Ramuan Herbal untuk Atasi Infertilitas

November 03, 2022
11 komentar
Akhir-akhir ini banyak pasangan suami-istri mencoba berbagai pengobatan alternatif untuk kesuburan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi ramuan herbal untuk atasi infertilitas. Hal ini dianggap wajar meski pengobatan medis tetap menjadi pilihan utama.

Pengobatan tradisional juga obat-obatan herbal dianggap sebagai solusi yang lebih ekonomis sekaligus mudah untuk dilakukan, aman pula. Terbukti dengan banyaknya kasus ketidaksuburan akhirnya memiliki anak setelah rajin mengonsumsi ramuan herbal.

ramuan-herbal-untuk-infertilitas

Memiliki anak adalah impian semua pasangan yang telah menikah. Memiliki anak adalah upaya kita untuk terus memiliki generasi yang kelak akan melanjutkan garis keturunan. Namun, tidak semua pasangan memiliki kesempatan yang sama dalam memiliki momongan, ada yang begitu mudah mendapatkannya, ada pula yang susah hingga membutuhkan waktu lama dalam penantiannya.

Menurut dokter spesialis kandungan dr. Yassin Bintang, Sp.Og mengatakan dalam sebuah postingan instagramnya bahwa berdasarkan penelitian, penyebab infertilitas bisa disebabkan banyak factor, dan para suami juga memiliki peranan. Dalam penelitian tersebut dikatakan laki-laki memiliki kemungkinan 40% penyebab kemandulan dan wanita 60%.

Penyebab lainnya? Sangat beragam. Untuk para wanita dan juga lelaki, faktor paling mendasar ialah gaya hidup. Gaya hidup di kota metropolitan serta kebiasaan buruk seperti sering begadang, merokok bagi laki-laki, makan makanan cepat saji, dan masih banyak lainnya.


Peluang Pengobatan Tradisional Terhadap Kesuburan

Sejauh ini, belum ada penelitian yang pakem untuk menjelaskan peluang ramuan tradisional dalam kesuburan meski ramuan-ramuan herbal tersebut sudah digunakan sejak berabad-abad lalu.

Kalau menurut saya pribadi, apapun usahanya, tetaplah ikhtia dan bersabar adalah kunci utama dalam menanti keturunan. Sejauh ini banyak juga yang menggunakan metode keduanya, tetap melakukan pemeriksaan secara intensif dengan tenaga medis, juga menjaga pola makan dengan mengonsumsi buah dan sayur secara rutin ditambah dengan suplemen makanan alami.

Para dokter juga tidak dapat melarang setiap usaha yang dilakukan pasangan suami-istri yang menginginkan buah hati, karena semua kembali kepada kepercayaan masing-masing. Ada yang berhasil dengan menerapkan pola hidup sehat plus meramu ramuan herbal untuk dikonsumsi setiap hari. Ada pula yang memilih jalan medis dengan melakukan tindakan bayi tabung atau inseminasi.

Dalam ikhtiar menggunakan ramuan-ramuan herbal untuk atasi infertilitas, pasangan suami-istri diminta untuk ekstra sabar, mengapa? Karena progress ramuan herbal tidak secepat progress ketika kita mempercayakan tenaga medis untuk memperoleh keturunan. Selain itu, berbagai komposisi untuk meracik ramuan herbal juga terbilang banyak, untuk itu perlu kecermatan, ketelitian juga kesabaran.

Ramuan Herbal untuk Atasi Infertilitas

Ramuan Kunyit+Jahe+Jeniper+ Madu

Ramuan ini sempat booming di masa pandemi Covid-19 kemarin, selain mampu meningkatkan kualitas sperma pada laki-laki karena kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. meningkatkan sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit. Kunyit juga diyakini ampuh untuk meningkatkan kualitas sperma karena mengandung folat, fosfor, zat besi dan kandungan bermanfaat lainnya guna meningkatkan kesuburan wanita dan pria.

ramuan-herbal-untuk-infertilitas

Cara membuatnya : Sediakan satu ruas jahe dan kunyit lalu iris tipis-tipis, masukkan ke dalam wadah lalu rebus sebentar (jangan sampai mendidih), setelah dingin, masukkan dua atau tiga sendoh the madu dan perasan jeruk nipis. Ramuan ini juga dipercaya mampu mengatasi masalah maag, dikonsumsi pagi hari saat perut kosong.

Ramuan Air Nabeez

Ada yang pernah mendengar ramuan ini? Ramuan air nabeez sendiri adalah air hasil fermentasi buah kurma yang didiamkan maksimal selama enam jam. Saat memasuki bulan suci ramdhan, air rendaman kurma juga dikonsumsi pada saat sahur karena efeknya yang mengenyangkan. Tidak sampai disitu, kurma yang terkenal mengandung banyak probiotik dan tinggi zat besi serta asam folat ini dipercaya sebagai ramuan herbal paling ampun untuk mengatasi infertilitas.


Cara membuatnya : Siapkan air minum matang sebanyak 500ml lalu masukkan sekitar 7 atau 9 buah kurma (jumlah ganjil), diamkan di suhu ruang selama maksimal 6 jam, ramuan ini dapat dikonsumsi setiap hari.

Ramuan Jus Tiga Diva

Pernah mendengar kolaborasi jus tigadiva? Bagi yang sudah sering mendengarnya, apalagi para pasutri yang ingin memiliki buah hati sudah tidak asing dengan komposisi apa yang terkandung dalam jus tiga diva. Jus tiga diva sendiri adalah perpaduan jus dengan menggunakan tiga jenis buah, yaitu buah Apel, wortel dan tomat. Ketiganya diblender jadi satu lalu diminum setiap hari sebanyak tiga kali sehari.


Ramuan jus tiga diva ini dipercaya mengandung banyak asam folat dari tomat dan wortel sekaligus antioksidan terbaik dunia. Kandungan asam folat yang terkandung dalam jus tigadiva inilah yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan asam folat bagi wanita yang ingin hamil.

Ramuan Detox Rahim

Detox Rahim? Apa Rahimnya dibersihkan gitu? Kesannya rahimnya kotor banget ya? Padahal bisa saja iya. Makanan yang kita makan sehari-hari menjadi faktor utama penyakit yang hinggap di tubuh. Jika sobat HujanPena masih suka mengonsumi bakso, mie ayam, mie instant, seblak dan makanan penuh micin, maka mulai dari sekarang wajib untuk mendetox Rahim sedini mungkin.

Atau adakah sobat HujanPena pernah merasakan sulit untuk menstruasi, atau menstruasi yang tidak teratur? Hal tersebut bisa menjadi indikasi bahawa banyak kotoran di dalam Rahim kita. Belum lagi, saya ingat sekali dulu saat pelajaran Biologi, guru Biologi saya pernah mengatakan bahwa di dalam tubuh kita terdapat sel kanker aktif, yang apabila diberi ‘makan’ maka merka akan aktif dan menyerang tubuh kita.

Untuk kasus Rahim wanita sering sekali disebut kista. Pasti enggak asing kan dengar penyakit yang satu ini, penyakit wanita paling umum ditemukan dan 8 dari 10 wanita Indonesia mengalaminya.

Dengan ikhtiar detox rahim, Rahim akan kembali bersih dan terhindar dari berbagai penyakit kewanitaan yang menghambat kesuburan.


Cara membuatnya : Sediakan setengah sendok the ketumbar, tiga buah pala, tiga bunga lawing, jahe, tiga cengkeh, dan satu ruas kayu manis. Rebus semuanya hingga mendidih dengan dua gelas air, rebus hingga menjadi satu gelas. Tambahkan madu untuk menambah cita rasa manis, karena detox rahim ini memiliki rasa kelat atau sepat di lidah. Dikonsumsi satu kali atau dua kali sehari, pagi dan sore sebelum makan.

Ramuan Habbatussauda

Jujur, Habbatussauda adalah salah satu ramuan herbal yang tidak begitu susah untuk dikonsumsi juga didapatkan. Saat ini sudah banyak sekali toko herbal yang memperjual belikan habbattussauda.

Dari 'Aisyah, Nabi bersabda, “Sungguh dalam habbatus sauda itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Aisyah pun bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Kematian.” (HR Bukhari).

KakMin pribadi masih mengonsumsi habbattussauda hingga saat ini, cara mengonsumsinya juga mudah, sobat HujanPena hanya perlu mengambil 3 atau dua kapsul habbatussauda lalu meminumnya saat perut kosong.

Bahkan, ada seorang dokter ahli kandungan di Pekanbaru-Riau yang memberikan habbatussauda kepada pasiennya yang ingin hamil sebagai terapi, alhamdulillah banyak yang berhasil.

Bukan hanya itu, selama musim pancaroba yang tidak menentu seperti sekarang, KakMin selalu konsumsi habbattussauda sebagai ikhtia untuk tetap sehat, tidak gampang sakit, dan alhamdulillah it works.

Kini, Habbatussauda yang memiliki nama latin Nigela Sativa memiliki banyak varian loh, Sob. Ada habbatussauda plus olive oil, selain dapat sehatnya, dapat juga cantiknya, kulit mulus, alus bercahaya. Ada juga habbatussa plus propolis, yang diyakini sebagai kolaborasi ramuan herbal ampuh untuk pasutri yang ingin memiliki anak. Ada pula habbattusauda plus bawang putih tunggal dan propolis yang dipercaya mampu menjadi obat penyakit-penyakit berat.

Nah itu dia beberapa ramuan herbal yang mampu atasi infertilitas. KakMin sudah mencoba semuanya hehe, namun Allah masih berkehendak lain. Kalau sobat HujanPena sudah mencoba ramuan herbal yang mana? Komen di bawah ya!

Komentar

  1. Pengobatan tradisional tuh nggak akan pernah mati sih, ya. Dia sudah punya tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Untuk semua pejuang garis dua, semoga dimudahkan prosesnya, diberi buah hati di waktu yang tepat. Aaamin.

    BalasHapus
  2. MasyaAllah, semua ramuan herbalnya sangat mudah didapat dan membuatnya pun tak sulit. Saya ingat dulu almarhumah ibu saya sampai beli jamu godokan yang seplastik isinya aneka dedaunan, rimpang, akar, dan kulit kayu atau sejenisnya yang sudah dikeringkan. Setelah direbus lalu air rebusan diminum.
    Rasanya tentu sangat pahit.

    Sementara aneka resep ramuan yang dishare di postingan ini pasti rasanya enak-enak saja. Saya pun menggunakan ramuan kunyit, kencur, temulawak, jahe, kayu manis, dan jeruk nipis untuk menjaga imunitas

    BalasHapus
  3. Eh ternyata mudah ya bahan-bahannya. Nanti mau kurekomendasikan buat teman-teman yang masih belum dikaruniai keturunan.
    Semoga jodoh ya mbak

    BalasHapus
  4. Kebetulan sekali ada rekan kerja yang sedang berikhtiar program hamil. Mudah-mudahan bisa menjadi alternatif untuk program hamilnya

    BalasHapus
  5. Banyak jalan dan alternatif untuk memiliki anak, yaa, Kak. Jadi enggak ada alasan untuk menyerah untuk enggak punya anak ketika misal dinyatakan ada penyakit tertentu.

    Dari banyaknya tata cara, baik medis maupun tradisional. Kudu dibarengi juga dengan doa dan hubungan baik dengan Tuhan. Sebab, bagaimanapun semua itu atas kehendak Allah. Akan tetapi, usaha juga jadi salah bentuk ikhtiar, termasuk mengonsumsi ramuan yang Kak Siti jabarkan.

    Semangat yaak Kak Siti!!! 🔥🤍

    BalasHapus
  6. Ya Allah keinget banget aku dulu pas sakit diteterin habbatus sauda' mulai dari yang bubuk sampe yang bentuk liquid mba, sampai nafasku aja bau habbatus sauda' tapi alhamdulillaah segalanya membaik, cuman memang kalo mau lebih sehat yaa untuk tindakan preventif. Kalau untuk pengobatan yang mendalam, sepertinya hanya menghambat penyebaran penyakit yaah.. masyaAllaah ciptaan Allah ini

    BalasHapus
  7. Aku termasuk orang yang lebih senang menggunakan obat-obatan herbal. Segala macam jamu walau pahitnya kaya apa juga aku doyan. Nah kebetulan temenku udah lebih dari sepuluh tahun menikah belum dikasih momongan. Jadi pengen nge-share tulisan ini ke dia. Semoga ikhtiarnya nanti membuahkan hasil.

    BalasHapus
  8. Baca ini, jadi kepingin minum herbal anget-anget. Di tengah banyaknya obat-obatan yang bisa memicu gangguan ginjal, ramuan herbal bisa jadi solusi. 🙂

    BalasHapus
  9. Tahu banget rasanya menanti kehamilan yang tak ku Jung datang. Kuncinya sabar namun tetap ikhtiar. Anak adalah salah satu rezeki yang semuanya sudah digariskan. Jika sudah waktunya akan datang juga. Ikhtiar aku dulu jeniper dan air nabez selama 1 bulan Alhamdulillah, biidznillah berhasil. Boleh dicoba bagi yang mengusahakan keturunan.

    BalasHapus
  10. Air nabeez jadi andalan saat puasa. Seger tapi gak manis gula. Enaak... Aku mau bikin ramuan kunyit jahe jeniper madu. Bisa buat daya tahan tubuh ya

    BalasHapus
  11. Menanti kehamilan sebenarnya memang sudah bagia dari pasangan baru, tantangannya bukan pada menunggunya, tapi pada tetangga kanan-kiri yang biasanya vokal tanya terus. hehe. Tapi ikhtiar tetap dijalankan selain konsumsi vitamin, dll, juga dengan herbal seperti ini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer