Selalu Mengantuk di Siang Hari? Ini Penyebabnya.

Juni 26, 2022
4 komentar
Sobat HujanPena pernah mengalami gangguan tidur yang satu ini? Mata terpejam, namun otak terus bekerja, seolah mengerjakan pekerjaan yang sedang dipikirkan akhir-akhir ini. 

Atau, sobat HujanPena merasa mengantuk sepanjang hari, meski pada malam harinya sobat HujanPena tetap tidur seperti biasa. 

Jika kedua hal diatas pernah sobat HujanPena alami, artinya sobat HujanPena sedang mengalami gangguan tidur. 

Gangguan tidur adalah kelainan pada pola tidur seseorangKondisi ini dapat menimbulkan penurunan kualitas tidur yang berdampak pada kesehatan dan keselamatan penderitanya. 

Berlebihan dalam tidur (Hipersomnia) ternyata merupakan kondisi yang mengarah pada gangguan tidur, lho sobat HujanPena. Bukan kurang tidur saja seperti yang selama ini kita ketahui. 


Hari ini, saya merasa sangat lelah sekali, padahal tidak melakukan banyak aktivitas, tidur malam di jam 23.30 dan bangun pagi seperti biasa. Namun, sepanjang hari ini saya merasa sangat lelah, badan linu-linu, mengantuk selalu, bahkan sempat migrain. 

Lalu, saya flashback, mengingat-ingat apa yang saya alami tadi malam. Saya ingat satu hal, bahwa saya sedang "depresi" tidur dalam kecemasan, cemas kalau-kalau tugas yang diberikan tidak sesuai harapan, cemas memikirkan ide apa yang cocok untuk saya bawakan, cemas akan banyak hal, dan kecemasan itu masuk ke alam bawah sadar saya, hadir dalam mimpi saya, seolah saya sedang mengerjakannya. Tepat pukul tiga pagi saya terbangun, masih dengan kecemasan yang sama. 

Sebenarnya gejala gangguan tidur serta penyebabnya bukan kali pertama saya alami, dahulu, saat masih disibukkan dengan skripsweet, saya juga merasakan yang sama. 

Apalagi saat ada momen penting, semua rencana yang sudah disusun rapi seolah berjalan namun dalam mimpi, dan esoknya, saya akan merasa mengantuk sekali. 

Namun, entah mengapa, malam ini saya ingin mengulik, apa penyebab dari rasa lelah serta mengantuk sepanjang hari yang saya alami. 

Membaca dari beberapa literatur yang ada, rata-rata menyebutkan bahwa, penyebab gangguan tidur diantaranya karena : 

1. Pola tidur yang berubah. Jika dalam satu bulan kita memiliki pola tidur terjadwal, jam 10 malam mulai tidur dan akan bangun jam 5 pagi, lalu, di bulan kedua, perubahan awal tidur menjadi jam 11 malam dan bangun jam 8 pagi, jelas ini menjadi penyebab gangguan tidur yang paling mudah kita deteksi. 

2. Sindrom kaki gelisah. Saya baru tahu bahwa ada sindrom yang satu ini, padahal saya adalah salah satu orang yang mengalaminya, yup, jika saya sedang sulit tidur, memikirkan sesuatu, maka hal yang saya lakukan adalah menggerakkan kaki saya untuk terus bergerak, bergoyang ke kanan dan ke kiri. Bukan rileks, kegiatan ini justru membuat saya sulit untuk konsentrasi tidur. 

3. Depresi atau Stress. Penyebab ini nampaknya menjadi penyebab utama orang-orang mengalami gangguan tidur, cemas berlebihan, stress yang berujung pada perubahan psikis bahkan fisik, sehingga membuat tidur menjadi hal yang sulit. 

4. Penyakit kronis


Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Cara-cara di bawah ini dinilai cukup efisien jika dilakukan secara berkala, meski terlihat sederhana, namun faktanya, dengan melakukan hal kecil namun konsisten, dampaknya akan lebih terlihat daripada langsung melakukan hal besar yang kuantitasnya sesekali saja. 

Jangan langsung pergi ke dokter untuk menangani gangguan tidur sobat HujanPena. Cukup lakukan hal di bawah ini untuk meminimalisir gejala gangguan tidur. 

1. Menjadwalkan jam tidur teratur dengan konsisten
2. Mengurangi depresi dan stress dengan melakukan aktivitas 
3. Minum air putih lebih sedikit di malam hari
4. Memperbaiki pola makan dengan banyak konsumsi serat dari buah dan sayur
5. Mengurangi penggunaan gawai yang memancarkan radiasi. Usahakan untuk tidak memegang gawai satu jam sebelum jadwal tidur yang telah ditetapkan. 

Bagaimana sobat HujanPena? Memang ya, melihat aktivitas kita di siang hari yang terkadang memaksa kita untuk lembur ini lah yang tidak dapat dihindarkan. Kita jadi rentan sekali untuk stress dan depresi. Belum lagi waktu yang tersita di siang hari dihabiskan untuk bekerja, sehingga jarang untuk menyempatkan waktu buat berolahraga. 

Agaknya, kebiasaan atau pola hidup saat ini yang justru semakin memicu banyak sekali gangguan tidur yang kita alami. 

Semoga, beberapa tips di atas dapat menambah ilmu kita bersama tentang gangguan tidur, penyebab serta gejalanya, jika sobat HujanPena merasakan juga apa yang saya rasakan tadi malam, coba cek kembali apakah kualitas tidurnya sudah benar-benar baik? 
Jika belum, yuk! Sama-sama kita benahi pola hidup kita ya sobat. 

Sampai jumpa 👋🏻



Komentar

  1. Pas bgt buat aku sih ini kak :(( Huhuuu..
    Pkoknya sesuai tips kakak, banyakin aktivitas jgn banyak dieum meratapi kehidupan. Semangat!

    BalasHapus
  2. Ternyata ada ya sindrom kaki gelisah. Aku tahu seseorang yang punya kebiasaan kakinya nggak bisa diam kalau mau tidur. Izin share ya kak siapa tahu tipsnya manjur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak boleh.. Saya juga baru tahu kak Tasya.. Padahal saya lah salah satu org yang punya sindrom kaki gelisah

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer