Ciptakan Keharmonisan Keluarga Melalui Kegiatan #SuamiIstriMasak Bersama Kecap ABC

Desember 07, 2022
13 komentar
kegiatan-suami-istri-masak bersama ABC

Semenjak menikah 4 tahun lalu, kegiatan masak bersama di dapur adalah bagian dari kesepakatan kami sebelum menikah. Saya dan suami sepakat untuk melakukan beberapa kegiatan bersama, seperti mengerjakan pekerjaan rumah bersama, makan sepiring berdua dan masak bersama di dapur.

Kegiatan-kegiatan tersebut sebenarnya adalah saran dari seorang sahabat, beliau mengatakan bahwa kehidupan berumah tangga akan menemukan titik jenuhnya suatu hari. Maka perlu beberapa kegiatan yang membangun keintiman suami istri, salah satunya ialah suami istri masak bersama.

Awalnya sempat khawatir untuk menjalani my dream marriage dengan tidak membeda-bedakan gender “Apa suami bisa menerima dan menjalankan bersama ya?” atau “Apa yang kira-kira tanggapan orangtua suami kalau anaknya akan aku minta untuk mengerjakan pekerjaan rumah bersama?”


Paham Patriarki Masih Mendominasi di Kalangan Masyarakat

Alasan paling mendasar kekhawatiran karena di keluarga suami, semua pekerjaan rumah tangga dilakukan oleh Ibu mertua (perempuan) sedang kaum lelaki jarang menyentuh pekerjaan yang katanya adalah pekerjaan perempuan saja. Dan hal seperti itu dikata lumrah di kalangan masyarakat kita yang menganut sistem patriarki.

Patriarki sendiri adalah sebuah sistem sosial yang menempatkan laki-laki sebagai sosok otoritas utama yang sentral dalam organisasi sosial. Posisi laki-laki lebih tinggi dari pada perempuan dalam segala aspek kehidupan sosial, budaya, ekonomi juga dalam tatanan rumah tangga menyebabkan laki-laki merasa harus selalu diutamakan, dilayani dan tak bisa dibantah.

Meskipun telah digaungkan oleh Kartini dan diikuti gerakan-gerakan wanita modern, nyatanya hingga detik ini praktik budaya patriarki masih ada dan berkembang di tatanan masyarakat Indonesia. Hal tersebut tampak dari hubungan laki-laki dan perempuan yang masih terlihat timpang, dimana kaum perempuan masih diposisikan sebagai bagian dari laki-laki, dimarginalkan, hingga didiskriminasi. Hal ini menyebabkan terbelenggunya kebebasan perempuan dan mengganggu hak-hak perempuan.

Hasil studi WVS Indonesia 2018 seolah ikut menunjukkan bahwa secara umum, masyarakat Indonesia memang memiliki kecenderungan patriarki, walaupun tidak sepenuhnya menganggap bahwa laki-laki selalu “lebih berkuasa” dibanding perempuan dalam segala aspek.

Alhamdulillah dipertemukan dengan suami yang paham betul apa saja tugas suami dan istri dalam pandangan agama bukan sekadar tatanan sosial saja. Sejauh ini kegiatan suami istri masak bersama bukanlah hal tabu bagi keluarga kecil kami, bahkan tidak jarang suami menemani saya berbelanja ke pasar setiap minggu, membantu melakukan food preparation bersama, bergantian mencuci pakaian atau membersihkan rumah.

Islam Mengajarkan, Nabi Muhammad Sallahu’alaihi Wassalam Mencontohkan

Dalam Islam, saling bahu-membahu mengerjakan pekerjaan rumah tangga antara suami dan istri bukanlah hal aneh. Nabi Muhammad sallahu’alaihi wassalam telah mencotohkannya. Nabi Muhammad senantiasa membantu pekerjaan istrinya Aisyah Rahdiallahu’anhu

Aisyah radhiallahu ‘anha berkata,


كَانَ فِي مِهْنَةِ أَهْلِهِ فَإِذَا حَضَرَتِ الصَّلاَةُ قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam kesibukan membantu istrinya, dan jika tiba waktu sholat maka beliaupun pergi shalat” (HR Bukhari).


Dalam Islam, kesetaraan gender berjalan sesuai dengan porsinya masing-masing, artinya Islam sendiri tidak melarang perempuan maupun laki-laki mengambil peran dalam kehidupan beragama. Apalagi dalam berumah tangga, Islam tidak mengajarkan bahwa suami atau lelaki harus selalu diperlakukan bak raja, dan istri senantiasa harus melayani suami. Islam justru mengajarkan untuk saling membantu dalam setiap urusan, terlebih pekerjaan rumah tangga.

Oleh karena itu, Allah sangat menganjurkan para suami mampu bersikap baik kepada istri-istrinya, memperlakukan istri dengan perlakuan yang baik. Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala


وعَاشِرُوْهُنَّ بِالمَعْرُوْف

“Dan pergaulilah mereka (istri-istri kalian) dengan cara yang ma’ruf” (QS An Nisaa’:19)

Dan firman Allah Ta’ala,

وَلَهٌنَّ مِثْلُ الَّذِيْ عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوْف

“Dan hak mereka semisal kewajiban mereka dengan cara yang ma’ruf” (QS Al Baqarah: 228)

Berbuat baik kepada istri adalah bentuk dari akhlah yang baik, salah satu wujud berbuat baik kepada istri adalah membantunya menyelesaikan pekerjaan di rumah seperti masak bersama istri di rumah, Nabi Muhammad juga melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci baju, pergi berbelanja dan memperbaiki sendal sendiri. Semoga para Ayah dan suami-suami di Indonesia bisa belajar lebih banyak dari keteladanan Rasullullah ya..

Ciptakan Peluang Kuliner Wujud Nyata Manfaat Kolaborasi #SuamiIstriMasak bersama Kecap ABC

Awal pandemi di akhir tahun 2019, saya dan suami bener-bener banyak banget waktu luangnya, segala macam kita kerjain, mulai dari menanam bunga bersama, decluttering bersama, bahkan sampai nyobain berbagai resep masakan bersama.

Ketika salah satu masakan yang saya buat rasanya oke, mulai lah memberanikan diri untuk dibagiin ke tetangga-tetangga, enggak disangka ternyata responya baik, tetangga malah ada yang request minta dimasakin lagi. Berawal dari iseng masak mie gomak asli Sumatera dengan salah satu bahan bakunya kecap manis, tentu dong bahan yang digunakan juga harus premium agar rasa tidak berubah. Alhamdulillah, setiap minggu open order ada aja yang pesan.

Enggak salah memang memilih kecap ABC dengan kedelai, gandum dan gula merah pilihan menjadikan masakanku lebih kaya rasa.

Jangan ditanya soal keharmonisan, momen intim berdua saat masak bersama menjadi alternatif bagi kami untuk tetap ‘waras’ pada masa itu. Meski tidak bisa menghabiskan waktu untuk liburan ke luar rumah, momen bersama suami jadi hal memorable buat saya.

Hadiahkan Nasi Goreng Ulang Tahun di Hari Spesial Suami

Suami enggak akan nolak kalau dimasakin nasi goreng, apalagi nasi goreng ulang tahun. Kami menamainya nasi goreng ulang tahun karena warna dan rasanya persis seperti nasi goreng yang biasa disajikan saat momen ulang tahun anak-anak.

kegiatan-suami-istri-masak bersama ABC
Dari semua resep nasi goreng yang pernah kami masak bersama, suami paling suka nasi goreng ulang tahun, mungkin karena bahan bakunya adalah kecap manis ABC ya, jadi rasa manis yang dihasilkan juga pas banget, enggak begitu manis dan mengubah rasa masakan.

Bahkan pernah nih, saat saya sakit, suami enggak ragu untuk masakin saya nasi goreng ulang tahun dengan kecap ABC, karena dijamin rasanya pas banget.

Spesialnya lagi, tepat tanggal 5 Desember kemarin suami berulang tahun yang ke-32, langsung eksekusi bareng nasi goreng ulang tahun sesuai rikuesannya. Ditambahin kecap manis ABC nasi goreng untuk hari special suami bertambah special deh.

Yuk! Intip Rangkaian Kegiatan #SuamiIstriMasak bersama Kecap ABC

Kecap ABC berkomitmen mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kesadaran kesetaraan gender dengan kampanye #SuamiIstriMasak yang diinisiasi pada tahun 2018. Kecap ABC ingin mengedukasi seluruh laki-laki dan para suami di Indonesia agar mau membantu istri di dapur dengan masak bersama.

Berbagai kegiatan dilakukan Sejak 2018, Kecap ABC telah meluncurkan berbagai program untuk mendukung laki-laki bisa membantu perempuan dalam keluarga, seperti menyediakan wadah online untuk mendukung suami masak, menggelar program Koki Muda Sejati sampai bekerjasama dengan platform belajar online untuk mengajarkan kesetaraan gender kepada generasi muda.

Usaha Kecap ABC mengedukasi seluruh lapisan masyarakat ternyata juga saya rasakan waktu itu. Tepatnya di tahun 2018 untuk pertama kali saya melihat cuplikan iklan komersial Kecap ABC yang ditayangan di salah satu stasiun televisi swasta. Satu dialog yang paling berkesan dan sampai sekarang saya sounding terus ke suami adalah salah satu dialog seorang suami kepada istrinya dalam iklan tersebut.

kegiatan-suami-istri-masak-bersama ABC
sumber : dokumen-kecap-ABC

“Maaf ya enggak pernah bantu, harusnya kalau kamu bisa kerja aku juga harus bisa masak.”

Makjleb banget kan ya? Dan sampai saat ini, kalimat di atas masih relate banget, mengingat saat ini perempuan yang telah menikah dan memiliki anak tetap harus bekerja di luar, dan sudah seyogyanya para suami bisa meluangkan waktu dengan istri dengan kegiatan #SuamiIstriMasak di rumah.

Kegiatan terus berlanjut, di tahun 2019 Kecap ABC menginisiasi Kampanye selama Hari Kesetaraan Perempuan. Nampaknya Kecap ABC tidak setengah-setengah dalam mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kesetaraan gender lewat kampanye #SuamiIstriMasak.

Di era yang semakin digital, di tahun 2020, lagi-lagi Kecap ABC menunjukkan komitmennya dengan berkolaborasi dengan platform yang melibatkan anak-anak dalam Kampanye Hari Kesetaraan Perempuan. Sedini mungkin Kecap ABC ingin anak-anak paham bahwa saat ini, tugas masak di rumah bukan merupakan tugas utama ibu saja, namun ada peran ayah dan anggota keluarga lain di dalamnya.

Keseriusan Kecap ABC menyuarakan kampanye kesetaraan gender lewat #SuamiIstriMasak semakin terlihat di tahun 2021 saat berkolaborasi dengan Titi Kamal dan Christian Sugiono. Siapa yang tidak kenal dengan pasangan sejoli yang satu ini? Istrinya cantik, suaminya ganteng, apalagi para ibu-ibu yang ngikutin banget kisah cinta mereka pasti tahu kisah cinta mereka berdua. Enggak heran sih banyak netizen yang mendeklarasikan mereka berdua sebagai couple goals. Peluang inilah yang diambil Kecap ABC untuk menanamkan kolaborasi antara suami dan istri di dapur.

Christian Sugiono pernah mengatakan "Saya suka melihat Titi sibuk di dapur dan terkadang terlihat lelah. Jadi saya suka ikut membantu Titi di dapur misalnya pada saat menyiapkan makanan untuk keluarga pada waktu weekend,”

Jika selama ini kita berpikir kalau para suami ikut membantu memasak di dapur akan semakin menyulitkan kita, lain halnya dengan pendapat Titi. Titi mengungkapkan,“Kalau saya lagi masak, Tian sering sekali membantu. Saya sama sekali tidak merasa terganggu tiap Tian ikut nimbrung di dapur, justru terbantu dengan hal-hal kecil yang dilakuin Tian selama saya masak. Biasanya kalau lagi masak menu favorit dia, tongseng kambing, Tian juga ikut terlibat proses memasaknya. Contohnya nih takaran kecap harus sesuai sama seleranya, jadi Tian sendiri yang menuang dan mencoba sendiri sudah pas atau belum rasanya.”

Sehubungan dengan itu, ada hal yang menarik, sepertinya statement yang mengatakan bahwa memasak bersama suami akan lebih ribet nyatanya salah. Dalam video berdurasi 2 menit 50 detik ini ditayangkan betapa serunya kegiatan #SuamiIstriMasak bersama di dapur. 


Meski awalnya canggung karena bukan hal yang biasa, para istri dalam video akhirnya membuktikan sendiri keseruan kegiatan #SuamiIstriMasak. Momen awkward berubah menjadi momen manis tak terlupakan dan pastinya momen seperti ini haruslah terus tumbuh di setiap keluarga Indonesia, karena anak-anak juga perlu melihat keharmonisan ayah-ibunya demi terciptanya gambaran keluarga bahagia. Saya belajar banyak dari video ini, seru juga jika ditonton dengan suami di rumah, pastinya bakalan makin sering nih kegiatan #SuamiIstriMasak dilakukan di rumah.

sumber : dokumen-kecap-ABC

Yuk Bu, saksikan bareng-bareng videonya dan jangan lupa, ajak suami untuk melakukan kegiatan #SuamiIstriMasak pakai Kecap ABC, Kecap manis pilihan keluarga Indonesia.


Sumber :

https://muslim.or.id/39376-sunnah-membantu-istri-di-rumah.html
https://pressrelease.kontan.co.id/news/kecap-abc-dukung-kolaborasi-suami-istri-di-dapur-lewat-kampanye-suamiistrimasak
https://www.its.ac.id/news/2020/04/22/belenggu-budaya-patriarki-terhadap-kesetaraan-gender-di-indonesia/

Komentar

  1. Pernah masak apa aja mbak bareng suami? ribet nggak sih, kalau aku palingan minta tolong nguleg atau goreng-goreng gitu.

    BalasHapus
  2. Memang seru lho masak bareng suami itu apalagi kalau dia nya yang lebih menguasai resepnya hehe...kita liatin dan bantuin yang mudah-mudahnya saja...suami saya suka masak kalau lagi senggang

    BalasHapus
  3. Kecap ABC memang paling perhatian sama keluarga ya gak salah deh pakai ini buat masakan di rumah

    BalasHapus
  4. Kalo baca tulisannya sie seru banget ya masak bareng suami. Seumur-umur belum pernah. Hohohooo... Mari kita coba ..

    BalasHapus
  5. Pembahasannya menarik banget, isu patriarki sampai ke pandangan islam dalam memaknai isu patriarki tersebut. Dan nyambung juga dengan kegiatan pasutri masak bareng.

    Alhamdulillah ya kak dapet suami yang sefrekuensi dan open minded. BTW MAU NASGORNYAAA.

    BalasHapus
  6. Serunya tuh kalau suami masak
    dan masukin bumbu semau dia, tp kok tetep aja hasilnya enak... 😂😂 btw, decluttering bareng suami kayaknya jg seru ya, mba. Boleh dicoba ah pankapan. 😁

    BalasHapus
  7. Wah, jadi ngiler lihat nasi gorengnya.

    Di luar itu, aku sepakat, sih, patriarki emang masih kental banget di Indonesia

    BalasHapus
  8. Salut dengan kecap ABC yang mengkampanyekan suami istri masak bersama, semoga menjadi motivasi setiap keluarga untuk membuat quality time di dapur dengan masak bersama

    BalasHapus
  9. Kapan hari suami ikut bantu in masak dan itu emejing banget. Emang sebagai itu ya istri kalau suami ya bantuiin masak.

    BalasHapus
  10. Kalau aku suka nyicipi pas istri lagi masak. Tepatnya ngrecokin. Wkwk.

    BalasHapus
  11. Sungguh indah dicontohkan oleh Rasulullah. Saatnya para suami peduli dan memberikan perhatian lebih kepada istri, termasuk dengan urusan dapur

    BalasHapus
  12. masak di dapur salah satu we time kami berdua, seru aja, bisa ngobrol bareng, jadinya enak kalau suami bisa masak di dapur, kadang dia masak sendiri, jadi terbantu deh

    BalasHapus
  13. seru ya bisa masak berdua sama suami, aku juga suka iseng nyobain resep masakan baru bareng suami hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer