5 Film dengan Tema Pendidikan Penuh Inspirasi Dijamin Naikin Semangat

Maret 05, 2023
0 komentar

Tayangan inspiratif seperti film yang bertemakan pendidikan adalah pilihan pas untuk dijadikan tontonan kala semangat belajar sedang turun drastis.

Dengan menonton film yang menampilkan perjuangan seseorang atau sekelompok orang untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik, kita jadi banyak belajar bagaimana menghargai sebuah perjuangan.

"Barang siapa tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka harus mampu menahan perihnya kebodohan” - Imam Syafi'i

Saya selalu suka bahkan memiliki beberapa daftar film yang menampilkan kisah-kisah yang berkaitan dengan sekolah & pendidikan. Karena beberapa tayangan dalam film tersebut memang terjadi di dunia nyata. 

Kelebihan Menonton Film yang Jarang Diketahui

Bagi kamu nih Sobat Pena yang suka menonton film, kalian pernahkah menyadari beberapa kelebihan atau manfaat dari menonton film? Atau jangan-jangan selama ini kalian tidak pernah menyadarinya?

Menonton film dapat menghilangkan stres, memberikan inspirasi atau motivasi, menambah informasi atau pengetahuan, menjadi momen kumpul keluarga, mengasah keterampilan menganalisis, dan mampu meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

film-inspiratif-tema-pendidikan
credit : freepik.com

Tidak heran jika kegiatan menonton film selalu menjadi cara paling ampuh menghilangkan kepenatan sebagian orang. Menonton film dapat menjadi terapi bagi pasien yang merasa frustasi, depresi atau mengalami gangguan mood lainnya.

Seperti yang saya lakukan misalnya, jika dalam 1 minggu merasa sangat jenuh dengan pekerjaan, maka saya akan memilih film-film ringan seperti film komedi atau romansa untuk meningkatkan mood. Lain halnya jika saya mengalami rasa keputusasaan, film - film berbau motivasi atau kisah nyata akan menjadi pilihan.

Akan tetapi, memilih tayangan tidak boleh sembarangan ya, Sob! Apalagi jika berencana untuk dinikmati seluruh anggota keluarga, pilihlah film-film inspiratif nan ringan untuk keluarga, ya!

Mengapa harus memilih film yang sarat akan makna dibanding film yang paling banyak ditonton orang?

Apa yang kita lihat, dengar, dan ucapkan akan mempengaruhi karakter pribadi seseorang. Tayangan positif akan memberi dampak positif pula bagi penikmatnya.

Tayangan atau acara inspiratif jauh lebih aman untuk ditonton bersama keluarga dibanding genre tayangan lain karena selain pesan motivasi yang ingin disampaikan, kata-kata ataupun adegan tak senonoh tidak akan terjadi.

Lagi pula, film yang memiliki jumlah viewers banyak belum tentu memberi dampak positif bagi penontonnya, 'kan?

Pilihlah tontonan yang juga berfungsi sebagai tuntunan. Berikut 5 film bertemakan pendidikan yang sayang jika dilewatkan, apa saja?

5 Film dengan Tema Pendidikan yang Naikin Semangatmu

  1. Laskar Pelangi

Sebuah film yang disutradarai oleh Riri Riza dan rilis tahun 2008. Laskar pelangi menjadi film inspiratif Indonesia pertama bagi saya.

film-inspiratif-tema-pendidikan
credit : Wikipedia

Film Laskar Pelangi yang mengadaptasi sebuah novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata berhasil menggugah semangat saya pada saat itu. Film berdurasi 2 jam 5 menit mengangkat kisah 10 siswa Sekolah Dasar dari desa Gantong, Bangka Belitung.

Kesenjangan sosial dalam mendapatkan hak pendidikan terpampang jelas pada film Laskar Pelangi, belum lagi semangat dan kekompakan sepuluh siswa mengikuti karnaval dan lomba cerdas cermat antar sekolah hingga menghantarkan mereka pada sebuah kemenangan membuktikan bahwa siapa saja tak peduli latar belakang sosial berhak mendapat pendidikan yang layak serta berprestasi setinggi mungkin asal memiliki semangat dan mau terus berusaha.

  1. Taare Zameen Par

Film asal India, Taare Zameen Par ini dirilis pada tahun 2007. Diperankan oleh Aamir Khan, Darsheel Safary, dan Tisca Chopra mengisahkan tentang seorang anak laki-laki istimewa yang mengalami disleksia.

film-inspiratif-tema-pendidikan
credit : Wikipedia

Akibat kelainannya itulah ia kerap mendapatkan perlakuan tidak adil dari guru, teman bahkan orang tua dan saudara kandungnya.

Disleksia yang dideritanya membuat ia tidak mampu membaca meski sudah duduk di bangku kelas 3 SD. Sulit membedakan huruf "b" dan "d", dan tidak dapat menuliskan angka delapan dengan baik. Hingga orang tua dan guru melabeli dirinya "bodoh"

Hati siapa yang tidak akan hancur terus-menerus dikucilkan dan dianggap remeh seperti itu? Alhasil Ishaan tak lagi memiliki minat belajar hingga Aamir Khan bertemu dan mulai menyukainya.

Disleksia memang merupakan kelainan otak yang dibawa sejak lahir, namun bukan berarti tidak dapat diperbaiki dan diarahkan.

Lewat kesabaran Aamir Khan sebagai guru Seni Budaya, ia akhirnya dapat membuktikan bahwa Ishaan bukan anak bodoh dan nakal seperti yang mereka kenal selama ini, lukisan yang dihasilkan Ishaan mendapat apresiasi luar biasa dan inilah kelebihan yang ia miliki.

Dari film Taare Zameen Par kita merasa tertampar, anak yang tidak mau, tidak mampu mengikuti pembelajaran di sekolah dengan baik bukan berarti berhak kita labeli dengan penamaan yang tidak baik. Setiap anak istimewa dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  1. 3 IDIOTS

Masih dari negara yang sama dengan pemeran utama yang sama pula, Aamir Khan. Film yang dirilis pada tahun 2009 berkisah tentang 3 mahasiswa dengan dinamika dalam dunia perkuliahan yang tidak ada habisnya.

Dalam film ini Sobat Pena akan menemukan banyak sindiran halus yang berkaitan dengan sistem pendidikan dimana setiap mahasiswa harus terus bersaing tanpa memperdulikan orang lain juga semangat perjuangan tiga mahasiswa meraih cita-cita. 3 IDIOTS cocok jadi tontonan yang membangkitkan semangat yang hampir padam.

  1. Guru-Guru Gokil

Film yang satu ini merupakan film drama komedi Indonesia yang ditayangkan pertama kali pada tahun 2020. Film yang diproduseri oleh Dian Sastrowardoyo dan teman-teman, berhasil menampilkan realita buruknya manajemen pendidikan Indonesia dengan sentuhan komedi mengocok perut.

film-inspiratif-tema-pendidikan

Diperankan oleh Gading Marten, Asri Welas, Boris Bokir, Kevin Ardilova, dan Dian Sastrowardoyo. Film guru-guru gokil mengangkat kisah pilu guru honorer desa yang sulit mendapatkan gaji karena harus menunggu Bantuan Operasional Sekolah dari pemerintah yang turun 3 bulan sekali.

Film ini memiliki pesan dalam bagi saya sebagai seorang guru untuk terus memberikan ilmu, mengabdi tanpa pamrih. Meski tidak bergelimang harta karena gaji guru sangatlah kecil, lewat film ini saya diingatkan kembali bahwa kebahagiaan seorang guru tidak terletak pada materi melainkan pada hati.

  1. MARS : Mimpi Ananda Raih Semesta

Film ringan yang diperankan oleh Acha Septriasa cocok dijadikan pilihan film untuk menaikkan semangat Sobat Pena. Film yang dirilis tahun 2016 ini mengisahkan perjuangan seorang Ibu (Kinaryosih) dari desa terpencil di kaki Gunung Kidul yang menginginkan anaknya mendapat pendidikan yang tinggi serta layak.

Film ini memiliki pesan bahwa meski kedua orang tua bukanlah seorang akademisi, mereka mampu menghantarkan anak-anak mereka mendapatkan pendidikan seperti yang orang lain dapatkan.

Sob, itulah 5 film bertemakan pendidikan yang sayang jika dilewatkan. Apalagi jika saat ini kamu sedang mengalami penurunan semangat. Semoga setelah menonton ke - 5 film di atas, semangat kamu balik lagi, ya!

 

 

Komentar

Postingan Populer