Ibu Harus Bahagia demi Ciptakan Anak Juara

Desember 25, 2022
1 komentar

Ibu harus bahagia, Ibu bahagia ciptakan keluarga penuh cinta. Ibu adalah tonggak utama dalam keluarga. Tidak bisa dibayangkan bagaimana urusan domestik akan berjalan lancar tanpa ada peran serta seorang Ibu.

Berkutat selama 24 jam penuh menjaga, dan merawat keluarga bukan pekerjaan mudah, selalu mebutuhkan support dari orang terdekat. Darimana datangnya sebuah kebahagiaan Ibu kalau bukan dari orang-orang terdekat khususnya suami.

ibu-bahagia
source: pixabay-ilustrasi-ibu-bahagia

Ibu yang bahagia akan membawa warna penuh cinta untuk seluruh anggota keluarga khususnya anak-anak. Anak bahagia terbentuk dari Ibu bahagia. Bisa dibayangkan jika seorang Ibu yang berkutat dengan pekerjaan rumah tangga yang itu-itu saja pasti dipenuhi rasa jenuh dan jika kejenuhan merajai, anak dan keluarga terdekat pasti terkena imbas luapan emosinya.

Luapan demi luapan yang tertahan bagai bom atom yang kapan saja bisa meledak. Ledakan emosi ini yang senantiasa akan dihadapi anak-anak hingga kemudian terekam dalam memorinya.

Sebaliknya, jika Ibu senantiasa bahagia, dihargai, dilimpahi rasa perhatian dari support system terdekat, Ibu akan menciptakan rasa bahagia dimana kebahagiaan tersebut akan membersamai anak dalam tumbuh kembangnya.

Ibu adalah Manusia Terbaik dalam Hidup Kita

Pernahkah sobat HujanPena mendengar sebuah kalimat perumpamaan “Sebelum menikah, pilihlah wanita terbaik untuk menjadi Ibu dari anak-anakmu.”

Atau sebuah kalimat pepatah mengatakan “Kasih Ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang gala.”

Dari dua kalimat di atas jelas mengisyaratkan bahwa Ibu memegang dan menjalani peranan penting dalam kehidupan seorang anak. Memilih calon Ibu untuk generasi masa depan juga tidak bisa sembarangan. Lantas mengapa kita lupa untuk selalu membahagiakan Ibu agar semakin banyak generasi sehat, kuat jasmani dan rohani dari Ibu yang bahagia?

Banyak wanita ketika telah menjadi seorang Ibu lupa untuk membahagiakan diri mereka sendiri. Waktu serta pikiran mereka tersita dengan memikirkan kebahagiaan orang lain hingga lupa bahwa kita tidak dapat membahagiakan orang lain sebelum kita bahagia terlebih dahulu.

Sembilan bulan Ibu mengandung lalu mengASIhi selama dua tahun bukan pekerjaan gampang. Kita semua sepakat bahwa Ibu kita adalah sosok terbaik dalam hidup.

Bagaimana Bisa Ibu Bahagia Menciptakan Anak Bahagia?

Psikolog Klinis Dewasa & Keluarga, Dessy Ilsanti mengatakan dalam acara Bebemoms Community Day pada 30 Oktober 2021 silam “Menjaga kesehatan dan kebahagiaan dari seorang ibu adalah hal yang tidak kalah penting, khususnya di masa pandemi yang penuh dengan perubahan dan kekhawatiran ini, dalam menjalankan perannya pada proses tumbuh kembang anak."

Ungkapan Dessy Ilsanti mendukung stigma para orangtua millennial saat ini untuk terus berupaya memberi kebahagiaan Ibu sebelum membahagiakan anak. Selain itu, Sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Marriage Foundation dan University of Lincoln menemukan bahwa kebahagian seorang ibu berpengaruh besar terhadap kebahagiaan dan kesuksesan hidup anak di masa depan.

Peneliti mengumpulkan dan menganalisis data dari studi Millennium Cohort, survei longitudinal yang dilakukan di University of London dari 13 ribu pasangan dengan anak yang lahir di tahun 2000 hingga 2001.

Peneliti melihat seberapa besar tingkat kepuasan pasangan menikah menjalani hubungan cinta mereka, kemudian melihat bagaimana kondisi tersbeut memengaruhi kesehatan mental anak serta mengukur kedekatan anak dengan orang tua mereka.

Hasilnya, anak-anak dengan ibu yang bahagia ternyata memiliki kehidupan lebih baik dibandingkan anak-anak yang tumbuh dengan ibu yang tidak bahagia. Cukup mengejutkan karena kebahagiaan ibu ternyata memegang peran penting dalam kebahagian dan kesuksesan hidup anak, terutama anak laki-laki. Penelitian menyebutkan bahwa kebahagiaan ibu dua kali lipat lebih berpengaruh menentukan kebahagian anak laki-laki dan hanya setengahnya saja untuk anak perempuan.

Alasannya cukup sederhana, anak-anak yang tumbuh dewasa akan memahami apakah ibunya menjalani kehidupan dengan baik atau tidak, kemudian mendapatkan energi positif dari kebahagiaan tersebut. Anak akan belajar mengenai kebahagiaan ibunya dan itu membentuk banyak hal dalam hidup anak.

Hal Apa yang Membuat Ibu Bahagia?

Banyak hal yang membuat Ibu bahagia bahkan datang dari hal-hal sederhana seperti misalnya menikmati mie instant seorang diri tanpa gangguan ketika anak-anak sudah tidur.

Seorang Ibu tetaplah seorang manusia yang juga membutuhkan waktu khusus untuk memanjakan diri, bertemu dengan sahabat dan kerabat tersayang bila perlu berkegiatan kembali dengan komunitas bermanfaat agar Ibu tetap bisa mengaktualisasikan diri dan tidak kehilangan jati diri.

Berikut ada beberapa hal yang bisa membuat Ibu lebih bahagia, apa saja? Simak yuk!

Menjadwalkan untuk Me Time

Menjadwalkan me time secara teratur dapat bermanfaat bagi kesehatan mental dan kebahagiaan Ibu. Ibu bisa menjadwalkan diri untuk melakukan me time sederhana seperti membaca buku atau menonton drama korea favorit. Jika Ibu memiliki waktu lebih, Ibu juga dapat menjadwalkan untuk pergi ke salon sekadar merilekskan tubuh setelah melewati lelahnya pekerjaan.

Memberikan Ibu Hadiah

ibu-bahagia

Ibu juga wanita, dan wanita mana yang tidak suka diberi hadiah? Memberi hadiah-hadiah kecil seperti membawakan martabak kesukaan dapat meningkatkan kebahagiaan Ibu, sederhana namun bermakna.Ya, Ibu tidak pernah meminta hadiah terlalu mahal, bukan?

Rencanakan Waktu Berdua Dengan Pasangan

ibu-bahagia
Ayah sebagai partner Ibu dalam mendidik dan membesarkan anak sudah seharusnya menjadwalkan untuk pergi berkencan dengan Ibu. Sesekali anak dititip dengan kakek-nenek atau pamannya tidak masalah, kan? Kekompakan serta contoh berkasih saying yang ditunjukkan orangtua mampu membawa dampak positif bagi anak.

Berikan Ibu Kesempatan untuk Mengembangkan Diri

Saat ini, sudah banyak sekali komunitas Ibu yang bisa diikuti agar Ibu tetap merasa memiliki wadah untuk mengembangkan diri, mengaktualisasikan serta mewujudkan cita yang mungkin terpendam lama.

Komunitas – komunitas yang bisa diikuti oleh Ibu diantaranya, Komunitas Ibu Profesional, Komunitas One Day One Post, Komunitas Ibu Punya Mimpi dan berbagai komunitas lainnya.

Semua komunitas tersebut dapat diikuti baik virtual (online) maupun offline. Tak jarang komunitas tersebut memberikan berbagai informasi seputar parenting dan peluang – peluang yang dapat dilakukan Ibu dari rumah saja.

Dengan bergabung ke dalam berbagai komunitas pengembangan diri, Ibu jadi lebih tahu apa yang ia inginkan dan berikan untuk keluarganya.

Jadi, mulai saat ini para Ayah tidak perlu pikir panjang jika ingin bahagiakan Ibu di rumah, karena kunci sukses anak, kunci rumah tangga adem ayem tentrem adalah dari Ibu yang bahagia.

Referensi :
https://www.fimela.com/lifestyle/read/4440663/penelitian-membuktikan-anak-yang-sukses-punya-ibu-seperti-ini

Komentar

  1. dukungan dan sumberdaya untuk ibu perlu diperhatikan supaya ibu bisa senantiasa berbahagia. Terima kasih wawasannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer