Panik!! Pasang Google Search Console di saat Darurat

September 15, 2022
0 komentar


Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang cara pasang Google Analytics di Blogspot kali ini aku dibuat panik karena harus menyelesaikan tugas ke-2 dalam tugas ODOP BLOGGER SQUAD, memasang Google Search Console (GSC) pada website (blog) yang aku miliki.

Sobat HujanPena kira-kira bakal panik seperti aku juga gak ya? Pasalnya, dalam pengerjaan tugas kali ini, Qadarullah akunya sakit, Sobat. Gimana enggak panik kalau tugas diberikan saat tubuh bener-bener tidak bisa diajak kerjasama lagi, puluhan - ratusan hingga ribuan chat masih enggan untuk kubuka, khawatir kalau badan masih belum benar-benar fit dan harus terkejut dengan banyak obrolan yang masih belum ku “cerna” sempurna.

Tugas dan materi tentang GSC ini sendiri diberikan oleh para coach di Sabtu sore. Mbak Karunia Sambas memberi materi GSC sekaligus link tutorial pemasangan GSC yang dapat kami pedomani. Untungnya link tersebut sempat aku bintangin saat awal-awal mbak Karunia memberikan materi tentang GSC, alhasil aku tidak perlu capek “manjat” sampai pegel untuk menemukan link pemasangannya. Hihi…. (Tetep ada sisi untungnya ya, Sobat)

Di hari Senin sore, kuberanikan diri untuk membuka ribuan chat di grup ODOP BLOGGER SQUAD, menemukan banyak sekali percakapan yang dibumbui kebingungan dari teman-teman lain. Maklum, grup kami nano-nano, ada yang menggunakan Blogspot sebagai penyedia blog-nya, ada juga yang menggunakan Wordpress, dan pastinya perlakuan juga treatment-nya juga berbeda dalam pemasangan Google Analytics maupun Google Search Console.

Ohiya, sebelum akhirnya aku membuka grup ODOP BLOGGER SQUAD, terlebih dahulu sudah kutanyakan deadline pengumpulan tugas pada salah satu anggota grup supaya akunya tidak begitu terburu-buru, ’kan? Apalagi kondisi masih “darurat” seperti ini. Ternyata deadline yang diberikan cukup jauh kok, Sobat. Artinya masih ada kesempatan untuk membaca perlahan. Karena kunci keberhasilan pemasangan GA maupun GSC ini adalah ketenangan, fokus, detail, teliti dan patuhi segala instruksi yang diberikan. Bisa runyam kalau memasang GSC dengan terburu-buru, bisa-bisa jadi panik karena banyak sekali hal kecil yang kelihatannya enggak berdampak apa-apa tetapi enggak boleh diskip.

Apakah itu? Nanti akan aku bahas dibawah, ya …

Yuk sekarang kita kenalan lebih jauh tentang apa itu Google Search Console dan sudahi curhatnya. Ha … ha ….

Mengenal Google Search Console

Google Search Console yang sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools adalah layanan gratis dari Google bagi para pemilik website untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organic Google. Google Search Console memungkinkan kita untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website kita, kinerja website di perangkat mobile, hingga analisis halaman website dengan trafik tertinggi.

Apa Fitur dan Laporan yang ditawarkan oleh GSC?

  • Google Search Console memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs kita.
  • Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baruatau yang diperbarui.
  • Melihat data traffic Google penelusuran untuk situs kita: Seberapa sering situs kita muncul di Google Penelusuran, kueri penelusuran mana yang memunculkan situs kita, seberapa sering penelusur mengklik untuk kueri tersebut, dan banyak lagi.

Manfaat Memasang Google Search Console pada Website

Tentunya, di setiap tindak-tanduk yang kita lakukan akan memberi impact ke kita. Sama dengan memasang Google Search Console, pasti memiliki manfaat yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kesehatan website kita, apalagi jika website yang kita Kelola memang diperuntukkan untuk bisnis, atau menjadi ladang rejeki di mana kita harus berkutat dengan keyword, kueri, dan backlink. Blogger wajib untuk memasang dan mengetahui manfaat Google Search Console ini. Apa saja manfaatnya?

  • Temukan Keyword Populer untuk Bisnis
  • Identifikasi Halaman Paling Populer
  • Mengetahui Dari Mana Datangnya Pengunjung
  • Identifikasi Perangkat Apa yang Digunakan Pengunjung
  • Periksa Kompatibilitas di Perangkat Mobile
  • Cari Tahu Backlink ke Website Anda
  • Periksa Broken Link
  • Identifikasi Masalah Keamanan Website
  • Submit Sitemap

Gimana sobat HujanPena? Sudah semakin paham tentang apa itu Google Search Console beserta manfaatnya? Nah … sekarang kita belajar gimana cara pasang Google Search Console untuk website kita yuk! Meski dengan keadaan “darurat” dan diawali dengan kepanikan karena chat sampai ribuan, semoga tutorial dari aku dapat membantu.

Cara Melakukan Pengaturan Crawler dan Pengindeksan 

  1. Buka www.blogger.com
  2. Pada dasbor blogger, temukan menu setelan atau settings
  3. Scroll dan temukan menu Crawler dan Pengindeksan
  4. Aktifkan robots.txt kustom (geser tombol abu-abu hingga menjadi hijau)
  5. Pada robots.txt kustom ketikkan :

User -agent : *

Disallow: /search

Allow: /

Sitemap: https://www.penacahaya.my.id/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

(Catatan : perlu diperhatikan ya, Sobat. Dalam pengetikan kode-kode diatas harus sama persis dengan saya tulis, ya. Baik itu huruf kapitalnya, spasi setelah tanda garis miring, semuanya harus sama persis. Untuk sitemap, jangan lupa mengganti alamat blog-nya dengan alamat blog milik sobat HujanPena,ya!)

6. Aktifkan tag header robot kustom (geser tombol abu-abu hingga menjadi hijau)

7. Lakukan pengaturan Tag Halaman Beranda, Tag Arsip dan Halaman Penelurusan dan Tag Postingan dan Halaman seperti gambar di bawah ini : 

8. Klik Google Search Console yang terletak tepat di bawah bagian Tag – Tag yang tadi, ya!

Cara Mendaftar Google Search Console (GSC)

  1.  Klik add property
  2. Pada url prefix, enter url blog secara lengkap. Contohnya : https://www.penacahaya.my.id/
  3. Klik lanjutkan (continue) – akan muncul pop up keterangan kepemilikan diverifikasi otomatis. Klik selesai
  4. Scroll dan temukan menu setelan (settings)
  5. Klik verifikasi kepemilikan
  6. Klik Tambahan Tag Meta ke halaman beranda situs
  7. Salin (copy) tag meta
  8. Buka tema pada dasbor blogger
  9. Klik tanda panah ke bawah dan pilih edit HTML
  10. Cari <head>
  11. Letakkan kode tag meta yang telah disalin persis di bawah <head>
  12. Klik save
  13. Klik verifikasi di Google Search Console, jika sudah berhasil, aka nada keterangan berhasil diverifikasi
  14. Buka tab peta situs (sitemaps) pada GSC Sobat
  15. Masukkan sitemap.xml
  16. Masukkan atom.xml (kedua kode sitemap ini diisi pada kolom kosong pada bagian sitemaps atau peta situs di GSC Sobat, masukkan bergantian, ya. Bukan diberi koma atau menulis & diantaranya)

Jika sudah selesai memasukkan semua kode sitemaps, lihat di bagian performa/sekilas, akan muncul keterangan “Memproses Data” dan harap bersabar, silakan Sobat kunjungi kembali akun GSC Sobat keesokan harinya, karena proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 1x24 jam.


Jika sudah 1x24 jam, maka tampilannya akan seperti di bawah ini.


Dan, pemasangan GSC (Google Search Console) Sobat HujanPena telah selesai dan berhasil, yeay!🥳

Namun begitu, perlu pendampingan khusus untuk memasang dan mendaftarkan GSC ini, karena tiap penyedia website berbeda-beda, tentunya tools, maupun kode yang akan dimasukkan juga berbeda. Tutorial kali ini khusus untuk pengguna Blogspot ya, Sobat.

Bagaimana? Mudah, ‘kan? Sampai jumpa di tutorial berikutnya.👋

Komentar

Postingan Populer