MENGAPA KITA HARUS MELAKUKAN AFIRMASI PADA DIRI SENDIRI?

Juni 14, 2022
4 komentar
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata afirmasi mempunyai arti yaitu penetapan yang positif. Misalnya penegasan yang berhubungan dengan sesuatu hal yang positif. Afirmasi merupakan sebuah penyataan-pernyataan khusus yang ditujukan untuk diri sendiri. Dulu saat saya masih kuliah, mendengar kata afirmasi bukan hal yang asing, apalagi kegiatan saya dulu semasa kuliah ialah salah satunya ikut seminar-seminar Multi Level Marketing (MLM). 

Nah, setiap para pembicara seminar mulai membawakan materi nya, pasti mereka akan selalu bilang begini, “Bapak-Ibu, adik-adik yang masih muda sekali, ayo ikuti kata-kata saya, kalimat yang saya, kata-kata ini akan menjadi afirmasi bapak-ibu agar tetap semangat mengejar target serta menggaet downline bapak-ibu agar semangat juga,” 

Dalam benak saya, oh..berarti, kata-kata positif yang kita sugestikan kedalam pikiran bawah sadar kita disebut afirmasi. Dan, setelah saya mencobanya beberapa kali, afirmasi itu berubah menjadi sebuah sugesti yang entah benar atau tidak, apa yang kita ucapkan menjadi nyata.

Lalu, saya teringat kembali pada sebuah buku yang berjudul “Rich Dad Poor Dad”, salah satu kutipan yang sampai sekarang saya ingat adalah “You are What You Think.” Kutipan dari buku “Rich Dad Poor Dad” nampaknya berhubungan dengan tujuan afirmasi itu sendiri, di mana, kita adalah apa yang kita pikirkan, dengan melakukan afirmasi – mengutarakan kata-kata positif untuk mensugesti diri, akhirnya apa yang kita sugesti terjadi pada kita dan menjadikan kita pribadi yang positif, dengan vibes yang positif pula.

Afirmasi ini ada untuk membantu kita dalam memprogram secara ulang pikiran kita dan menjauhkan nya dari keterbatasan, bahasa familiar nya ialah menjauhkan kita dari pikiran dan perasaan insecure. Sebab, keberhasilan merupakan sebuah permainan pikiran dari dalam diri. 

Sempat beberapa kali saya diminta untuk maju dalam sebuah presentasi yang mengharuskan saya berhadapan dengan ratusan siswa SMA, atau pernah juga ada sebuah event besar yang akan terjadi dalam waktu dekat, otomatis pikiran akan terfokus kesana. Sebisa mungkin saya akan menggunakan afirmasi positif ini sebagai senjata bahwa semua akan baik-baik aja, yang terjadi ya biarlah terjadi, semua akan selesai pada waktunya. Berulang kali saya ucapkan dan alhamdulillah berhasil. 
                              
Kata-kata positif yang kita gunakan akan membantu kita dalam membangun suasana positif, sebaliknya, jika kita terus berpikir negatif, merasa tidak akan mampu menjalaninya, berkutat pada stress nya saja, maka yang kita rasakan juga negatif, seperti kurang percaya diri.

Karena banyak feedback yang kita rasakan secara tidak sadar ketika kita mulai memberikan afirmasi positif ke diri, maka tak heran kalau afirmasi positif memiliki banyak manfaat, diantaranya : 

1. Menimbulkan Rasa Percaya Diri 
2. Mencegah Depresi 
3. Meningkatkan Kesehatan 
4. Memunculkan Rasa Nyaman dan Bahagia

Lalu, afirmasi apa saja yang perlu kita katakan pada diri sendiri supaya kita mempunyai vibes positif dalam meraih tujuan kita?

1. Tubuhku merupakan tubuh yang sehat, saya mempunyai pemikiran yang cerdas dan jiwa yang tenteram 
2. Saya percaya bahwa saya bisa melakukan segala sesuatu 
3. Setiap hal yang terjadi saat ini merupakan kebaikan bagi saya sendiri 
4. Saya memaafkan setiap orang yang merugikan saya di masa lalu dan saya berdamai dengannya 
5. Saya memiliki kemampuan yang tidak terbatas duna menaklukkan tantangan 
6.Saya menerima dan mencintai diri saya sepenuhnya

Sebenarnya masih banyak lagi contoh kata-kata afirmasi yang bisa kita praktikkan, kata-kata afirmasi di atas adalah gambaran umumnya saja, karena afirmasi ini bersifat sugesti untuk diri sendiri, maka sobat HujanPena bisa menambahkan nya sesuai kebutuhan. 

Lalu, semua hal yang dilakukan agar menampakkan hasil membutuhkan konsistensi, kan? Nah..supaya manfaat afirmasi positif dapat kita rasakan secara maksimal, kita juga perlu melakukannya dengan benar, yaitu : 
1. Lakukan secara rutin 
2. Sesuaikan dengan keadaan (Pribadi masing-masing) 
3.Tulis maupun rekam afirmasi positif 
4.Jangan lupa setelah melakukan afirmasi, harus dibarengi dengan tindakan nyata

Bagaimana sobat HujanPena? Mulai besok kita coba, yuk, kata-kata afirmasi positif yang akan membawa dampak positif untuk diri kita sendiri. 

Sumber Referensi 

Komentar

  1. "Keberhasilan merupakan sebuah permainan pikiran dari dalam diri" suka bgt sm kalimat itu <3

    BalasHapus
  2. Sama, Mba. Saya juga suka kalimat itu.

    BalasHapus
  3. Wee asli si, Kak, diri sendiri jadi peran penting untuk mengembangkan diri. Terutama mindset, supaya afirmasi dapat belerja dengan baikk.

    BalasHapus
  4. bener banget kak, afirmasi itu penting banget apalagi di era sekarang ini terkadang kita lebih sering terbawa insecure jadinya afirmasi diri itu penting banget

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer