4 Obat-Obatan Alami Penurun Panas Anak

November 13, 2022
5 komentar
obat-alami-penurun-panas


Akhir-akhir ini para Ibu-ibu mulai kembali melirik obat-obatan alami penurun panas anak pasca tersebarnya kabar bahwa disinyalir beberapa obat-obatan yang beredar di pasaran mengandung bahan berbahaya penyebab gagal ginjal akut pada anak.

Kasus ini terus mendulang perhatian dari seluruh kalangan masyarakat. Dalam sebuah wawancara, Juru Bicara Kemnkes, Mohammad Syahril, menyampaikan jumlah kasus gagal ginjal akut atipikal mencapai 269 kasus pada tanggal 26 Oktober 2022. Data tersebut mengalami kenaikan dengan sebelumnya di tanggal 23 Oktober 2022 menyatakan ada 245 kasus.

Syahril juga mengatakan bahwa 269 kasus merupakan data yang dihimpun dari 27 provinsi di Indoneisia, dan 58 persen dari 269 kasus atau sekitar 157 orang telah dinyatakan meninggal dunia.

Tentu kabar ini tidak dapat dianggap sebelah mata, apalagi setelah Kemenkes secara resmi mengeluarkan daftar nama obat-obatan yang diduga mengandung bahan berbahaya masih beredar di pasaran. Ada pula beberapa obat-obatan yang sering orangtua berikan saat si kecil sakit.

Untuk meminimalisir bahan berbahaya yang masuk ke dalam tubuh buah hati kita. Beberapa orangtua kembali melirik obat-obatan alami yang teruji efektif turunkan panas anak.

Musim Pancaroba Penyebab Anak Mudah Terserang Sakit

Dalam seminggu ini, coba sobat hitung, sudah berapa kali hujan turun di lingkungan rumah sobat semua? Pasti tidak terhitung kan? Dalam satu hari bisa dua hingga tiga kali hujan turun, pagi-siang-malam.

Belum lagi beberapa kebiasaan buruk lingkungan yang tidak disadari ternyata menjadi penyebab anak mudah terserang sakit yaitu, polusi udara dari asap rokok dan juga asap bakar sampah yang sampai saat ini masih menjadi habit kebanyakan masayarakat Indonesia, akhirnya anak dibawah umur lima tahun (balita) mudah terserang sakit. Gejala awalnya ditandai dengan demam, dan panas tinggi hingga beberapa hari lalu kemudia flu dan batuk.

Meski kemarin kita sudah terbiasa untuk menjaga pola makan serta hidup sehat saat pandemic, nampaknya hal demikian tidak berlangsung lama ya, sob. Ujung-ujungnya kita kembali ke kebiasaan lama, malas cuci tangan, sering makan di tempat sembarangan dan kurang memerhatikan asupan nutrisi ke tubuh. Padahal, untuk balita, memenuhi kebutuhan buah dan sayur sangat penting loh, sob.

4 Obat-obatan Alami Turunkan Panas Anak

Bawang Merah

Masih jelas dalam ingatan, dulu saat aku mulai masuk angin dan demam, Mama selalu menyiapkan bawang merah tanpa dikupas lalu dipijak memutar dengan satu tumit kaki. Setelah bawang merah hancur, maka serpihannya akan dikumpulkan lalu ditambah minyak sayur atau ditambah sedikit minyak lampu. Konon, ramuan bawang merah ini ampuh untuk menurunkan demam anak.

Air Kelapa



Air kelapa muda memang memiliki banyak manfaat, diantaranya meningkatkan imunitas tubuh, menetralisir racun dalam tubuh, menghidrasi tubuh dan mengandung antioksidan.

Sobat HujanPena boleh mencoba memberikan air kelapa muda untuk anak di rumah saat demam guna menghidrasi tubuh agar tidak kekurangan cairan dan menetralkan racun. Namun, tetap diingat, porsi yang diberikan ke anak jangan sebanyak porsi orang dewasa, yaa…

Madu dan Jahe 


Madu dipercaya sebagai obat-obatan alami sekaligus syar’i yang telah dipakai dari jaman ke jaman, apalagi rasanya yang manis, siapapun pasti akan suka mengonsumsinya. Masukkan dua sendok mad uke dalam air rebusan jahe ketika sudah hangat lalu berikan pada sang buah hati.

Jahe dipercaya sebagai anti inflamasi, baik untuk meredakan segala infeksi dalam tubuh. Demam yang dirasa anak bisa jadi adalah tanda bahwa ada sesuatu yang sedang mengalami ‘gangguan’ atau infeksi dalam tubuh.

Nah itu dia 4 obat-obatan alami yang sobat Hujanpena bisa praktikkan di rumah untuk menurunkan panas sang buah hati. Ingat untuk terlebih dahulu dicek suhu tubuh ya, jika masih panas, boleh seseklai dikompres dengan air dingin, jangan lupa juga nutrisinya dipenuhi seperti konsumsi sayur dan buah.

Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat agar bisa terus dekat dengan keluarga tercinta ya, sob. Stay healthy





Komentar

  1. Sangat bermanfaat sekalik kak artikelnya, kalau untuk lambung yang ampuh obat alaminya dari apa ya

    BalasHapus
  2. Waaah saya selalu dibuatkan Jahe dan Madu kalau lagi tidak enak badan. Kayanya itu salah satu obat yang bagus jugaa

    BalasHapus
  3. Wah, boleh banget nih dicoba sama saya. MUdah2an anak2 saya suka dengan obat tradisional kek gini ya

    BalasHapus
  4. Air jahe itu memang berguna banget. Anak saya dulu kalau pilek dan panas saya buatkan wedang jahe juga.

    BalasHapus
  5. Madu dan jahe itu caranya jahenya digeprek terus kasih air hangat dan pemanisnya menggunakan madu kah?
    Rasanya kini penting sekali memahami obat alami tanaman herbal yang ada di sekitar kita begini. Haturnuhun.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer