Mengenal Blog Bersama OBS

Oktober 23, 2022
12 komentar

ODOP Blogger Squad (OBS)



Mendalami suatu hal atau bidang tertentu pastilah berawal dari suka, tertarik dan rasa nyaman di awal pertemuan. Sama halnya denganku yang mencintai dunia blog berawal dari ketertarikan dengan dunia blog itu sendiri hingga setelah SAH diterima sebagai warga Komunitas ODOP, Aku memutuskan untuk bergabung di kelas lanjutan besutan ODOP, yaitu OBS.

Apa Sih OBS?

ODOP Blogger Squad (OBS)

OBS adalah singkatan dari ODOP Blogger Squad. Kelas atau grup lanjutan di bawah naungan Komunitas One Day One Post ini adalah kelas yang sangat aku ingin setelah OTM (ODOP Tembus Media) Kenapa? Alasannya sih sederhana, karena Aku tuh kepo, “Kenapa ya blog orang-orang kok bisa kece? Kok bisa cantik? Kok bisa menang lomba? Dan kok bisa ngasilin duit?” Semua alasan itu muncul ketika Aku mulai mendalami Komunitas yang luar biasa ini. Dari Komunitas ODOP yang membersamai kami yang berjumlah 18 orang selama hampir 8 minggu, Aku jadi kenal dunia blogging yang belum pernah terpikir olehku sebelumnya.

Delapan minggu haru nulis setiap hari di blog pribadi ngebuat Aku pribadi jadi tahu, “Oh … kalau ngeblog tuh bisa dapet duit ya?” atau “Oh … ada juga ya lomba ngeblog?” semua ketidaktahuanku tentang blog seolah terisi penuh dan menimbulkan keingintahuan yang besar hingga kelas OBS adalah kelas incaran yang telah Aku bidik.

ODOP Blogger Squad bukan sekadar grup biasa bagiku, banyak sekali pembelajaran hingga pengalaman yang aku dapatkan dari grup ini.

Sebelum lanjut bercerita pengalaman hampir dua bulan bergabung di grup ODOP Blogger Squad, Aku kasih tahu dulu ya apa saja hal yang harus dipersiapkan untuk dapat diterima di grup yang asli kece banget. Bukan peres lho ini.

Cara Gabung dan Bertahan di OBS

  • Memasang Domain TLD

Jika sobat HujanPena tertarik untuk masuk ke grup ini, hal mendasar yang dipersiapkan adalah kalian harus memiliki blog dengan domain TLD. Awalnya sempet bingung, domain TLD itu apa? Gimana cara “nganuinnya”?

TDL adalah singkatan dari Top Level Domain, TLD adalah bagian akhir dari suatu domain, seperti co.id, .com, my.id dan masih banyak lagi. Meski terlihat sederhana, karena sejatinya tanpa memasang TLD, sobat HujanPena sudah bisa kok menulis apa saja di artikel pribadi kamu dengan menggunakan fasilitas blog gratis seperti blogspot dan wordpress. Tapi ternyata TLD ini memegang peranan penting loh untuk menunjukan identitas website yang kalian miliki.

Setelah akhirnya selesai memilih dan memasang TLD dibantu oleh Kak Nimas hingga tengah malam, akhirnya blog pribadiku memiliki domainnya sendiri, Kalau kata Vina (salah satu teman di grup OBS), TLD yang Aku pakai saat ini yaitu my.id adalah TLD paling estetik dari semua TLD yang ada. Hahaha…

  • Memasang Google Analytic

ODOP Blogger Squad


Setelah diterima menjadi grup OBS, tugas pertama yang harus kami lakukan ialah memasang GA. Satu hal yang aku pelajari dan yakini ketika mengerjakan tiap tugas yang diberikan para PJ adalah kerjakan tugas dengan teliti, baca berulang kali, ikuti instruksi dan jangan gegabah.

Sama halnya dengan memasang GA ini, awalnya udah ngebatin “Waduh … baru tugas pertama kok susah ya kayaknya.” Apalagi chat dari temen-temen mengindikasi bahwa tugasnya nih ribet banget nih pasti. Ternyata semua itu hanya ketakutan dan sugesti aja, karena setelah perlahan dipahami, memasang Google Analytic tidak sesulit yang dibayangkan kok.

  • Memasang Google Search Console

Odop blogger squad


Setelah mengerjakan tugas pertama, kini lanjut ke tugas kedua, di tugas kedua ini, jujur Aku sudah tidak begitu khawatir lagi gimana ngerjainnya, karena pasti bisa dan mudah untuk dikerjakan apalagi instruksi yang diberikan kakak-kakak PJ juga tidak rumit kok. Dan, Qadarullah Aku sakit, Sob. Tugas kedua yang harusnya bisa selesai dengan cepat nyatanya harus kucing-kucingan dulu sama suami supaya bisa ngerjain tugas yang kedua.

Google Search Console dengan Google Analytic apa bedanya sih? Aku coba jawab semampuku, ya. Google Analytic ini bertugas untuk membantu kita untuk menyesuaikan keinginan market atau target, sedangkan Google Search Console ini semacam kayak penasihat pribadi gitu, jadi kalau ada url yang enggak kebaca, dia bakal kasih tahu. Kalau ada pengunjung baru, GSC juga bakal kasih tau lengkap dengan usia juga jenis kelamin pengunjung yang masuk ke artikel kita.

Semuanya lengkap dan jelas banget dibahas oleh kakak-kakak PJ grup OBS yang super baik banget ya Allah, baru di sini ketemu Komunitas menulis yang jor-joran kasih ilmu tanpa tedeng aling-aling alias GRATIS!

  • Menulis dengan Menerapkan SEO on Page

Sebenarnya udah gak asing lagi sih dengan istilah SEO ini, karena kemarin pada masa OPREC, ada Kak Mariningtyas yang udah kasih pemahaman tentang SEO, ditambah lagi ada Kak Nita di grup Bhinneka yang udah jago dan suhu banget di dunia blog, beliau juga pernah menuliskan tentang SEO on Page ini. Nah, tapi gimana penerapannya? Ternyata penerapannya mudah-mudah-susah, Sob. Why? Iya, karena ketika kita menulis apalagi di blog, enggak serta merta nulis-edit lalu posting. Ini kebiasaan aku banget nih dulu, nulis aja gitu semaunya lalu edit dan posting, udah selesai. Tenyata hal semacam itu tidak dibenarkan dalam dunia blog, tetapi juga tidak salah. Karena kunci utama untuk bisa survive di dunia blogging adalah ya kita harus konsisten nulis.

Ada beberapa hal yang kelihatannya sederhana tapi ngaruh banget untuk ngebuat tulisan kita disukai google, yaitu menerapkan per-heading-an sesuai dengan kaidah SEO, mulai dari judul, link, image hingga meta deskripsi harus mempresentasikan keyword yang mau kita bahas. Dan, alhamdulillah sekarang aku pribadi udah mulai menerapkan SEO on Page ini di beberapa artikel terbaru. Hihi …

  • Diajarin Riset Keyword Evergreen dan Keyword Turunan

Dibagian ini, seluruh PJ bener-bener all out banget ajarin serta kasih contoh ke kami para member OBS untuk bisa menentukan keyword evergreen, keyword turunan dan menuangkannya ke dalam artikel. Jujur bangga banget bisa dipertemukan dengan mereka, meski ini grup gratis, tapi seluruh PJ OBS enggak pernah pelit ilmu, yang mana kita tahu sendiri ya kalau kelas yang berkaitan dengan blog ini mahal banget, Sob. Bisa – bisa kisaran harganya ratusan hingga jutaan rupiah tiap kelas, tapi ini Gratis. Wajib ikut OBS sih kalian nih nanti!

  • Mengenal AIDA

Mengenal AIDA, eits … ini bukan nama orang ya. AIDA adalah Attention, Interest, Desire, Action. Jadi, AIDA ini seperti salah satu hal wajib yang harus blogger tuangkan serta praktekkan ke dalam artikelnya, tujuannya sih supaya para pembaca bisa menikmati, tertarik dan akhirnya mengikuti apa yang ingin disampaikan oleh si penulis blog. Misalnya seperti ketika menuliskan tentang review suatu produk kecantikan, maka seorang blogger harus bisa mengajak pembaca untuk tertarik dan akhirnya membeli produk yang sedang di-review, tentunya ini menguntungkan sekali untuk setiap brand yang mengajak blogger yang bersangkutan untuk kerja sama. Dan lagi-lagi, materi daging ini diberikan cuma-cuma hanya di grup OBS

  • Dipaksa Ikut Lomba Blog

Tugas OBS yang ke-7 kali ini adalah tugas yang paling have fun banget menurutku, karena kita dibebaskan untuk mengikuti lomba blog apa aja sesuai kemampuan dan pengalaman kita, apalagi rentang waktunya juga lama banget, ah … jadi suka ikut lomba blog nih.

Menurut aku pribadi, dengan mengikuti lomba blog, kita jadi terbiasa secara mental juga teknis menulis. Jadi learning by doing deh ceritanya, meski hasilnya ya tetap masih sama seperti lomba-lomba blog yang sebelumnya pernah aku ikuti, kalah, wkwkw…

Tapi enggak apa-apa, dari ikut lomba blog ini kita belajar dari artikel-artikel para juara lho. Kita bisa melihat dan mempelajari bagaimana para juara ini memenangkan lomba.

Orang-Orang Di Balik Layar OBS

Dari semua materi yang isinya bukan kaleng-kaleng, Aku yakin banget ada tim yang enggak kalah luar biasa. Tim yang sudah merumuskan semua materi agar mudah untuk kami pahami. Tim yang berisi orang-orang yang sudah berpengalaman banget di dunia blog.

Kak Jihan Mawaddah

Ibunya Isya selalu stunning banget di grup, paling gercep juga balesin dan jawabin pertanyaan-pertanyaan kami yang nol banget di dunia blog. Kak Jihan bukan orang sembarangan ya di dunia blog, puluhan lomba blog yang dimenangkan oleh beliau, bahkan sepertinya setiap ada event lomba blog, pasti yang menang ya Kak Jihan. Mulai dari lomba blog Indihome, Gojek, dan lomba blog lainnya, gak keitung banget prestasinya.

Kak Nimas

Kak Nimas sudah seperti kakak sendiri, Kak Nimas yang ngebantu Aku saat bingung pasang TLD blog sebelum masuk OBS. Mengenal Kak Nimas sebenarnya bukan di OBS aja, sebelumnya Kak Nimas juga sudah jadi PJ di grup kecil Bhinneka saat masa OPREC, jadi udah sering banget BW ke blog-nya beliau. Beliau sendiri adala rule model orangtua yang konsisten banget ngebangun bonding sama anak. Terus ya, Kak Nimas ini jago banget begadang, pagi ke pagi Kak Nimas tahan, gak heran sih ya akhirnya banyak lomba blog yang beliau menangkan juga, seperti baru-baru ini beliau memenangkan lomba blog yang diadakan oleh Polytron, kemarin pernah juga memenangkan lomba blog yang mengangkat tema aqiqah yang diselenggarakan Nurul Hayat.

Kak Karunia Sylviani Sambas

Saat pertama kali tahu kalau Kak Karunia berdomisili di Tanjung Balai, Aku amazed banget sih, dan berdoa saat itu juga, semoga suatu saat Aku bisa kopi darat dengan beliau, pengen belajar banyak dari Kak Karunia.

Selain menjalani aktivitas utama sebagai seorang bidan di kota Tanjung Balai, Kak Karunia juga aktif di dunia kepenulisan, bahkan beberapa minggu lalu, Kak Karunia sempat mengirimkanku hadiah berupa sebuah buku yang Kak Karunia tulis bersama dengan temannya. Sebuah buku Biography tentang kehidupan seorang Didi Kempot, sang Idola semua sobat ambyar.

Kak Jihan Mayzura

Kak Jihan Mayzura adalah salah satu PJ di OBS yang bertugas untuk merekap semua tugas-tugas yang para member kumpulkan. Awalnya aku mengira kalau Kak Jihan Mayzura adalah Kak Jihan Mawaddah juga cuma beda nomor ponsel. Meski keberadaan Kak Jihan Mayzura tidak begiru terlihat, tapi ku yakin Kak Jihan Mayzura pasti pernah lihat pertanyaan dan ocehanku yang absurd di grup OBS. Hihihi 

Kak Setya Romana

Kak Setya memiliki jobdesk yang sama dengan Kak Jihan Mayzura, bertugas untuk mencatat, merangkup setiap tugas yang kami kerjakan. Meski keberadaan Kak Setya juga terbilang minimalis sekali, tapi aku yakin, penentuan siapa aja PJ untuk grup OBS bukan sembarangan, pastinya mereka adalah orang-orang keren dengan karya-karya yang tidak akalah luar biasa.

Kesan dan Pesan Gabung di OBS

Bergabung di grup ODOP Blogger Squad adalah keputusan terbaik di hidupku sepanjang tahun 2022 ini, menjadi sebuah pertemuan di pertengahan tahun yang membawa banyak perubahan dalam duniaku. Bukankah kita harus bersykur ketika hidup kita jauh lebih baik dari hidup sebelumnya? Bukan sibuk membandingkan diri dengan orang lain. Dan semua itu aku pelajari semenjak bergabung dengan Komunitas One Day One Post. Banyak sekali pelajarannya, apalagi masuk grup OBS yang bikin hidupku seperti roller coaster, suka terkejut, kaget dan bingung harus apa ketika mendadak diberi tugas sama kakak-kakak PJ. Apalagi nih ya, pas kemarin sakit hampir dua minggu, di saat itu kebetulan kakak-kakak PJ lagi ngasih tugas untuk pasang GSC di blog pribadi sekaligus tulis tutorialnya di blog. Asli itu mah, chat grup tiba-tiba udah 1000an aja.

Harapannya, grup OBS maju dan jaya terus, tahun depan wajib banget nih member ODOP yang selama ini takut-takut masuk grup OBS, tahun depan wajib masuk grup OBS, meski banyak tugasnya tapi seru taauuu…..!

Apalagi kalau ilmu yang dipelajari bersama kakak-kakak PJ OBS bisa diterapkan dengan baik hingga akhirnya artikel newbie bisa menduduki page one, seneng banget tauuuu…! Bangga gitu, selama ini hanya bisa lihat website-website terkenal aja yang page one google, kali ini website dan artikel sendiri. Sihiyy…

Tahun depan, wajib gabung OBS ya. Awas nyesel lho kalau enggak gabung di grup ODOP Blogger Squad.

Komentar

  1. Alhamdulillah. Semangat belajarnya luar biasa...

    BalasHapus
  2. Saya juga beruntung bisa bertemu dengan Komunitas ODOP dan belajar blog dengan OBS. banyak ilmu yang luar biasa bisa kita dapatkan secara gratis dari para suhu di bidangnya.
    Semoga betah di OBS, ya Kak Siti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaa Allah betah, Mas Yonal. Udah nyaman dengan OBS alhamdulillah

      Hapus
  3. salah satu komunitas blog yang menarik ODOP. Jujur belum berani gabung karena masih belum bisa konsisten setiap hari nulis karena aku pun siangnya udah capek kerja. Masih struggle sama 1 minggu 1 cerita ini aja. tapi sama ODOP bisa sekalian belajar blog lewat OBS nya. semoga bisa segera gabung ke komunitas ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kelas lanjutan seru di ODOP, Kak. Tahun depan gabung ya

      Hapus
  4. Waah kayanya seru yaa join komunitas ODOP ini? Cuma masih agak susah nih atur waktunya kalau harus konsisten, karena punya kerjaan utama hihi but nice sharing kak! Makasih yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak. Struggle banget memang. But so far is fun. Terima kasih sudah berkunjung, Kak

      Hapus
  5. Mau nanya kak, kalau gabung di OBS, harus ikut acara ODOP dulu atau ada pendaftaran khususnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak Annisa. Iya kak bener. OBS ini adalah kelanjutan dari ODOP untuk seluruh anggota baru yang dinyatakan lolos. Tahun depan insyaa Allah ODOP akan kembali membuka recruitment, yuk gabung kak..

      Hapus
  6. banyak manfaatnya ya bergabungdi komunitas blogger, bisa saling berbagi ilmu. By the way gimana caranya bergabung dengan OBS kak?

    BalasHapus
  7. Luar biasa ya bisa belajar bareng orang-orang hebat. Semoga ilmunya bisa di bagikan di blog ini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer