Sudah Nonton My Liberation Notes? (Ulasan serial drama korea trending di Netflix)

Juni 22, 2022
8 komentar
Sudah nonton serial drama korea My Liberation Notes? Pasti sudah dong, ya?  Serial drama Korea ini masuk top trending Netflix dan dibahas oleh penggiat mental health, lho..

My Liberation Notes adalah seri televisi Korea Selatan yang dibintangi oleh Lee Min-Ki, Kim-Ji-Won, Lee El, Son Seok-Koo dan beberapa aktor ternama lainnya. 

Serial drama Korea My Liberation Notes adalah serial drama korea kedua setelah Squid Game yang pernah saya tonton. Oh iya, serial drama korea My Liberation Notes ini adalah salah satu serial drama original by Netflix. Jadi, sobat HujanPena yang ingin menontonnya, bisa langsung mencarinya di Netflix, ya..

Kenapa saya tertarik menonton serial ini? 

Sebenarnya saya tipikal penonton yang tidak begitu suka serial drama Korea, apalagi masih on going, capek nunggu update episode per episode berikutnya, makanya saya selalu memilih menahan satu atau dua bulan, menunggu serialnya tamat dan full episode. Baru lah kemudian saya tonton. 


Drama Korea My Liberation Notes adalah serial yang mengangkat tema slice of life. Tema ringan seputar kehidupan yang kita rasakan, dan alami sehari-hari. 

Kisahnya ringan, relate dengan kehidupan atau mungkin sedang menjadi "ujian" bagi yang merasakannya. 

Menonton My Liberation Notes berasa seperti nonton kehidupan sendiri. 

Dari serial My Liberation Notes, kita dapat melihat beberapa karakter yang masalahnya, sikapnya persis dengan yang kita jumpai dalam kehidupan nyata. 

Mengangkat kisah empat tokoh, Lee El sebagai Yeom Gi-Jeong - kakak dan anak perempuan tertua, lalu Yeom Chang-Hee yang diperankan oleh Lee Min-Ki sebagai anak lelaki satu-satunya sekaligus abang dari Yeom Mi-Jeong yang diperankan oleh Kim Ji-Won. Tokoh terakhir adalah Mr. Gu yang diperankan oleh Son Seok-Koo. 

Serial ini mampu mengemas kisah sederhana dari empat empat tokoh yang saling berkaitan satu sama lain. 

Hikmah / pesan yang bisa dipetik dari serial My Liberation Notes

Meski pada episode awal serial ini terkesan lambat, dengan adegan yang tidak jauh dari kegiatan berkebun, makan bersama keluarga, pergi dan pulang bekerja, nongkrong di restaurant bersama rekan-rekan, dan situasi kantor dengan segala masalah yang ada. 

Namun, sesuai dengan judulnya yaitu My Liberation Notes yang artinya catatan pembebasan saya, serial ini akhirnya mulai menunjukkan pesan-nya lewat episode 5 keatas. Penonton mulai paham mengapa serial ini digandrungi dan menjadi trending Netflix. 

Serial ini perlahan menunjukkan konflik batin yang ingin dibebaskan oleh mereka berempat.

Yeom Gi-Jeong
Sebagai kakak perempuan tertua, di usia kepala tiga, ia merasa jenuh dengan aktivitasnya yang itu-itu saja. Tidak memiliki pacar, tidak memiliki uang yang banyak karena karir stagnan, bahkan tidak ada lelaki yang mau berdekatan dengannya, hal ini disadari oleh Yeom Gi-Jeong, ia merasa ada hal dalam dirinya yang tidak disukai oleh orang lain, yaitu sikapnya yang suka menyepelekan orang lain. 


Yeom Chang-Hee
Lain halnya dengan Yeom Chang-Hee, ia adalah anak laki satu-satunya, ia selalu merasa sang ayah tidak adil kepadanya. Pada scene awal dijelaskan dia sangat frustasi dengan kisah percintaannya yang kandas dengan sang kekasih karena merasa Yeom Chang-Hee kolot sekali, tidak memiliki mobil sebagai kendaraan pribadi layaknya pemuda Seoul pada umumnya. 

Sejak itu, ia sangat terobsesi sekali ingin tinggal dan menjadi warga Seoul, memiliki uang banyak agar kekasihnya kelak tidak merasa malu memiliki pacar anak desa seperti dirinya. 


Yeom Mi-Jeong
Jika dilihat sekilas, Yeom Mi-Jeong adalah tipikal anak bungsu penurut, tidak banyak menuntut pada keluarganya dan sangat tertutup. Karakter Yeom Mi-Jeong yang sangat pendiam ini, seolah mempresentasikan sikap para introvert pada umumnya. 

Namun ternyata, dibalik sikapnya yang dingin, Yeom Mi-Jeong menyimpan luka batin mendalam. Ia selalu merasa dirinya tidak berguna sehingga sang mantan kekasih tega menipu dirinya, meminjam uang padanya lalu pergi dan menikah dengan orang lain. 

Tak berbeda jauh dengan kisah cintanya, di kantor pun Yeom Mi-Jeong selalu merasa insecure dengan teman sekantornya yang selalu dipuja, mudah berbaur dan bergaul. Ia selalu merasa direndahkan oleh atasannya karena penampilannya yang kuno dan hasil kerjanya yang selalu dianggap sebelah mata. 


Dalam perjalanan Yeom Mi-Jeong berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik, di sini lah ia akhirnya bersepakat untuk saling memuja dengan Mr.Gu (Son Seok-Koo) yang bekerja di bengkel sang ayah. Memuja di sini maksudnya ialah dekat satu sama lain, saling bertanya kabar dan memberi perhatian. 

Mr. Gu sediri sebenarnya adalah seorang direktur di sebuah klub ternama di Seoul. Ia terdampar di desa tempat ketiga kakak beradik itu tinggal karena sebuah insiden antara dirinya, kekasihnya dan urusan bisnis dengan sang kakak kekasih. 
Akhirnya Mr. Gu memutuskan untuk bersembunyi dan menyewa sebuah rumah tidak jauh dari rumah keluarga Yeom Mi-Jeong. 

Dalam misi persembunyiannya, Mr. Gu tidak banyak berbaur dengan siapapun, hingga suatu hari persembunyiannya terbongkar dan ia harus kembali pada pekerjaannya di Seoul.

Saat ia kembali menjalankan pekerjaannya, penonton akhirnya paham apa hal yang ingin Mr.Gu lepaskan dalam dirinya. Ia tidak nyaman bekerja sebagai direktur klub meski bergelimang harta. 


Kesimpulannya
Serial My Liberation Notes adalah tontonan yang wajib untuk masuk dalam daftar play list sobat HujanPena, dengan rating 16+, serial ini layak untuk ditonton bersama keluarga. 

Serial ringan namun sarat akan makna serta pesan moral ini, wajib ditonton, agar sobat HujanPena lebih bisa memahami kehidupan apa yang ingin sobat HujanPena putuskan, serta bagaimana caranya bersyukur dengan keadaan atau takdir yang telah Tuhan tentukan.

Serial ringan bertema slice of life ini nyatanya memiliki plot twist yang akan ngebuat sobat HujanPena terkejut serta menangis tersedu-sedu di akhir-akhir episode-nya. 

Selamat menonton My Liberation Notes, ya.. ,❤️

Saya yang notabene bukan pecinta drama Korea, bisa-bisanya belum move on dan berharap ada season dua untuk serial ini. Artinya ini serial haruus ditonton, guys 🤧😁








Komentar

  1. aku tim yang belum nonton serial ini, otw nonton deh sepertinya seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget ini.. Seperti nonton diri sendiri...

      Hapus
  2. Sepertinya recommended banget nih. Saya suka kalau ada berkebun-berkebunnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Nia. Seger mata dibuat hamparan kol di perkebunan mereka

      Hapus
  3. Sering lihat cut scene nya di instagram sama youtube tapi baru jadi tertarik nonton setelah membaca ulasan ini.
    Langsung masuk list sih ini.

    BalasHapus
  4. Duh sudah lama tidak menggintip drakor, kayanya ini seru.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer