6 Tempat Kuliner Tebing Tinggi yang Wajib Dicoba

Maret 09, 2023
3 komentar
Saat mengunjungi suatu tempat, tentunya Sobat ingin menikmati makanan khas atau tempat makan paling populer, ‘kan? Yups, kali ini saya akan membagikan beberapa tempat makan yang sudah dijamin enak plus engga bikin kantong jebol saat kulineran di Tebing Tinggi.

Hampir 3 tahun sudah menetap di kota Tebing Tinggi bersama sang suami. Dan selama itu pula, akhirnya saya menemukan beberapa tempat makan yang enak, bersih, murah dan pastinya halal.

Sobat Pena yang mungkin suatu saat berkunjung atau singgah ke kota Tebing Tinggi wajib nyobain 6 tempat kuliner Tebing Tinggi yang bakalan aku spill. Apa aja tempat kulinernya? Check this out!!

6 Tempat Kuliner Tebing Tinggi yang Tak Boleh Dilewatkan


1. Restoran India

Salah satu restoran terlama di kota Tebing Tinggi, Restoran India menjadi sangat populer di masyarakat Sumatera Utara. Jika Sobat Pena adalah warga kota Tebing Tinggi, pasti sudah menjadi pemandangan biasa melihat restoran yang berada di pusat kota selalu ramai dikunjungi saat weekend atau hari libur lainnya.

Berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 46, Pasar Baru, Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Restoran India sempat dinobatkan menjadi ikon kota Tebing Tinggi.

kuliner-tebing-tinggi
source : instagram Restoran India

Menyajikan berbagai menu makanan khas Timur Tengah seperti Nasi Briyani, Kebab, Kari Kambing, Martabak Mesir, Roti Canai dan aneka hidangan umum lainnya membuat Restoran India menjadi tempat favorit berkumpul bersama keluarga.

Untuk harga yang ditawarkan bervariasi ya, Sob. Mulai dari 12ribuan hingga 40ribuan per porsi tergantung menu yang kalian pilih juga. Citarasa makananya juga enak-enak, dijamin engga ngecewain, deh!

2. Bakso Urat Juara Tebing Tinggi

Pecinta bakso mana suaranya? Makanan yang satu ini jarang banget ada yang nolak apalagi di cuaca seperti sekarang, sering banget hujan.

Sebenarnya ada banyak warung bakso di Tebing Tinggi. Namun, tidak ada yang se-khas Bakso Urat Juara. Kenapa?

Dari sisi penyajiannya, mangkuk yang digunakan bercorak hijau putih dengan bahan dasar kaleng. Khas wadahnya zaman 80 dan 90an, vibes jadulnya berasa.

kuliner-tebing-tinggi
source: instagram Bakso Urat Juara

Yang bikin tambah istimewa adalah menu teh kasturi dengan selasih dan sereh sebagai campurannya, disajikan hangat, hmmm … sangat cocok menemani semangkuk bakso urat dengan tetelan sapi yang melimpah.

Untuk harganya, Bakso Urat Juara Tebing Tinggi sangat affordable. Dibandrol dengan harga 25ribuan per porsi untuk semangkuk bakso dengan tetelan yang melimpah, Sobat Pena dijamin auto kenyang!

Bakso Urat Juara Tebing Tinggi beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, Komplek Bussiness Center No. 438, kota Tebing Tinggi.

3. Bakso Goyang Lidah

Masih di dunia per-baksoan, karena makanan yang satu ini adalah makanan favoritku sejak dulu kala.

Bakso Goyang Lidah berlokasi di Jalan Pulau Sumatera, Persiakan, Kecamatan Tualang, kota Tebing Tinggi. Bakso Goyang Lidah sendiri sudah cukup terkenal di masyarakat Tebing Tinggi.

Meski letaknya tidak strategis karena harus masuk ke Jalan Persiakan melalui Simpang Sibulan, tetapi ketenarannya tak lagi diragukan. Buktinya warung bakso sederhana ini selalu ramai pengunjung, jika Sobat berminat mencicipi citarasanya, saya sarankan untuk tidak pergi di hari Sabtu atau Minggu kalau tidak mau kehabisan.

Untuk harga di bawah 20ribu, bakso goyang lidah tidak pernah menurunkan kualitas daging serta bahan-bahan yang digunakan. Bakso sapi yang terasa dagingnya dengan tipe kuah bening? hmm ... bakso goyang lidah ga pernah salah.

4. Ayam Penyet Lamongan 45 Wong Jowo

Tanpa pernah diduga akhirnya saya dan suami menemukan tempat makan enak, murah dan rasanya bikin terngiang-ngiang.

Bermula dari iseng cari menu buka puasa saat ramadan tahun lalu, kami singgah di Ayam Penyet Lamongan ini karena "Kok rame banget pembelinya?". Iseng-iseng berhadiah dan saat suapan pertama masuk ke mulut, saya langsung jatuh cinta dengan rasa gurih, manis serta pedas yang bercampur sempurna dalam sambal terasi yang dihidangkan.

Pantas aja selalu ramai pembeli.

Ayam Penyet Lamongan 45 Wong Jowo menyediakan dua pilihan nasi yaitu nasi putih biasa atau nasi uduk. Untuk lalapannya sih standard ya,ada timun, kol mentah, dan daun kemangi.

Tersedia berbagai pilihan menu, ada bebek, ayam, lele, ampela, tahu dan tempe goreng. Sederhana sekali, bukan?

Tapi jangan tanya rasanya, Sob. Nasi uduk Ayat Penyet Lamongan 45 ini tidak seperti nasi uduk pada umumnya yang sering kita jumpai di warung-warung penjual sarapan. Nasi uduknya tidak too much dalam hal rempah namun gurih dan wanginya tetap terasa. Cocok sekali dimakan dengan bebek goreng plus sambal terasi.
kuliner-tebing-tinggi
source : Google

Untuk lokasinya, Sobat tak perlu bingung karena Ayat Penyet Lamongan 45 Wong Jowo letaknya sangat strategis di pinggi jalan lintas Tebing Tinggi – Siantar, beralamat di Jalan Medan – Pematang Siantar No. 405, Sri Padang, Kecamatan Rambutan, kota Tebing Tinggi.

5. Mirai -Mi Ramen

Tren makanan Asia tampaknya perlahan mulai meramaikan jagat perkulineran di Tebing Tinggi. Mirai adalah salah satunya. Baru beberapa hari yang lalu saya menemukan tempat makan ramen yang enak, murah, dan porsinya bikin kenyang, kebetulan berdekatan dengan tempat kerja. Jadi, kalau lagi ga mood atau laper bisa langsung cuss ke Mirai-Mie Ramen.

Lokasinya tepat di depan Ramayana Department Store di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Rambutan, kota Tebing Tinggi. Berjalan sekitar 50 meter dari Ayam Penyet Lamongan 45 Wong Jowo.

Harga yang ditawarkan sangat murah mulai dari 15ribuan per porsi, untuk pilihan mie ramennya juga banyak apalagi kita dipersilakan menentukan variasi kuah untuk sajian mie ramen yang akan kita makan. Kuah Tori Paitan adalah kesukaan saya.

kuliner-tebing-tinggi
source : instagram Mirai Ramen

Makanya engga heran, banyak anak sekolah yang berkunjung kesini karena porsinya lumayan mengenyangkan, lho!

6. Es Campur Cemara

Tahun 2021 adalah kali permata saya mencicipi es campur cemara ini. Dinamakan es campur cemara karena berlokasi di Jalan Cemara, kota Tebing Tinggi.

Apa sih kelebihannya es campur cemara?

Pertama, dari segi harga yang sangat murah. Hanya 5ribu rupiah per porsi. Kedua, rasanya yang juara.

Untuk kategori es campur murah, enak, dan banyak, es campur cemara engga ada lawan! Masyarakat Tebing Tinggi rela deh menempuh jarak yang lebih jauh untuk menikmati semangkuk es campur ini.

Bahan-bahannya berkualitas dan fresh. Untuk gula merahnya aja bener-bener gula merah aren, lho! Terasa banget di tiap suapan es campurnya, wangi pandan serta santan yang gurih disajikan dingin dan dinikmati saat cuaca terik, waah … surga dunia sekali.

Nah, gimana, Sob? Enak-enak banget, kan kulineran di Tebing Tinggi? 6 Tempat Kuliner Tebing Tinggi yang baru saja saya sampaikan adalah murni dari pengalaman pribadi, ya! No endorse-endorse club. Penasaran, Sob? Ayo main ke Tebing Tinggi!!



Komentar

  1. Enak sekali mbaa, coba kalo dibuatin hehe

    BalasHapus
  2. Wah. Gak sabar pengen pulang kampung ke tebing tinggi

    BalasHapus
  3. Wahhhh jadi list wisata kuliner nih kalau mau pulang kampung. Wajib singgah di tebing sihh... Makasih kak e rekomendasinyaaaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer