Menilik Manfaat Yogurt yang Jarang Dilirik

Juni 16, 2022
9 komentar


Siapa yang tidak kenal dengan salah satu olahan susu yang satu ini, yup, Yogurt. Saat ini banyak sekali olahan makanan dengan bahan dasarnya yogurt, pernah makan salah buah, kan? Salad buah adalah salah satu dessert dengan bahan dasar yogurt. 


Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang terkenal akan kandungan probiotik di dalamnya. Probiotik baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Namun, tak hanya probiotik, yoghurt juga memiliki beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Makanan ini juga baik dikonsumsi oleh siapapun, tak terkecuali anak-anak dan ibu hamil.
Yogurt dibuat dengan mencampurkan susu matang dengan bakteri, terutama dari jenis Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Campuran ini lalu dibiarkan dalam suhu 43 – 46 derajat celsius selama beberapa jam.

Susu mengandung sejenis gula yang disebut laktosa. Bakteri memecah laktosa, lalu mengubahnya menjadi asam laktat. Zat ini membuat susu mengental dan memberikan rasa asam yang menjadi ciri khas yogurt.

Proses fermentasi makanan sering kali tidak hanya mengubah zat gizi, tapi juga memperkaya dan meningkatkan kualitasnya. Beda dengan susu, mengonsumsi segelas yogurt sebanyak 100 gram dapat memberikan tubuh kita kandungan gizi sebagai berikut.

1. Energi: 52 kkal

2. Protein: 3,3 gram

3. Lemak: 2,5 gram

4. Karbohidrat: 4 gram

5. Vitamin A: 22 miligram

6. Thiamin (vitamin B1): 0,04 miligram

7. Riboflavin (vitamin B2):0,1 miligram

8. Niasin (vitamin B3): 0,2 miligram

9. Kalsium: 120 miligram

10. Fosfor: 90 miligram

11. Zat besi: 0,1 miligram

12. Natrium: 40 miligram

13. Kalium: 299 miligram

14. Zinc: 0,6 miligram

Maka, tidak lah heran jika banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan rajin mengonsumsi yogurt. Kalau dahulu, sulit, ya. Atau bahkan kita jarang ketemu dengan produk olahan susu yang satu ini, namun sekarang, yogurt mudah sekali untuk dijumpai, dengan harga serta rasa yang cukup bervariasi, minuman ini layak menjadi untuk dihidangkan di tengah keluarga. 

Apa saja manfaat yogurt, yuk! Kita intip

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang berperan dalam melindungi kesehatan sistem pencernaan dari berbagai jenis penyakit, seperti diare, konstipasi, radang usus, dan bahkan dipercaya sebagai obat alami untuk hernia.

Probiotik bekerja dengan cara menggantikan bakteri baik yang hilang dari dalam tubuh serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat yang hidup di sistem pencernaan. Dengan demikian, saluran pencernaan tetap berfungsi secara normal.

2. Menjaga kekuatan tulang

Kandungan protein dan vitamin D di dalam yoghurt baik untuk meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini menjadikan yoghurt baik dikonsumsi untuk mencegah masalah pada tulang, seperti osteoporosis.

Selain itu, tekstur yoghurt yang lembut dan kental juga membuatnya mudah dicerna oleh tubuh, sehingga juga baik untuk dikonsumsi orang lanjut usia.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi yoghurt secara rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kandungan probiotik di dalam yoghurt memiliki efek antiperadangan, sehingga mencegah tubuh dari berbagai penyakit, seperti infeksi virus dan radang usus.

Yoghurt yang diperkaya dengan vitamin D juga terlihat memiliki potensi dalam mencegah penyakit, misalnya flu.

4. Menurunkan dan mengontrol berat badan

Yoghurt termasuk makanan tinggi protein dan kalsium yang dapat mengurangi nafsu makan berlebih. Selain itu, yoghurt juga mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh.

Tekstur yoghurt yang kental juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tak heran jika yoghurt menjadi makanan yang disarankan untuk menurunkan dan mengontrol berat badan.

Yoghurt merupakan salah satu pilihan makanan yang baik dikonsumsi sebagai makanan sehat sehari-hari. Namun, agar bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal, Anda sebaiknya mengonsumsi yoghurt tawar atau greek yoghurt.


Saat kita ingin diet, yogurt dapat dinikmati langsung atau dengan menambahkan potongan buah dan kacang-kacangan, maupun sebagai minuman dingin (smoothie) yang dicampurkan dengan buah atau sayur. Yoghurt juga baik dikonsumsi dengan roti gandum saat sarapan.

Ada satu pengalaman pribadi Aku selama dua bulan mengonsumsi yogurt, minimal 1 kali dalam sehari, Aku pasti minum yogurt berbagai rasa plus minum air putih sebanyak dua liter. Dan Voila, berat badan ku turun dong, dari 76kg di bulan Maret, sekarang 71Kg, gak expect bakal turun, karena emang awal niat minum yogurt bukan untuk nurunin berat badan, but it works di Aku. Pencernaan jadi lancar, nafsu makan terkontrol meski ya tetap sehari 3x makan nasi.

5. Memperbaiki kualitas sperma pada pria untuk progam kehamilan

Seperti yang kita ketahui, salah satu alasan infertility di dunia ialah faktor kualitas sperma dari calon ayah, Yassin Bintang Sp.OG pernah mengatakan dalam live instagram pribadinya, bahwa 40% penyebab infertility datang dari suami dengan berbagai keluhannya. 

Dengan mengonsumsi yogurt secara rutin, semua manfaat pada yogurt bermanfaat menambah jumlah sperma dan memperbaiki kualitasnya. 

Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba ikhtiar yang satu ini, mengonsumsi yogurt di masa subur ya HujanPena, kandungan nutrisi di dalam yogurt bagus untuk memenuhi gizi tubuh agar lebih siap menyambut sang buah hati.

Manfaat yoghurt bagi kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Namun, perlu diingat, setiap tubuh memiliki kadarnya masing-masing, jika memiliki kondisi medis tertentu, misalnya alergi terhadap yoghurt atau intoleransi laktosa, sebaiknya berkonsultasilah dulu ke dokter sebelum mengonsumsi yoghurt.


Selamat mencoba HujanPena. Untuk pejuang berat badan seperti aku. Boleh nih dicoba rutinin minum yogurt tiap hari 😊

Referensi :

https://www.alodokter.com

Komentar

  1. Apakah lebih baik kita mengonsumsi yoghurt yang plain gitu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Lebih bagusnya gitu, karena kalau sudah rasa-rasa pasti ada campuran perasa sintetiknya

      Hapus
  2. Sempat berpikir konsumsi rutin yogurt kali ya, buat suplemen agar tulang tidak mudah rapuh, menyesuaikan budget juga tentunya, hhhe

    BalasHapus
  3. Klo yoghurt saya ga bakal nolak, klo susu ga sanggup. Yoghurt mmg penganan yg menyegarkan dan bikin nagih.

    BalasHapus
  4. Aku laktosa-intoleran jadi kurang berjodoh konsumsi apapun berbahan dasar susu, padahal udah berulang kali memaksakan diri untuk minum yoghurt tapi emang nggak bisa huhu. Btw, salah satu makanan kaya probiotik yang mudah ditemui tempe, lhoo.

    BalasHapus
  5. Aku sering banget beli produk yang terbuat dari yoghurt gitu soalnya enak dan bikin nagih, ternyata selain enak dan bikin nagih, banyak manfaat juga ya

    BalasHapus
  6. alhamdulillah makasih mba, ternyata banyak sekali manfaat yogurt ya,..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer