5 Cara Menjadi Voice Over Talent Handal

September 18, 2022
2 komentar

Voice Over
credit : freepik


Menjadi seorang voice over talent handal adalah impian semua orang, tapi apakah sobat HujanPena sudah mengetahui kira-kira cara apa aja yang harus dilakukan? Terlebih jika ini adalah kali pertama sobat HujanPena mengenal dunia voice over talent.

Pernahkah sobat HujanPena berpikir “Siapa orang di balik iklan jajanan ringan yang wara-wiri di televisi? Atau “Siapa ya yang bacain cerita lucu di setiap acara televisi yang menampilkan video-video viral ini?”

Jika pernah, berarti kita sama nih, sobat. Dulu, aku selalu bertanya-tanya, “Siapa ya pengisi iklan jajanan yang sering aku jumpai di minimarket ini?” dan sekarang aku baru tahu jika profesi membacakan narasi untuk kepentingan komersil seperti iklan dan naskah lainnya disebut voice over.

Profesi voive over talent adalah profesi yang sedang naik daun loh, sobat HujanPena. Pasalnya, profesi ini bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun, kita sering menyebutnya freelancer voice over.

Apalagi saat pandemi kemarin, semua orang diwajibkan untuk tetap stay di rumah, mau tidak mau, semua pekerjaan harus bisa dilakukan di rumah, bahkan banyak sekali pilihan pekerjaan yang bisa dikerjain dari rumah dan penghasilannya enggak main-main lho, sobat.

Saat ini, tidak lagi susah untuk menjadi seorang voice over talent meski hanya dari rumah, sudah banyak toko online yang menyediakan perlengkapan rekaman khusus untuk voice over.

Kalau sobat HujanPena perhatiin, ada berapa banyak iklan yang dapat kita dengar setiap hari?

Mulai dari iklan yang tayang di televisi, iklan yang muncul saat nonton streaming, bahkan iklan yang muncul saat kita sedang asik bermain game online. Banyak banget, ‘kan?

Cakupan dan pembahasannya bakalan luas banget sih kalau kita ngebahas voice talent, karena pada dasarnya, profesi voice talent ini sendiri banyak, sobat. Seorang penyiar radio, dubber, news anchor, dan penyanyi pun disebut juga sebagai voice talent.
profesi voice over talent
credit : freepik


Apalagi nih ya, sekarang sudah ada banyak sekali aplikasi audiobook yang memudahkan kita untuk mendengarkan isi buku tanpa membacanya. Hal ini jelas menjadi kabar baik bagi seorang voice over talent dan kita juga tentunya ya sobat. Apalagi yang baru mau terjun ke dunia voice over, wajib banget baca artikel ini sampai habis.

Voice Over Talent itu apa sih?


Masihkah ada diantara sobat HujanPena yang masih belum tau ap aitu voice over? Voice over talent adalah orang-orang yang mengisi suara untuk live event, TV program dan iklan komersil.

Jadi, bisa dikatakan bahwa seorang voice over talent ini harus mampu menyampaikan tujuan juga pesan yang mampu memberikan stimulasi engagement yang cukup meningkatkan brand awarrness kepada target audiens.

Itu lah mengapa selain memiliki suara yang unik, seorang voice over talent juga wajib memahami cara baca, intonasi, irama dan teknik olah vocal agar pesan yang ingin di sampaikan bisa sampai kepada pembaca.


Peluang Karir Menjadi Seorang Voice Over Talent


Jika dilihat dari perkembangannya, industry voice over talent semakin berkembang pesat, terlihat dari banyaknya voice over challenge yang bis akita jumpai di media sosial, juga dari banyaknya rekrutment atau agency yang menerima sample suara untuk dijadikan bank suara karena mengingat industry voice over ini semakin diminati.

Aplikasi – aplikasi terbaru berlomba untuk menyuguhkan sesuatu yang baru dan berbeda, pastinya ini akan menunjang permintaan suara dari berbagai voice talent di Indonesia khusunya.

Jika ditanya bagaimana karir menjadi seorang voice over talent, nampaknya kitab isa mengacu pada beberapa nama voice talent yang namanya sudah tidak usah diragukan lagi di kancah dunia voice talent, seperti Bimoky, Tissa Julianti, Ian Saybani, Nadia Lestari yang mungkin sobat HujanPena enggak asing mendengar suara mereka di berbagai iklan komersil, juga pengisi suara untuk kartun – kartun nasional.

Dan satu hal terupdate yang harus sobat HujanPena ketahui, bahwa beberapa bulan lalu, Kementrian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Republik Indonesia membentuk tim khusus untuk memberi pelatihan menjadi voice over talent dan dubber. See? Terbukti ya sobat, bahwa dunia voive over talent ini tidak main-main dalam pengembangan karirnya. Wajib masuk dalam salah satu skill tambahan nih!

Gimana – gimana? Semakin tertarik dengan dunia voice over talent? Kita simak aja yuk tips dan cara agar menjadi voice over talent handal ala PenaCahaya, cekidot!

1. Gabung Komunitas Voice Over

Untuk sobat HujanPena yang masih meraba di mana dapetin informasi seputar dunia voice over, enggak ada salahnya untuk gabung di salah satu komunitasnya. Selain menambah wawasan akan ilmu voice over, sobat HujanPena bisa sekalian menambah relasi juga untuk saling bertukar informasi terkait dunia voice over talent, mulai dari membahas alat yang dipakai, teknik merekam agar mendapatkan hasil suara yang deep, bass atau cheerful, juga sobat HujanPena bisa saling bertukar informasi portofolio sobat, kali aja ada yang lagi membutuhkan warna suara yang sobat miliki. Kan asyik. Beberapa komunitas yang KakMin PenaCahaya ikuti boleh juga masuk dalam list kamu, sobat. KakMin ikut komunitas KVDAI, Voice Institute Indonesia, DubberandWritter, Demi Menjadi Voice Talent, dan Voice Indonesia

2. Rajin Berlatih

Setelah bergabung di komunitasnya, alangkah lebih baik jika dibarengi dengan berlatih. Sobat HujanPena bisa berlatih voice over lewat beberapa cara, bisa dengan membaca cepat sebuah teks, atau berlatih secara mandiri lewat youtube, atau juga bisa berlatih dengan mengikuti komunitas voice over yang aktif mengadakan latihan di setiap harinya. Ada juga kok komunitas yang aktif mengadakan latihan. Seperti latihan membaca teks berita, latihan membaca iklan adlips, ada juga latihan dengan membaca naskah drama maupun dongeng. Dengan rajin berlatih, maka pita suara sobat HujanPena akan terbiasa, dengan berlatih juga sobat HujanPena jadi tau menempatkan tiap jeda sesuai konteksnya. Untuk suara? Jangan khawatir, Sob! Karena setiap suara itu unik, dan setaip suara ada pasarnya kok.

3. Asah Skill dengan Mengikuti Challenge Voice Over

Tahapan ini enggak kalah pentingnya loh, sobat. masa iya kalian sudah rajin berlatih voice over dengan beragam karakteristik suara tapi tidak pernah ditampilkan ke media? Salah satu cara memperkenalkan diri (branding diri) sebagai voice over talent ialah dengan rajin mengikuti challengenya. Dengan demikian, sobat HujanPena akan dikenal banyak orang dengan ke-khas-an suara yang sobat miliki, bisa menambah portofolio sobat HujanPena tentunya. Untuk mempermudah sobat HujanPena yang mau tau perkembangan dan info challenge voice over, sobat HujanPena bisa mengikuti tagar #VoiceOverChallenge di akun media sosial Instagram kalian masing-masing ya sobat, karena KakMin PenaCahaya juga dapetin info challenge di sana.


4. Ikut Kelas Voice Over Berbayar maupun Gratis

Rata-rata untuk komunitas voice over talent itu gratis sobat. namun, tidak bis akita pungkiri, kita membutuhkan kelas yang berbayar juga, kan? Karena kelas berbayar pasti memiliki keunggulan tersendiri, apakah lebih eksklusif atau lebih intens melatih voice over kita. Semua kelas baik berbayar maupun gratis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan tidak ada salahnya jika kita memang senang dengan dunia itu, tidak ada salahnya kita gelontorkan uang lebih agar hasil yang didapat juga maksimal. Toh, dengan kita mumpuni di dunia voice over talent, insyaa Allah akan berdatangan juga job-job dengan nilai rupiah yang lumayan, kan?


5. Beranikan Diri Kirim Sample Suaramu

Sobat HujanPena pernah melihat salah satu aplikasi yang sedang mencari pengisi suara untuk salah satu segmen acaranya? Jika pernah, apakah mereka meminta kalian untuk mengirim sample suara kalian? Jika iya, jangan ragu dan malu-malu, sobat. Karena ini lah saatnya untuk mengaplikasikan semua ilmu yang sudah didapat lewat komunitas, kelas berbayar maupun gratis dan skill yang terus diasah agar lebih luas lagi dikenal banyak orang dan dapat mengumpulkan pundi-pundi rupiah, kan? Maka dari itu, jangan pernah malu tunjukkan keahlian yang kalian miliki. Keahlian apapun, sekecil dan sedasar apapun jika kalian melakukannya akan menjadi sebuah keahlian yang akan menghasilkan. Apa lagi yang lebih enak dari hobi yang dibayar? Tidak ada. Hahaha …

Sobat HujanPena tertarik menjadi seorang voice over talent handal? Boleh dicoba tips-tips diatas ya, sobat. Jangan pernah malu untuk menampilkan bakat dan kemampuan sobat HujanPena selagi itu positif dan membawa manfaat. Kalau aku pribadi, apapun yang berkaitan dengan pengembangan diri dan juga skill akan aku lakuin, apalagi ngembangun skill menjadi seorang voice over talent, mau banget dong!

Semoga cara dan tipsnya bermanfaat, ya






Komentar

  1. Kak Siti, terima kasih tipsnya kak. Aku minat sama dunia VO nih, cuma sampai sekarang belum berani mencobanya. Banyakin artikel lain tentang VO ya kak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer