Heboh!! Ini Dia Tepung Ararut Yang Menggemparkan Peserta OPREC ODOP Batch 10

Juni 19, 2022
9 komentar

Tepung pati garut atau Arrowroot adalah tanaman yang sering dijadikan tepung bebas gluten. Memiliki nama lain umbi garut, tepung yang satu ini "sukses" menjadi perbincangan heboh grup whatsapp seluruh peserta dan panitia OPREC ODOP Batch 10. 

Pasalnya, minggu ini seluruh peserta OPREC mendapatkan sebuah tantangan untuk menuliskan cerita fiksi-cerpen- di mana harus menggunakan kata : tepung ararut, busa, biji, One Day One Post, tulat. 

Bahkan tidak sedikit peserta grup baik grup Bhinneka maupun grup Nusantara dibuat pusing oleh jenis tepung yang satu ini. 

Namun, bukannya tepung ararut yang didapat, justru kata-kata lain yang muncul, haha 😂

Bermacam kata akhirnya muncul, mulai dari arurat, darurat, aurat, hahah 🤭

Pastinya, tepung yang satu ini berhasil membuat heboh seluruh peserta OPREC ODOP Batch 10, atau cuma saya saja, ya? 🤔

Lalu, apakah tepung ararut ini? Tidak seperti tepung sagu ataupun tepung tapioca, meski tepung jenis ini dapat dijadikan pilihan atau pengganti tepung tapioka dan sagu.


Tepung Ararut ini berasal dari jenis umbi-umbian garut, tumbuhan ini memiliki nama latin Maranta Arundinacea. Tumbuhan berbentuk terna yang menghasilkan umbi yang dapat dimakan, namun, tidak pernah dijadikan sumber makanan pokok, hanya sebagai cadangan di saat paceklik.


Tepung ararut dihasilkan dari sari pati umbi garut, berbeda dengan tepung tapioka yang terbuat dari sari pati singkong, itu lah mengapa tepung ararut ini memiliki warna lebih cerah (bersih) dibanding tepung sejenisnya. 

Tepung ararut memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi serta mudah untuk dicerna, sehingga baik untuk yang sedang bermasalah dengan pencernaan. 

KARAKTERISTIK & KANDUNGAN TEPUNG ARARUT

Umbi garut (Arrowroot) ini bewarna putih ditutupi dengan kulit yang bersisik bewarna coklat muda, berbentuk silinder. 

Umbi garut ini memiliki potensi untuk substitusi komoditas gandum. Keunggulan dari umbi garut diantaranya adalah memiliki daya cerna lebih baik dan kandungan zat gizi yang cukup tinggi. 

Umbi garut memiliki beragam kelebihan dibandingkan dengan umbi kayu dan umbi jalar yang dilihat dari sifat fisik dan kimianya. Kadar amilosa umbi garut hampir sama dengan umbi kayu dan umbi jalar akan tetapi tidak mengandung senyawa anti nutrisi seperti HCN pada umbi kayu, fenol dan oligosakarida. Umbi garut juga mempunyai kandungan zat lain yang baik untuk kesehatan manusia. Terdapat kandungan zat pati yang berguna sebagai sumber karbohidrat, saponin dan flavonoid. Dalam 100 gram umbi garut terdapat 338 mg asam folat atau 84% dari tingkat kebutuhan harian tubuh akan asam folat. Garut mengandung vitamin B kompleks seperti niacin, thiamin, piridoksin, asam pototenat dan riboflavin.


MANFAAT UMBI GARUT (ARROWROOT)

Seperti yang sudah dipaparkan di awal, tepung ararut ini memiliki banyak sekali kandungan gizi yang tidak sembarangan. Oleh karena itu, tepung ararut ini banyak sekali diproduksi untuk mengobati berbagai macam penyakit,  diantaranya : 

1. Mengatasi Maag
2. Melancarkan Pencernaan 
3. Melancarkan Aliran Darah 
4. Mengatasi Diare
5. Mengatasi Wasir

Selain itu, tepung ararut juga memiliki manfaat sebagai penambah energi, menjaga kesehatan otak dan pengenyal alami makanan. 

OLAHAN BERBAHAN DASAR TEPUNG ARARUT

Karena sifat dan karakteristiknya hampir sama dengan tepung tapioka meski tidak keseluruhannya, tepung ararut ini sering dijadikan pengganti tepung tapioka untuk pelanggan atau penikmat kuliner yang memiliki alergi terhadap gluten. Tepung ararut bisa dijadikan panganan tradisional seperti bubur, kue-kue basah, campuran untuk bolu, dan juga dapat dijadikan bahan utama membuat puding, dan kue-kue kering seperti biskuit gluten free yang saat ini sedang digandrungi.

Bagaimana sobat HujanPena? Sudah ada gambaran tentang tepung ararut? Tepung kaya akan gizi dan mineral ini nyatanya masih kurang familiar di kalangan masyarakat Indonesia, padahal, kalau dilihat dari manfaatnya yang banyak banget, tepung yang satu ini, wajib lho masuk dalam list per tepungan kita para bu-ibu..

Mengingat, mengonsumsi tepung bebas gluten jauh lebih baik untuk pencernaan, kan? 

Semoga infonya bermanfaat sobat HujanPena. Sampai jumpa di info menarik lainnya, yaa... ♥️


Referensi

http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id (Jurnal Tinjauan Pustaka-Umbi Garut) 

https://insight.kontan.co.id/news/dari-arrowroot-jadi-garut-olahan-tepungnya-lazim-jadi-makanan-sehat

https://manfaat.co.id/manfaat-tepung-garut

https://g.co/kgs/NcsefY

Komentar

  1. asli mba kemaren sempat bingung dengan ararut ini,..terimakassih sudah menambah pegetahuan tentang tepung ini mba

    BalasHapus
  2. Mau ketawa sih kalau ingat kejadian bingung nyari tau apa itu tepung ararut, wkwkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Sangat misteri ya mbak ya..
      Mana berubah jadi darurat lagi pas nyari di gugel haja

      Hapus
  3. Kira-kira harganya berapaan ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga tepungnya? Dari referensi yang dibaca, harganya bekisar 25.000 sampai 54.000 per kilo

      Hapus
  4. Jadi pengin nyoba bikin telor pake tepung ararut nyambung gak ya wmwmkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha? Kalau si telurnya di dadar pake tepung ini maksudnya?

      Hapus
  5. Hueboh gara-gara ini tepung ini, ternyata khasiatnya nggak main-main ya. Lihat salah satunya menyembuhkan maag jadi pingin cari tepung viral ini, semoga ada di daerahku hehehe.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer