Kong-Mah : Rekreasi Murah Ramah Anak di Tebing Tinggi

Desember 30, 2022
1 komentar

 

rekreasi-murah-di-tebing-tinggi

Libur akhir tahun sudah di depan mata, warga Tebing Tinggi pasti mencari tempat rekreasi murah plus ramah anak, ditambah memang libur akhir tahun selalu dibarengi dengan libur semester sekolah. Artinya, semua tempat rekreasi dipastikan akan sangat ramai pengunjung.

Tebing Tinggi adalah salah kota di provinsi Sumatera Utara. Kota Tebing Tinggi berada di tengah-tengah kabupaten Serdang Bedagai dengan luas wilayah 38,44 km² dan pada tahun 2020 memiliki penduduk sebanyak 172.838 jiwa, dengan kepadatan 4,496 jiwa/km²

Untuk objek wisata sendiri, Tebing Tinggi tidak memiliki objek wisata alami yang bisa dikunjungi oleh masyarakat seperti pantai, air terjun, gunung dan lain-lain. Oleh karena itu, ramai sekali objek wisata buatan yang sengaja didirikan untuk memenuhi hasrat berlibur dan berekreasi warga kota Tebing Tinggi, salah satunya adalah Kong-Mah.

Taman rekreasi dan kolam renang Kong-Mah berlokasi di komplek Perumahan Bajenis Indah, tepatnya Jalan AMD/Kutilang, Kecamatan Bajenis, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

Sejarah Kong-Mah

Menurut sejarah, kolam renang Kong Mah adalah hasil dari inisiasi sebuah keluarga, Martin Purba, di perumahan tersebut yang memang memiliki lahan cukup luas di belakang area rumahnya. Kong mah sendiri diambil dari bahasa China yaitu Akong dan Amah yang artinya kakek- nenek. Di usia Martin yang sudah menginjak 81 tahun kala itu, pastilah ia merindukan anak serta cucu-cucunya yang kini berada di Kanada, Belanda dan Jakarta. Martin ingin kelak cucu-cucunya mengingat tanah kelahiran orangtua mereka, tempat asal usul mereka berada.

Dengan alasan itulah akhirnya tercipta keinginan untuk membuat sebuah tempat rekreasi di dalam sebuah perumahan dengan luas lahan 1 hektar. Dan tepat pada tanggal 16 Mei 2019 Kong-Mah berdiri.

Dengan area yang cukup luas, pemiliki Kong Mah berhasil menyulap taman rekreasi sekaligus kolam renang ini menjadi salah satu tempat rekreasi murah meriah yang wajib dikunjungi warga Tebing Tinggi atau siapa saja yang mungkin sadang ingin berlibur dan mengunjungi Tebing Tinggi guna mengisi waktu liburannya.

Konsep yang Diusung Kong-Mah sebagai Taman Rekreasi Murah Meriah

Untuk konsep kolam renang Kong-Mah terbilang unik, karena dari awal berdiri, pendiri Kong-Mah teguh ingin menyajikan tempat rekreasi yang ramah anak, bersih, asri dan membuat setiap pengunjung betah, sehingga ada banyak sekali spot foto yang disediakan, mulai dari lukisan Danau Toba, patung upin dan ipin, lukisan hamparan bunga lengkap dengan ornamen bunga plastik yang semakin menambah kesan indah jika kita berfoto di sana.

Dan kalau saya tidak salah ingat, di awal Kong-Mah berdiri, pemilik Kong Mah sempat menyajikan beberapa pohon markisa yang bisa dibeli buahnya, menarik sekali kan?

rekreasi-murah-di-tebing-tinggi
kebun-markisa-sebagai-lahan-hijau/sumber: google stock

Tiga tahun berlalu, nampaknya Kong-Mah tetap berbenah untuk menghadirkan tempat rekreasi murah sekaligus menyenangkan untuk warga kota Tebing Tinggi khususnya. Terbukti dengan semakin banyak spot foto menarik juga tempat berteduh yang asri untuk keluarga. Jadi, ketika anak-anak sedang berenang bersama kakak dan adik-adiknya, Ayah Bunda juga bisa menikmati santai sejenak ditemani dengan semilir angin sejuk karena banyaknya pepohonan rindang di sana sini.

Harga Tiket dan Biaya Parkir

Dengan harga tiket yang terbilang murah, dibandrol dengan harga Rp. 12.000/ orang untuk hari Senin – Jumat dan Rp. 15.000/orang untuk hari Sabtu – Minggu dan hari libur nasional, Kong-Mah selalu ramai pengunjung.

Untuk biaya parkir sepeda motor, Kong-Mah memasang tarif Rp. 3000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat.

Dengan harga segitu, tidak heran jika tamn rekreasi dan kolam renang Kong-Mah selalu menjadi pilihan warga kota Tebing Tinggi untuk mengisi hari libur.

Alasan Mengapa Kong-Mah tetap Menjadi Pilihan

Ada banyak alasan yang dapat menjadi pertimbangan mengapa sebuah taman rekreasi masih eksis dan tetap dikunjungi oleh orang, salah satunya adalah kebersihan. Untuk kebersihan Kong-Mah terbilang sangat bagus, banyak tempat sampah disediakan untuk pengunjung yang membawa makanan agar dapat dengan mudah membuang sampah.

Kamar bilas atau toilet yang disediakan juga bersih. Meski digunakan oleh banyak orang, bahkan silih berganti para pengunjung menggunakan kamar bilas dan toilet, tetapi tidak sedikitpun terlihat bahwa kamar mandi dan toiletnya kotor, tidak seperti kebanyakan kolam renang yang pernah saya datangi.

Selain itu, banyak arena bermain anak seperti yang sering dijumpai di taman bermain anak di tengah kota juga tersedia di Kong-Mah membuat para pengunjung yang didominasi oleh keluarga merasa nyaman berlama-lama di dalam taman rekreasi Kong-Mah. Anak-anak bisa bebas mencoba wahana bermain yang tersedia, namun tetap harus dalam pantauan orangtua ya.

rekreasi-murah-kong-mah

Banyaknya lahan hijau yang diciptakan oleh pemilik Kong-Mah menambah nilai plus tersendiri, pasalnya kebanyakan kolam renang yang biasanya dijadikan tempat rekreasi jarang ada yang memperhatikan lahan hijau.

Lahan hijau hanya dijadikan pajangan, tanpa perawatan yang memadai hingga akhirnya terbengkalai begitu saja. lain halnya dengan Kong-Mah, pemilik sangat memperhatikan taman hijau yang nyaman bagi pengunjung. Terakhir kali saya mengunjungi Kong-Mah, 28 Desember 2022 lalu, saya melihat ada proyek pembuatan taman lagi yang tak kalah manarik mata saya. Sangat cocok sekali untuk dikunjungi para orangtua yang tidak hanya ingin memberikan kepuasan bermain air di kolam renang tetapi juga bisa memberi edukasi terhadap anak karena ada banyak tanaman hijau yang bisa dikenalkan kepada anak.

rekreasi-murah-tebing-tinggi
serunya-bermain-di-kolam-renang-kong-mah/sumber: facebook tebingtinggiku

Dan satu lagi yang tidak kalah penting, karena kolam renang Kong-Mah diperuntukkan untuk anak-anak, mereka juga menyediakan kolam renang dengan dua tipe, tipe dewasa dengan kedalaman 130-140 cm dan untuk anak-anak disediakan kolam renang dengan kedalaman 50-60cm. di area kolam khusus anak-anak juga disediakan beberapa wahana air yang sering kita jumpai, semakin menambah keseruan anak saat berenang bersama teman dan saudara, ‘kan?

Kesimpulan

Sudah seharusnya banyak pemerhati anak mulai mengangkat taman rekreasi yang ramah anak apalagi di tengah gempuran maraknya pembangunan kota yang kian hari kian mengikis lahan yang seharusnya menjadi tempat anak-anak bermain.

Dan sudah sepantutnya pula kita ikut meramaikan tempat rekreasi berkualitas ramah anak seperti Kong-Mah agar anak-anak juga memiliki kenangan indah masa kecilnya akan hadirnya tempat rekreasi penuh edukasi dan pastinya menyenangkan hati. Tidak salah pilihan kita sebagai orangtua khususnya warga kota Tebing Tinggi untuk mengajak anak-anak kita bermain di Taman Rekreasi dan Kolam Renang Kong-Mah, tempat rekreasi murah Tebing Tinggi.

Yuk! ajak keluarga untuk mengunjungi taman rekreasi Kong-Mah yang ada di Tebing Tinggi!

Komentar

  1. Sempet singgah ke Sumatera Utara, sayangnya saya belum tahu tentang tempat ini. Mungkin lain waktu bisa mampir kesana, kayanya tempatnya adem.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer