kulit yang terpapar matahari. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen pada bagian yang terpapar namun jarang diaplikasikan seperti telinga, leher dan punggung.
 
Aplikasikan Ulang

Ada beberapa faktor yang menyebabkan sunscreen untuk diaplikasi ulang:
 
 
Sinar UV perlahan akan menghancurkan pertahanan sunscreen, karena itu sunscreen harus diaplikasi ulang setiap 2 jam setelah pemakaian.
Air dapat melunturkan sunscreen. Setelah berkeringat atau terkena air sunscreen harus diaplikasikan ulang. Pengecualian adalah  apabila sunscreen yang digunakan adalah water resistant dan saat berkeringat atau terkena air masih dalam jangka waktu ketahanan water resistant.

Nah..jadi gimana sobat HujanPena? Sudah mulai melirik sunscreen mana yang cocok untuk kulit kamu? Pastikan sunscreen yang kalian pilih adalah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit kamu, boleh juga melihat komposisi bahan yang digunakan, pastikan juga, tidak mengandung bahan berbahaya seperti paraben, ya. Khawatirnya bukan malah menyehatkan kulit dan terhindar dari kanker kulit, eh..justru berdampak tidak sehat untuk tubuh, karena, kosmetik apapun yang kita pakai sehari-hari langsung terserap oleh tubuh. 

Selamat mencoba sobat HujanPena.
Stay glowing ♥️

Komentar

  1. Setuju bgt kak. Rutin tiap hari pake sun screen itu perpengaruh bgt. Padahal stay home tp kalau gapake, kondisi kulit keliatan aja ada bedanya.
    Tapi baru tahu ternyata aku harusnya lebih ke chemical suncreen, biasanya asal beli aja 😓
    Makasih ilmunya kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama kak Hilla, jadi ingat kemrin saat awal pandemi, kita di rumah aja kan ya, gak ke mana - mana juga, eh bukannya makin cantik malah ya gitu deeh... Heheh..

      Ternyata penting banget pakai sunscreen ya kak meski dirumah aja

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer