HP Chromebook 11 G8 Education Edition: Harga Murah, Kualitas Istimewa

Maret 11, 2023
0 komentar

Beberapa hari lalu tanpa sengaja saya melihat sebuah review laptop HP Chromebook 11G8 Education Edition di channel Gadgetin. Menariknya, laptop ini hanya dibrandol dengan harga 1,7 jutaan aja, lebih murah dari harga smartphone saya saat ini.

Kebetulan saat ini saya dan suami masih berbagi satu laptop untuk melakukan seluruh pekerjaan yang berkaitan dengan mengedit data, mengetik artikel, naskah, presentasi, dan lain-lain.

Sempat terlintas untuk membeli laptop yang baru. Akan tetapi, selalu saya urungkan mengingat saat ini harga sebuah laptop cukup mahal. Perlu budget 8 juta ke atas untuk memiliki laptop bagus dengan sistem operasi Windows padahal kebutuhan saya hanya mengetik, mengedit foto atau gambar dan mengisi konten blog.

Laptop HP Chromebook 11 G8 Education Edition

Agar Sobat Pena enggak makin penasaran karena untuk series laptop HP, tipe Chromebook 11 G8 EE sangat jarang didengar. Padahal untuk sekelas laptop, HP juaranya menurut saya. Tahan banting, dan peformanya engga kaleng-kaleng. Tahan hingga belasan tahun, lho!

Makanya sayang banget jika masih banyak yang belum tau laptop HP Chromebook 11 G8 Education Edition yang satu ini. Kalau gitu, yuk kita bahas tuntas spesifikasi, keunggulan, dan kekurangannya.

HP-Chromebook-11-G8-EE

Chromebook adalah sejenis perangkat portabel komputer yang ringan dengan menggunakan ChromeOS buatan Google sebagai sistem operasinya. Tujuan diciptakanya Chromebook ini adalah menghadirkan perangkat komputer portabel yang murah karena tidak lagi menggunakan Windows sebagai sistem operasi.

Bisa dikatakan bahwa laptop HP Chromebook 11 G8 Education Edition adalah laptop keluaran HP dengan menggunakan sistem operasi Google Chrome, bukan Windows (.exe) seperti pada umumnya.

Spesifikasi laptop HP Chromebook 11 G8 EE

Spesifikasi laptop HP 11 G8 Education Edition memakai prosesor Intel Celeron N4020 dual-core (2 thread) 1,1GHz dengan 2,8 GHz Turbo Boost, lengkap dengan grafis Intel UHD Graphics 600, ukuran layar 11,6 inci. Laptop HP Chromebook 11 G8 memiliki memori RAM sebesar 4GB LPDDR4-3733MHz onboard, penyimpanan jenis eMMC 32GB, dan baterai HP Long Life 2-cell, 47.36 Wh Li-ion polymer HP Fast Charge Technology (90% dalam 90 menit.


Keunggulan Laptop HP Chromebook 11 G8 EE yang Didesain untuk Anak Sekolahan

Laptop HP 11 G8 Education Edition menarik perhatian saya karena yang harganya yang sangat murah dan terdapat beberapa respons positif setelah menggunakannya. Kedua, meski harganya yang sangat murah, laptop HP Chromebook 11 G8 EE sangat ringan, ringkas untuk dibawa kemana aja.

Untuk saya yang biasa bekerja dari rumah atau work from anywhere merasa sangat cocok untuk segera meminang laptop HP Chromebook 11 G8 EE.

Supaya bukan hanya saya yang teracuni untuk segera memiliki laptop ini, mari sama-sama kita lihat apa saja keunggulan yang dimilikinya.

HP-Chromebook-11-G8-education-edition

1. Super ngebut saat booting:
Apalah arti laptop keren, mahal namun proses membuka dan mematikannya membutuhkan waktu lama. Belum ngeliat kerjaan, eh … sudah harus bete duluan liat “kelambatan” laptop. Hal demikian tidak berlaku di laptop ini karena proses booting secepat kedipan mata.

2. Budget Pas-pasan tapi tetap menghasilkan: Mahasiswa yang bugdetnya super ngepas tapi pengin beli laptop yang tetap bisa diandalkan, laptop HP series yang satu ini jawabannya. Ngerjain kerjaan kantor atau kampus bukan lagi masalah.

3. Anti nge-lag saat buka multiple tab: Cari referensi tulisan dengan membuka tampilan jendela tab lebih dari satu tidak jadi masalah.

4. Bisa download aplikasi Google Play Store:
Kamu bisa download aplikasi kesayangan di laptop seperti kamu mendownloadnya di android.

5. Bye-bye laptop bervirus :
Kelebihan lain chromebook ialah diklaim bebas resiko virus atau malware karena sistemnya yang mengatur untuk setiap virus tidak dapat berpindah.

6. Laptop ringan dan baterai tahan lama: Memiliki bobot hanya 1,3 kg dan baterai yang tahan hingga 10 jam dipakai menonton video streaming membuktikan laptop ini tahan lama jika digunakan.

Wah, banyak juga ya kelebihannya! Biar adil karena semua hal di muka bumi pasti memiliki sisi keunggulan dan kekurangan, yuk kita lihat apa aja kekurangan yang dimiliki laptop termurah tahun ini.

Apa kelemahan HP Chromebook 11 G8 EE?

1. Chromebook tidak bisa menjalankan software Windows: Kelemahan ChromeBook Adalah Tidak bisa menjalankan Aplikasi Windows (.exe), dan hanya bisa menjalankan Aplikasi Linux dan Android.

2. Peforma turun saat offline: Dominan menggunakan fitur-fitur Google seperti Google Dogs, Google Spreadsheet, Google Slide dan lain-lain, jadi ketika digunakan offline maka peforma akan turun hingga 70%, artinya tetap masih dapat digunakan meski tidak optimal.

3. Tampilan gambar tidak maksimal: Tidak seperti laptop dengan budget 8 jutaan ke atas, laptop HP Chromebook 11 yang hanya dilengkapi pane UHD Graphic 600 membuat tampilan gambar dari segi gambar tidak tajam dan menarik.

4. Gunakan mouse portable biar makin sat set:
Kelemahan yang terakhir adalah bagian touchpadnya yang kurang gesit. Jadi, jika Sobat Pena tetap tertarik membeli Chromebook ini, disarankan untuk membeli mouse portable untuk kenyaman penggunaan.

Kesimpulan

Laptop HP Chromebook 11 G8 Education Edition adalah jawaban untuk orangtua yang ingin memberikan fasilitas belajar dengan pengalaman yang lebih advanced guna mempermudah tugas-tugas anak di sekolah. Selain harganya termurah, laptop ini tidak mengurangi esensi kebutuhan pelajar maupun ibu pekerja seperti saya, tetap bisa bekerja dan belajar di mana saja.

Keunggulan-keunggulan yang dijabarkan jelas membuat hati saya semakin mantap untuk meminang laptop HP Chromebook 11 G88 EE. Gimana dengan kamu, Sob? Sepemikiran dengan saya?

Komentar

Postingan Populer