8 Hal Penting Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Laptop Baru

Juni 28, 2022
8 komentar
Dewasa ini, dengan berkembang pesatnya dunia digital, laptop menjadi salah satu barang penting bagi kalangan pelajar maupun karyawan guna mempermudah pekerjaan. 

Keunggulan laptop dinilai sangat fleksibel untuk digunakan kapan pun dan di manapun. Memiliki bobot tidak terlalu berat, dengan body yang kian hari kian slim, membuat laptop layak untuk dipilih sebagai teman kerja kita sobat HujanPena. 

Dilengkapi dengan berbagai fitur yang mumpuni, laptop dinobatkan menjadi tools paling dicari selama pandemi, guna mendukung berbagai aktivitas daring selama pandemi, seperti zoom meeting, google meet, google classroom, dan aktivitas lain yang melibatkan kecanggihan teknologi. 

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk mencari tahu serta memilah dengan bijak laptop seperti apa yang cocok untuk kita. 

Melihat dari tujuan awal membeli laptop, pastinya penggunaan laptop yang akan kita beli bukan untuk pemakaian satu atau dua bulan saja, kan? 

Berikut, ada 8 hal penting yang sobat HujanPena ketahui sebelum membeli laptop baru. Apa saja? 


1. Pilih Brand Laptop Terbaik


Banyaknya brand laptop yang beredar di pasaran, menjadi salah satu keuntungan bagi pembeli, kita dapat memilih brand mana kah yang benar-benar teruji memiliki ketahanan pakai hingga puluhan tahun. 

Melakukan beberapa riset dengan membaca ulasan produk dari beberapa brand, serta menjadikan pengalaman pribadi ataupun orang-orang terdekat dalam pemakaian laptop, juga dapat menjadi pertimbangan, untuk akhirnya memutuskan mana brand laptop terbaik di kelasnya. Langkah ini dirasa penting, karena kalau tidak, bukannya untung memilih laptop dengan alih-alih murah, malah berujung buntung karena harus merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan reparasi.


2. Sesuaikan Budget

Setelah menentukan brand terbaik, selanjutnya, memilih laptop juga harus disesuaikan dengan budget yang kita persiapkan. Mengapa demikian? Dalam hal membeli apapun, menentukan barang sesuai budget dirasa jauh lebih bijak, agar mampu terhindar dari sikap konsumtif lainnya. 

Dengan menyesuaikan dengan budget kita masing-masing, kita jadi lebih dapat mengontrol diri. Melihat sesuatu dari apa yang kita butuhkan, bukan semata yang kita inginkan. 


3. Pilih Sistem Operasi dan CPU

Bagi sebagian orang, sistem operasi adalah apa yang membuat komputer berjalan dan jika berfungsi dengan baik.

Sebagian besar laptop dilengkapi dengan salah satu dari dua sistem operasi terfavorit dan paling diminati yaitu Windows dan Mac OS (hanya untuk Macbook).

Memilih yang tepat adalah preferensi pribadi, tetapi hal ini menjadi penting untuk diketahui. Windows adalah sistem operasi paling fleksibel dan dioperasikan di lebih banyak model laptop daripada Chrome OS atau MacOS. Versi terbaru dari sistem operasi andalan Microsoft dapat digunakan dalam mode tablet dan desktop.

Kamu akan menemukan Windows mulai dari laptop murah hingga yang harganya lebih dari 10 juta. Windows juga menawarkan fitur paling banyak dibandingkan dengan sistem operasi lain. 

Berbeda pastinya dengan sistem operasi MacOS yang digunakan pada Macbook, sistem operasi MacOS ini menawarkan fungsionalitas yang mirip dengan Windows 10, tetapi dengan tampilan berbeda pada antarmuka yang menggantikan aplikasi di bagian bawah layar untuk menunya. MacOS lebih memadai jika digunakan dalam produk Apple. Dengan MacOS semua perangkat Apple dapat dengan mudah saling terkoneksi.

Selanjutnya CPU. CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari komputer. Prosesor memiliki pengaruh besar pada kinerja komputer, tetapi hal ini tergantung pada apa yang ingin kamu lakukan. 

Sama halnya dengan memilih smartphone impian, setiap pengguna pasti memiliki alasan tertentu dalam memilih gadget. Untuk kebutuhan gaming? Maka cari lah layar full HD agar tampulannya lebih tajam dan menarik, tidak lupa kekuatan baterai, untuk menunjang durasi bermain lebih lama. 

Begitu juga dengan laptop, mostly, laptop digunakan untuk urusan pekerjaan, presentasi, membuat design, menyimpan banyak data, dan mengirim data, maka dari itu, memilih processor cepat seperti Intel Core 5 atau Amd Rayzen 5 atau 7 adalah pilihan terbaik. 

4. Tentukan Kapasitas RAM

Seperti memilih processor, menentukan kapasitas RAM juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, memilih processor terbaik dengan RAM tinggi adalah keharusan, biasanya juga, produk yang menawarkan processor Amd Rayzen 5 atau 7 pasti memiliki kapasitas memori yang tidak kalah tinggi. 

Apalagi, laptop keluaran terbaru saat ini juga telah menyediakan space khusus untuk upgrade memori lho, sobat HujanPena. Jadi, sobat HujanPena tidak perlu khawatir kehabisan memori dan berujung kinerja laptop menjadi lemot. 

5. Cek Kapasitas Baterai

Umunya, kapasitas baterai laptop hampir sama, namun, ada beberapa memiliki kemampuan yang berbeda, ada yang mudah soak, ada juga yang bertahan lama. 

Patuhi cara merawat baterai agar tetap awet, agaknya menjadi langkah selanjutnya setelah memilih kapasitas baterai. 

6. Cek Kualitas Webcam / Camera


membeli-laptop
kualitas-kamera-laptop-mempengaruhi-kualitas-video-conference

Selama pandemi masuk ke seluruh penjuru negeri, hampir setiap hari, kita disibukkan dengan aktivitas zoom meeting yang mewajibkan kita untuk paham penggunaan webcam atau camera pada laptop. 

Mengapa memilih kualitas webcam dirasa perlu? Dalam sebuah webinar cakap digital, seorang pemateri mengatakan, "Etika dalam melakukan melakukan zoom meeting adalah membuka camera," 

Jadi, sayang banget kan, ketika diminta untuk presentasi atau sesi foto bersama, wajah kita "aneh" sendiri karena webcam-nya tidak berkualitas tinggi. 

7. Cek Kualitas Keyboard dan Touchpad

Touchpad dengan keyboard adalah salah satu bagian hardware sebuah laptop, touchpad sendiri perlu untuk dicek kualitasnya, mengingat semua pergerakan kursor laptop dikomandoi touchpad, demi kelancaran berselancar pada layar laptop, sensitifitas touchpad wajib untuk dicek, ya sobat HujanPena.

Tata letak huruf dan angka pada keyboard serta lapisan permukaan sebuah keyboard juga wajib untuk diperhatikan, mengingat intensitas mengetik atau mengerjakan sesuatu yang terkadang digunakan saat jemari kita tidak benar-benar bersih, membuat angka atau huruf pada keyboard cepat menghilang. Apakah permukaan keyboard cepat memudar atau tidak, juga penting untuk dipertimbangkan, ya.

keyboard-yang-baik-menunjang-kinerja

8. Pilih Tempat Pembelian yang Tepat

Kita semua pasti setuju, jika membeli barang harus di toko original atau official store, kan? Gunanya apa? Jawabannya pasti, untuk memastikan barang yang kita beli asli dan gampang proses return atau recovery kalau sewaktu-waktu terjadi kerusakan. 

Service center juga sudah pasti terkoneksi dengan official store-nya, jadi untuk claim garansi, tidak perlu susah-susah lagi. 

Selain itu, karena membeli di official store, harga sudah pasti lebih murah karena mereka lah tangan pertama alias distributor resmi produk tersebut. 

Itu dia sobat, 8 hal penting yang wajib untuk kamu perhatikan dan cek kembali sebelum membeli laptop baru. Semoga membantu sobat HujanPena yang membutuhkan referensi. 

Apapun pilihan sobat HujanPena, pastikan memilih sesuai kebutuhan, ya, bukan keinginan.



Komentar

  1. Ini bermanfaat bgt sih. Aku pernah dlu baru beli laptop baru saru hari udah error lagi, karena cuman fokus ke tampilan luarnya aja 😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh.. Satu hari kak? Serius? Sekarang udah bener kan kak?

      Hapus
  2. Adakah rekomendasi laptop mbak untuk saat ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  3. Tulisan ini bermanfaat banget sih, jadi ingat dulu ak beli laptop tapi nggak terlalu memperhatikan hal-hal ini jadinya bolak-balik konter dan keluarin uang lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak sulanti, bener..
      Sama seperti hendak beli hp, wajib perhatiin spesifikasinya dulu

      Hapus
  4. Kak Situ, bahas dong soal netbook dan rekomendasiin netbook yang low budget tapi windows 10/yang bisa dark mode.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer