Oh My Venus : Drakor yang Selipkan Pesan untuk Wanita di Dunia

Maret 08, 2023
0 komentar

Tidak hanya sekadar tontonan dan hiburan semata. Drama Korea Oh My Venus selipkan pesan untuk wanita di dunia.

Bagi pemula dalam hal menonton drama Korea seperti saya. Akhirnya saya merasakan sendiri “kecanduan” yang telah lama dirasakan oleh penggemar drama Korea lainnya.

Semua bermula dari keisengan saya memilih drama Korea bertemakan kisah cinta karyawan kantor dengan bosnya, muncullah beberapa judul dan mata saya tertarik dengan drama Korea tahun 2020 yang berjudul “Bussines Proposal”

Pencarian judul-judul drama korea populer tak berhenti sampai disitu, hingga kemudian bertemu dengan drama korea yang tayang pertama kali pada tahun 2015, Oh My Venus.

Keputusan untuk menonton series Oh My Venus ternyata tidaklah salah, mengapa?

Ada beberapa poin penting dalam series yang diperankan oleh tokoh utama So Ji-Sub, dan Shin Min-a yang sayang jika dilewatkan.

Oh My Venus: Drama Korea yang Ringan Bikin Penasaran

Oh My Venus sebenarnya adalah julukan untuk Kang Joo-Eun karena senyum dan wajah cantiknya bak planet Venus yang gemerlap. Julukan tersebut diberikan teman-teman sekolahnya saat masa SMA. Karena kecantikannya, Kang Joo-Eun menjadi primadona dan digilai banyak pria.

drakor-oh-my-venus
credit : Wikipedia

Hingga adegan berlanjut pada scene berikutnya di mana Kang Joo-Eun akhirnya dapat mewujudkan impiannya untuk menjadi pengacara namun tidak dengan bentuk tubuhnya.

Kang Joo-Eun ternyata mengidap hipertiroid yang membuat bentuk tubuhnya menjadi gemuk, penampakan yang sangat berbeda dengan Kang Joo-Eun di masa putih abu-abunya.

Perubahan fisik tersebut membuat pacarnya Kang Joo-Eun yaitu Im Woo Shik memutuskan hubungan mereka.

Patah hati yang dirasakan Kang Joo-Eun membuatnya bertekad untuk mengembalikan bentuk tubuhnya seperti dulu kala.

Pertemuan tak terduga pun dimulai, tak sengaja ia bertemu dengan Kim Young-Ho yang merupakan seorang dokter sekaligus instruktur. Dari sinilah benih-benih cinta bersemayam, dan penonton dibuat makin penasaran dengan kisah cinta Kim Young-Ho dan Kang Joo-Eun.

Oh My Venus berakhir happy ending seperti dambaan para penontonnya. Memiliki 16 episode tak mengurungkan niat saya untuk menghabiskannya dalam 3 hari, sungguh menyenangkan! Dibuat senyum-senyum sendiri setiap hari hihi ….

Oh My Venus Menyelipkan Pesan Manis untuk Wanita di Dunia

1. Kecantikan Fisik Tak Berlaku Selamanya

Berawal dari tubuh dan penampilan yang menawan, lalu berubah menjadi sosok yang tidak diharapkan seolah menjadi momok tersendiri bagi seorang wanita.

Wanita dipaksa untuk selalu tampil sempurna, memiliki tubuh langsing, putih dengan wajah glowing adalah definisi cantik sesungguhnya padahal sebenarnya tidak.

Kecantikan itu sifatnya relatif, tidak dapat disamaratakan dengan siapapun.

Wanita cantik adalah ia yang memiliki prinsip, memiliki keteguhan, rendah hati, pintar dan pantang menyerah.

Kecantikan fisik tidak berlaku selamanya, kecantikan hati yang berasal dari dalamlah yang abadi. Pesan ini tak sengaja saya tangkap dari sikapnya Kang Joo-Eun yang pantang menyerah, baik kepada semua orang tanpa terkecuali, dan memegang teguh prinsip.

Selain itu, dalam series Oh My Venus, penonton diingatkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makan-makanan yang sehat. Kecantikan fisik dengan cara instan sangat tidak disaranka ya, Sob. Semua butuh proses!

2. Wanita Harus Berpendidikan Tinggi

Meski memiliki paras yang indah, bukan berarti membuat Kang Joo-Eun terlena dan melupakan cita-citanya menjadi seorang pengacara.

Wanita harus berpendidikan tinggi, atau paling tidak jangan pernah berhenti untuk menggapai mimpi. Sebuah pengingat untuk seluruh wanita di dunia. Kualitas sebuah bangsa bergantung pada baik atau buruknya kualitas wanita di dalamnya.

Belum lagi saya masih ingat kalau wanita akan menjadi madrasah (guru) pertama bagi anak-anaknya. Maka, tidak ada alasan bagi seorang perempuan untuk berdiam diri, puas dengan paras cantik tanpa mempersiapkan suatu ilmu demi generasinya kelak.

3. Wanita Baik-Baik Hanya untuk Lelaki Baik-Baik

Jodoh adalah cerminan diri, wanita baik-baik akan dipertemukan dengan lelaki baik-baik. Siapa yang akan menyangka jika seorang instrukturnya dalam proses penurunan berat badan adalah seorang penerus sebuah perusahaan besar di kota Daegu.

Kang Joo-Eun adalah sulung dari dua bersaudara, sepeninggal ayahnya, Joo-Eun berjanji untuk membahagiakan ibu dan adiknya, membuat hidup mereka nyaman tanpa kekurangan hingga membuatnya melupakan diri sendiri dan berakhir patah hati.

Kesetiaan Joo-Eun tak berbuah manis, Im Woo Shik ternyata berselingkuh dengan sahabat Joo-Eun, Oh Soo-Jin yang merupakan sahabat Joo-Eun saat menjadi mahasiwa hukum.

Tiga pesan manis yang terselip dalam drama Korea Oh My Venus semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua, ya. Tepat di tanggal 8 Maret yang bertepatan dengan International Women's Day, saya ingin menyampaikan bahwa wanita sempurna bukan dilihat dari kecantikan fisik dan wajah rupawan saja. Inner beauty adalah hal utama sempurna kecantikan seseorang. Kecantikan yang berasal dari dalam akan jauh lebih tahan lama sekaligus memberikan value tersendiri. 

Komentar

Postingan Populer