Dibuka Kembali Pendaftaran Sosialitator Program Literasi

Juni 24, 2022
8 komentar
Dunia pendidikan saat ini sedang bersahabat dengan peningkatan budaya literasi dan numerasi, terlebih dengan adanya perubahan kurikulum menjadi kurikulum merdeka, di mana kemampuan literasi dan numerasi lebih diutamakan, perubahan AKM (Assesmen Kompetensi Minimum) siswa juga menjadi pendukung gerakan peningkatan literasi ini, sehingga gebrakan-gebrakan pembaharu literasi mutlak dibutuhkan khususnya untuk kalangan guru dan siswa.


Beberapa hari yang lalu, salah seorang teman "mencolek" saya pada sebuah postingan instagram Nyalanesia. Awalnya saya bingung, Nyalanesia ini apa ya? Kebetulan pada saat itu, nama saya sengaja dicolek pada postingan Recruitment SPL (Sosialitator Program Literasi) oleh Nyalanesia.
Semakin penasaran dan tertarik dengan program ini, saya sengaja mengulik lebih jauh apa itu Nyalanesia? Dan Apa itu Recruitment SPL?


Dengan bermodalkan kemauan, akhirnya saya berhasil mengulik lebih dalam apa yang saya pertanyakan. Sobat HujanPena mau tahu apa itu Nyalanesia dan Rekruitment SPL? Baca sampai habis, ya..

APA ITU NYALANESIA?

Nyalanesia adalah sebuah program membangun ekosistem literasi dan pendidikan Indonesia dengan menghadirkan berbagai platform-platform yang memungkinkan siapa pun untuk mendapatkan akses terhadap kompetensi, ekonomi, dan kontribusi. 

Ada empat platform Nyalanesia yang dapat sobat HujanPena akses guna memperdalam kompetensi dan berkontribusi untuk negeri. 


APA SAJA PROGRAM NYALANESIA?

Jika melihat awal mula akun instagram Nyalanesia dibentuk, Nyalanesia sendiri berasal dari kata nyala untuk Indonesia. Artinya, program-program yang dibuat memang ditujukan untuk memajukan Indonesia. 

Program-program apa saja kah yang dimaksud? sobat HujanPena, penasaran? Intip programnya, yuk! 


1. GSMB Nasional

GSMB memiliki kepanjangan Gerakan Sekolah Menulis Buku, gerakan ini bersifat nasional, di mana lewat gerakan ini, Nyalanesia mengajak seluruh guru dan siswa di seluruh penjuru Indonesia. Tahun 2021, lewat gerakan ini, Nyalanesia berhasil menerbitkan lebih dari 4.200 judul buku karya para siswa dan guru dari seluruh penjuru Indonesia. 

2. BANPELIP
3. BANPELIS
4. Akademi Menulis Buku
5. Festival Literasi Daerah
6. Festival Literasi Nasional
7. Teacher Literacy Awards
8. Adi Acarya Award
9. SPL (Sosialitator Penggerak Literasi)

Untuk selengkapnya, sobat HujanPena bisa langsung mengunjungi laman instagram Nyalanesia, ya..

Dari postingan Nyalanesia tentang SPL Nasional, akhirnya saya mengetahui bahwa program SPL Nasional telah sukses diselenggarakan pada tahun 2019, 2020, dan 2021. 

Di tahun 2022, Nyalanesia kembali membuka rekrutmen Sosialitator Program Literasi Nasional (SPL Nasional) angkatan IV.


SPL NASIONAL ITU APA, SIH?

Pasti sobat HujanPena penasaran, mengingat program ini hanya dibuka satu tahun sekali. 

"SPL Nasional adalah penggerak literasi nasional yang dibentuk, dilatik dan dikembangkan oleh tim Nyalanesia guna melakukan percepatan sosialisasi dan pengembangan gerakan literasi hingga ke pelosok negeri," ujar Arifin Nurdin selaku ketua SPL Nasional 2022 saat diwawancarai pada Selasa, 14 Juni 2022.

Program SPL ini sendiri nantinya akan mencari 100 penggiat literasi dari Sabang hingga Merauke yang akan ditempatkan di berbagai daerah guna mempercepat perkembangan kemampuan berliterasi masyarakat Indonesia. 



Program ini mengajak seluruh guru dan para anggota komunitas literasi yang memiliki minat serta kompetensi dalam bidang literasi untuk bergabung dan terpilih sebagai "Penyala" yang nantinya akan menjadi agen perubahan literasi Indonesia. 

Hal ini didukung oleh data tahun 2021, di mana 100 penggiat literasi yang tergabung dalam SPL Nasional berhasil memfasilitasi lebih dari 54.000 pendidik serta peserta didik di seluruh wilayah Indonesia untuk berkarya dan "melek" literasi.

Harapannya, semakin banyak masyarakat Indonesia yang bersedia bergabung dalam program SPL Nasional, mutu literasi di Indonesia dapat meningkat. 

Pendaftaran ini masih dibuka hingga 30 Juni 2022, lho sobat HujanPena. Jadi, ayo tunjukkan minat kamu untuk menjadi Penyala demi Indonesia yang lebih baik. Syarat dan ketentuannya bisa kamu baca di akun instagram Nyalanesia

Gimana? Tertarik? Untuk pendaftaran, silakan klik www.penggerakliterasi.id.

Semoga berhasil ya sobat HujanPena ❤️

Komentar

  1. Wah ini program mulia banget, sih, dalam kurun waktu tiga tahun sudsh berhasil menerbitkan 4000 buku lebih itu udah super fantastis! Kerenn!

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Ayo ikut kak Sulanti, kembangkan literasi di Kepri, kak

      Hapus
  3. Begerak di bidang buku yaa ini nyalanesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bidang literasi bang Reza.. Mengembangkan literasi ke sekolah-sekolah dipenjuru wilayah indonesia

      Hapus
  4. Penempatan bisa seluruh Indonesia ya kak? Harus siap merantau ya berarti. Cukup keren visinya program SPL, semoga terwujud dan makin meluaskan kesetaraan literasi bagi bangsa kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin, saat mendaftar, pilihannya hanya dua, kak. Mau berkontribusi di wilayah sesuai domisili atau kabupaten.. Jadi, sepertinya tidak jauh-jauh amat kak. Masih dekat tempat tinggal

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer