6 Tips Wajib Lolos TPS Bahasa Inggris SBMPTN

Oktober 03, 2022
16 komentar

Adakah pembaca setia penacahaya.my.id seorang pelajar yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk UTBK 2023? Khususnya mempersiapkan diri untuk dapat menjawab soal-soal Bahasa Inggris yang didominasi oleh Reading Comprehension? 

TPS Bahasa Inggris


Sebagaimana yang telah diputuskan pada September 2022 lalu oleh Mas Menteri Nadiem Makarim mengenai perubahan sistem penerimaan mahasiswa baik lewat jalur SNMPTN ataupun SBMPTN. 

For your information nih, Sob! Jika di tahun 2022 SBMPTN terdiri atas dua bagian sub-tes yaitu Tes Kemampuan Akademik (TKA)  dan TPS, maka di tahun 2023 hanya ada Tes Potensi Skolastik (TPS) dengan kembali menyatukan Tes Bahasa Inggris. 

Hal ini dibuat agar para siswa kelas 12 lebih dapat mengeksplor kemampuan membaca guna meningkatkan kemampuan literasi dan juga mempermudah para siswa untuk lebih fokus "menalar" isi dari suatu bacaan daripada sibuk menghapal rumus-rumus tanpa memahami problem solving yang diinginkan soal.

Apa saja yang diujiankan pada sub-tes TPS pada SBMPTN 2023? 

Jika sebelumnya, Tes Potensi Skolastik pada tahun 2022 terdiri dari ; Penalaran Kuantitatif, menyajikan soal-soal matematika. Penalaran Umum, menyajikan wacana atau teks dengan pertanyaan terkait seperti mencari ide pokok dan menemukan data serta fakta yang benar dan Pemahaman Bacaan dan Menulis, di bagian ini, soal-soal muncul ialah seputar penggunaan EYD, kata baku dan tidak baku serta hal-hal yang berbau kepenulisan seperti tanda baca dan kata sambung. Sedangkan untuk Tes Bahasa Inggris sendiri sudah dipisahkan dari bagian TPS sejak tahun 2022. 

Dan untuk SBMPTN 2023 mendatang, penamaannya berbeda namun tetap mengusung konsep yang hampir sama dengan tahun sebelumnya, yaitu :

  • Potensi Kognitif
  • Penalaran Matematika
  • Literasi dalam Bahasa Indonesia 
  • Literasi dalam Bahasa Inggris
Kalau dilihat-lihat dan melalui obrolan panjang dengan beberapa siswa KakMin, SBMPTN tahun 2023 akan dapat dilewati dengan mudah karena hanya TPS saja yang diujiankan which is hanya tinggal membaca wacana atau teks saja, 'kan? Tetapi apakah benar seperti itu? Apalagi teks yang diberikan dalam bahasa asing yaitu Bahasa Inggris?  KakMin sudah membahasnya panjang lebar di sini. 

Yang terjadi di lapangan justru kebalikannya loh, Sob! Mengapa? Karena kita harus menyadari bahwa minat membaca remaja kita khususnya seluruh siswa di Indonesia sangatlah rendah. Apalagi model soal yang sering muncul pada soal SBMPTN terbilang High Order Thinking Skill (HOTS) dimana pembaca harus bisa memahami isi bacaan, data yang ditemukan dalam teks dan problem solving yang diminta pada soal. 

Kalau membahas minat membaca yang kurang sepertinya tidak akan ada habisnya padahal pemangku kebijakan sudah mengupayakan yang terbaik dengan mengubah indikator kelulusan dengan menggunakan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) berbasis komputer dengan tes Literasi dan Numerasi. Namun, ya tetap saja mereka para siswa akan selalu mengatakan

"Males banget baca, Kak! Apalagi kalau TPS Bahasa Inggris, enggak tau vocab."
Nah, dilematis kan, Sob? Perguruan Tinggi tersohor di Indonesia pastinya menginginkan calon mahasiswanya memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, entah itu dalam tulisan maupun membaca karena akan banyak sekali materi kuliah, materi seminar, jurnal-jurnal yang tersaji dalam bahasa Inggris. Tentunya mereka tidak mau dong menerima mahasiswa yang sama sekali tidak mengerti bahasa Inggris? Bisa gawat entar. 

Oleh sebab itu perlu adanya peningkatan dalam membahas soal-soal Bahasa Inggris dengan cara berlatih soal. Membahas dan mempelajari soal-soal Bahasa Inggris tidak akan pernah ada habisnya, selalu akan ada yang mencari, untuk itu KakMin akan berbagi tips bagaimana cara menjawab soal-soal TPS Bahasa Inggris untuk Sobat HujanPena yang mungkin saat ini sedang duduk di kelas 12. 

KakMin akan bagi menjadi dua kondisi ya. Yang pertama adalah tips yang bisa kalian coba sebagai latihan dan yang kedua adalah tips mengerjakan soal TPS Bahasa Inggris saat ujian SBMPTN.

4 Tips Latihan Mengerjakan soal TPS Bahasa Inggris 

1. Perbanyak Latihan Soal 

Cara pertama yang KakMin berikan terdengar sangat klise sekali ya, tapi percayalah dengan kita banyak membahas soal TPS Bahasa Inggris, kita akan terbiasa dengan vocabulary asing yang sebelumnya tidak kita ketahui artinya. Dan, pastikan ketika kalian berusaha untuk menterjemahkannya jangan sekali-kali menterjemahkan one by one word yang ada dalam teks karena hasilnya akan rancu banget apalagi jika tidak semua kata kita ketahui artinya, Biasakan untuk mengartikan teks berbahasa Inggris secara menyulurh dan dapatkan point nya. 

Latihan soal yang dapat sobat HujanPena lakukan bisa dimulai dari dengan membeli sebuah buku yang berisi soal-soal TPS Bahasa Inggris atau mengikuti try out berbayar maupun gratis yang bisa kalian dapatkan di website situs belajar atau akun bimbel khusus SBMPTN di media sosial.

2. Kenali Model Soal 

Ada pepatah yang mengatakan, "Tak kenal maka tak sayang." pernah dengar? KakMin sih yes ya, kenapa? Ibarat kita diminta untuk mengerjakan sesuatu, kalau kita tidak tahu apa yang akan kita kerjakan, tidak tahu objeknya apa, apa kita bisa melakukannya? Yang ada kita malah stuck kebingungan. 

Sama, mengerjakan soal TPS Bahasa Inggris harus kita ketahui dulu model soalnya. Model soal yang sering muncul enggak akan jauh berbeda dengan soal reading comprehension pada umumnya kok. Nih, KakMin rangkumin beberapa model soal yang sering muncul ;
  • Main Idea / Topic 
    Tps bahasa inggris

  • Conclusion / Conclude 
  • Motive and Purpose Author
    Tps bahasa inggris

  • Finding Paragraph 
    Tps bahasa inggris

  • Detailed and Undetailed Question
    Tps bahasa inggris

  • Transition Paragraph 
    Tps bahasa inggris

  • Tone / Attitude
  • Synonym / Antonym
Hampir kebanyakan soal reading comprehension yang sudah KakMin bahas pasti menyajikan soal-soal di atas. Setelah kalian sudah mengetahui model soalnya, kalian tinggal cari kata kunci menjawabnya dan asah terus setiap hari.

3. Menggunakan Metode Membaca Skimming 

Sobat HujanPena pernah membaca novel atau artikel di majalah, koran dan website? pasti pernah dong. Membaca novel sangatlah berbeda metodenya dengan membaca soal ujian apalagi soal TPS Bahasa Inggris. Jika membaca novel kita akan memperlambat tempo untuk lebih dapat merasakan isi novel, maka ketika membaca soal ujian jelas temponya harus dipercepat. Kalau dipercepat apakah kita akan dapat memahami isinya? 

Saat KakMin menjelaskan bagaimana mengerjakan soal TPS Bahasa Inggris yang mostly berbentuk teks panjang, maka KakMin akan ajak siswa untuk mulai mencari inti atau pokok pikiran dengan membaca tiap kalimat pertama dalam masing-masing paragraf. Cara seperti disebut membaca cepat (skimming) dengan fokus pada info penting.

Mengapa demikian? Karena di tiap kalimat pertama paragraf terkandung inti yang sedang dibahas dan tentunya masih sangat berkaitan dengan apa yang dibahas di paragraf sebelumnya. Jadi, kita tidak perlu lagi membaca keseluruhan paragraf, akan sangat memakan waktu. 

Ohiya, Sobat HujanPena sudah tahu berapa jumlah soal TPS Bahasa Inggris dan waktunya? Sekilas info nih, soal TPS Bahasa Inggris terdiri atas 20 soal dengan waktu 15 menit. Artinya apa? 1 soal harus dapat dijawab kurang dari semenit. Kalau begitu? apakah worth it kita habiskan waktu untuk membaca keseluruhan teks? 

4. Baca Soal Terlebih Dahulu

Karena soal TPS Bahasa Inggris berbentuk reading comprehension dengan teks panjang yang berisi lebih dari 2 paragraf, maka alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa permintaan soal supaya dapat dengan mudah mencarinya pada teks tanpa harus membaca keseluruhan.

Selain itu, jika kita sudah tahu mau mencari apa di dalam teks, akan lebih mempersingkat waktu dalam pengerjaan soalnya, kita pun jadi lebih fokus. 


2 Tips Ngerjain TPS Bahasa Inggris saat Ujian

Setelah kita berlatih, akan tiba saatnya kita menghadapi ujian yang sebenarnya, betul gak nih, Sob? 
berikut sudah KakMin rangkum tips mengerjakan soal-soal bahasa Inggris saat ujian. 

Saat ujian berlangsung, upayakan sobat HujanPena dalam keadaan fit dan prima, banyak istirahat di malam sebelumnya, jangan begadang, sarapan pagi dan berdoa serta minta restu orang tua itu yang paling utama. Kira-kira apa tipsnya? let's check this out!

1. Manajemen Waktu Pengerjaan 

Seperti yang sudah KakMin sampaikan di awal, bahwa jumlah soal Bahasa Inggris ialah 20 soal dengan waktu 15 menit, disini kalian harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin dengan memilih soal mudah terlebih dahulu, lewatkan saja soal yang dianggap sulit dan tidak kunjung ketemu jawabannya meski sudah dicari dua hingga tiga kali, jangan terpaku pada soal sulit karena bisa jadi ada banyak soal mudah yang bisa kalian jawab.

Untuk UTBK ini sendiri menggunakan sistem blocking time, artinya kalian tidak bisa melanjutkan ke bagian soal berbeda jika belum menyelesaikan soal yang ada di depan mata. Jadi, enggak bisa tuh begitu membuka soal UTBK kalian langsung menuju soal Bahasa Inggris, karena biasanya soal Bahasa Inggris terletak di bagian akhir. 

2. Kerjakan Soal dengan Tenang

Adakah yang dapat menjawab soal dengan tenang jika dalam keadan di bawah tekanan? Jawabannya pasti bisa. Semua bergantung pada latihan yang telah kalian lakukan selama ini.

Ingatlah bahwa semua soal memiliki jawaban, semua masalah pasti ada solusinya, fokuslah mencari jawban dan solusi setidaknya dengan cara ini kalian telah menunjukkan ke perguruan tinggi yang kalian inginkan bahwa kalian tidak asal-asalan menjawab. 

Meski hanya 18 soal atau 17 soal yang dapat kalian jawab, tetapi jika dijawab dengan sungguh-sungguh, peluang untuk menjawab benar soal akan lebih berpeluang tinggi dibanding yang "nembak" jawaban. 

Penutup 

Semoga semua pemaparan dan tips yang KakMin berikan bermanfaat untuk sobat HujanPena semua, ya! Ingat bahwa tidak akan ada usaha yang sia-sia dan mulailah perubahan dari hal yang kecil misalnya dengan rajin membaca soal, dengan rajin mencari arti dari vocabulary asing. Mudah-mudahan akan membantu saat kalian menghadapi ujian yang sebenarnya. 

Sobat HujanPena ada saran kira-kira materi Bahasa Inggris apa yang mau kita bahas selanjutnya? Atau sudah tidak sabar untuk berlatih soal-soal TPS Bahasa Inggris? Coba komen dong di bawah, dan jangan lupa untuk share tips ini ke sobat ambis kamu. 

See ya!

Komentar

  1. Membaca soal sblm membaca memang ngebantu aku banget waktu ngerjain soal reading. Semoga bermanfaat buat yg lain.

    BalasHapus
  2. Kadang juga kalau sudah bingung, pakai teori konspirasi judi A,B,C,D,E 😁😁😁🤭

    BalasHapus
  3. ..banyak sekali materi kuliah, materi seminar, jurnal-jurnal yang tersaji dalam bahasa Inggris <== Betul sekali, kemampuan bahasa Inggris akan sangat membantu dalam belajar baik di perkuliahan maupun di dunia kerja nantinya.

    BalasHapus
  4. Terima kasih tipsnya kak. Semoga tes bahasa inggris seperti ini meningkatkan skill baca juga ya.

    BalasHapus
  5. Banyak latihan soal membantu banget karena jadi terbiasa melihat kesalahan2 kecil dan pertanyaan2 yang tricky.

    BalasHapus
  6. Jadi ingat masa-masa mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk universitas dulu. Latihan dan belajar dari kesalahan adalah koentji.

    BalasHapus
  7. Moga dengan terus berlatih kita bisa memahami bahasa Inggris. Blog yang bagus. Sebenarnya jg banyak sih yang menjelaskan topik sama. Tapi blog ini oke juga.

    BalasHapus
  8. Menurut saya, paling penting adalah latihan. Tanpa latihan yang banyak, walaupun sudah menguasai namun ketika saat mengerjakan terkadang timbul rasa grogi dan sebagainya

    BalasHapus
  9. terima kasih ya tipsnya, bermnafaat banget nih untuk adik-adik yang mau tes penempatan atau tes masuk. menurut saya porsi terbesar di latihan, semakin sering latihan semakin mudah mngerjakan karena sudah mengetahui gambarannya

    BalasHapus
  10. Jadi nostalgia zaman dulu hahaha walaupun ga lolos ptn saat itu, tapi jadi paham sih tips2 seperti ini bermanfaat untuk mereka yang sedang melakukan test

    BalasHapus
  11. Kalo inget jaman sekolah, memahami cerita trus ngejawab soal tentang cerita itu, yg bahasa Indonesia saya susah rasanya, harus bolak balik baca, ngabisin waktu banget. Apalagi kalo bahasa Inggris.. mbelegedessss lah.. mana miskin vocab, gelap lah dunia.. wkwkwkwk...

    BalasHapus
  12. kadang pertanyaan tricky itu yang sering menjebak, tetapi dengan banyak latihan biasanya pola soalnya mulai kelihatan kan. bermanfaat sekali buat adek2 yang lagi ikut test

    BalasHapus
  13. membaca tips seperti ini memang diperlukan sebelum melakukan ujian, makasih ya ka tipsnya bermanfaat. Khususnya ketika sebelum ujian, karena kadang suka blank karena kena mental duluan. Dengan baca yang ginian seenggaknya meminimalisir rasa g tenang atau deg deg an.

    BalasHapus
  14. Cukup lengkap juga tipsnya. Cocok nih buat calon Maba jalur SNMPTN atau SBMPTN 2023. Kalau menurut saya, hal yang lebih penting supaya nntinya terbiasa pas ujian adalah dgn melakukan latihan soal kka admin.

    BalasHapus
  15. Wah bener banget nih tipsnya. Ntar saya kasih ponakan yg mau tes

    BalasHapus
  16. Aku paling suka mengerjakan format soal 'reading' ini. Cuma memang butuh waktu sih. Thanks atas tips'a*

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer