Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Tanpa Drama, Simak Tipsnya Dijamin Kulit Auto Mulus

Januari 21, 2024
13 komentar

Ketika mengalami cacar air, hal yang paling dikhawatirkan bukan hanya ketika virus tersebut menjalar ke seluruh tubuh melainkan bekas cacarnya juga. 

cara-menghilangkan-bekas-cacar-air
Cacar Air sedang meradang di kulit (sumber: freepik.com)

Umumnya pasien yang menderita cacar akan merasakan gatal dan panas di sekujur tubuh. Hal demikian biasanya berlangsung 1 hingga 2 minggu.

Saat konsultasi dengan dokter, pasien pasti akan diberikan resep obat penurun panas, vitamin, juga salep kulit yang dioleskan langsung pada cacar.

cara-menghilangkan-bekas-cacar-air
Salep Acyclovir diperuntukkan untuk pemakaian luar saat cacar (sumber: apotekK24)

Namun, penderitaan tidak hanya sampai disitu. Bekas - bekas yang ditimbulkan cacar air tentu menjadi PR tersendiri, bukan?

Apalagi jika bekasnya muncul di area yang mudah terlihat seperti wajah, pergelangan tangan dan telapak tangan. Pasti rasanya malu banget untuk keluar rumah. 

Kali ini aku bakal bahas cara menghilangkan bekas cacar air tanpa drama yang pernah aku alami, semua yang aku tulis tentu berdasarkan pengalaman pribadi yaa..

So, apa saja cara yang aku lakukan? Simak yuk!

Banyak Minum Air Putih & Konsumsi Sayur dan Buah

Sebenarnya bekas cacar air dapat hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, Sob. Namun semua itu butuh proses ya untuk melihat progresnya, maka perlu beberapa treatment khusus agar bekas cacar air cepat memudar.

Salah satu cara yang aku lakukan ialah dengan banyak mengonsumsi air putih, sayur dan buah-buahan.

Bekas cacar air hampir sama dengan bekas jerawat yang terjadi akibat kerusakan kolagen ketika terjadi peradangan. Kulit yang terus mengalami regenerasi membutuhkan tambahan suplemen dalam proses penyembuhannya.

Vitamin C merupakan salah satu komponen yang dapat mempercepat proses penyembuhan serta pemulihan kerusakan kulit.

Vitamin C didapatkan dari berbagai buah dan sayur-mayur yang kita konsumsi, diantaranya dari buah Jeruk. Selama masa pemulihan, buah yang paling banyak aku konsumsi adalah Jeruk

Selain memang suka dengan buah berwarna oranye ini, kandungan vitamin C buah Jeruk aku yakini mampu membuat kulit terlihat sehat dan segar.

Di beberapa sumber lain seperti halodoc.com juga mengatakan bahwa air lemon mampu membantu memudarkan bekas cacar air di kulit. 

Menggunakan Body Lotion dengan Kandungan Vitamin E dan C

Kali ini aku tidak menjabarkan cara-cara menghilangkan bekas cacar air secara alami seperti yang sudah banyak dibahas, ya.

Dilihat dari cara-cara sebelumnya yaitu menggunakan bahan-bahan alami, banyak yang menggunakan lidah buaya, minyak kelapa serta madu sebagai cara menghilangkan bekas cacar.

Karena aku tim males ribet, maka mari cari jalan tengahnya dengan menggunakan body lotion yang mengandung beberapa khasiat yang sama dengan bahan-bahan alami di atas. 

Wonderly Brightening Serum Body Lotion adalah body lotion pilihanku untuk memudarkan bekas cacar di kulit, khususnya area yang tidak terlihat seperti betis, dan paha. 

cara-menghilangkan-bekas-cacar-air
kandungan ceramide dan white collagen pada Wonderly Brightening Body Lotion Serum ampuh pudarkan bekas cacar

Kombinasi Diamond Microcrystal, White Collagen, dan Ceramide yang terdapat dalam Wonderly Brightening Serum Body Lotion teruji mampu cerahkan kulitku dan menghilangkan bekas cacar pada kulit. 

Gunakan Regen Oil, Minyak dengan Banyak Kandungan Alami

Kalian sudah pernah mendengar produk buatan UK (United Kingdom) yang satu ini? 

cara-menghilangkan-bekas-cacar-air
Regen Oil dengan kandungan Rosehip mampu menghilangkan bekas cacar dan bekas luka pada kulit
Regen Oil adalah produk perawatan kulit yang mengandung vitamin A & E, Calendula oil, Rosehip, Chamomile oil, Rosemary oil, Lavender oil dan PCL Liquid, minyak yang bersifat kedap air namun terasa ringan dan tidak lengket di kulit.

Dengan melihat kandungan Regen Oil, kegunaan Regen Oil secara umum untuk merawat kesehatan kulit selama masa kehamilan. Tidak hanya dapat diaplikasn pada wajah, Regen Oil juga dapat diaplikasikan ke bagian tubuh lainnya.

Sebagaimana klaim yang mereka katakan, Regen Oil mampu memudarkan bekas luka, stretch marks dan luka lainnya pada kulit. 

Setelah menggunakan Regen Oil, kulit menjadi lebih lembab, kulit wajah cerah dan merata serta bekas luka juga memudar. 

Manfaat Rosehip yang diyakini dapat membantu menyembuhkan bekas luka. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetics, Dermatological Sciences and Applications, Penelitian tersebut dilakukan dengan cara mengoleskan minyak biji Rosehip alami sebanyak dua kali sehari pada 76 orang.

Setelah dilakukan selama 12 minggu, terlihat bahwa bercak kemerahan akibat luka bisa jauh lebih berkurang dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya.

Jika masih ada yang bingung mencari minyak Rosehip, Rosemary, serta minyak kelapa untuk menghilangkan bekas cacar, kenapa tidak menggunakan Regen Oil saja? Kandungan serta khasiatnya sama, efisien lagi. 

Kesimpulan 

Cara menghilangkan bekas cacar bisa digunakan dengan berbagai cara, ada cara alami maupun medis. Semua harus dikondisikan dengan kebutuhan dan kemampuan kalian ya, Sob.

Kalau aku pribadi lebih memilih mengkombinasi cara alami dengan cara modern yaitu dengan memilih Regen Oil dan Wonderly Brightening Body Lotion Serum untuk bagian tubuh, dan Wardah Renew You Series untuk bagian wajah.

Semoga artikel dan pengalaman aku dapat membantu kalian yang memiliki pengalaman sama ya, Sob. 

Dan semoga setelah mencoba beberapa cara menghilangkan cacar air, kulit kalian auto mulus lagi. 






Komentar

  1. Tipsnya simpel ya kak. Tahun kemarin sepupuku kena cacar air. Trus bekasnya dibiarin begitu aja. Alhamdulillah sekarang udah hilang sih. Tapi kalau dari kemarin tahu tips nya sesimpel ini pasti bekasnya bakal hilang lebih cepat lagi.

    BalasHapus
  2. Wah kalau aku dulu pasrah saja sama bekas cacar air ini. Kalau sekarang banyak ya tipsnya.

    BalasHapus
  3. Aku beberapa tahun lalu pernah kena cacar air juga. Dan itu nyesek banget kenanya di wajah banyak banget. Ada beberapa bekas yang nggak bilang sampai sekarang, coba Kalau tahu Regen Oil dan Wonderly Brightening Body Lotion Serum, aku pasti Udah praktekin.

    BalasHapus
  4. Dulu kena cacar itu rasanya menderita banget apalagi lihat bekas bopengnya. Sekarang sudah banyak alternatif pilihan cara untuk menghilangkan bekas cacar itu ya mba...makasih banget lho artikelnya

    BalasHapus
  5. Kalau cacar air itu gatal dan panas, rasanya pengin ngaruk, tapi kalau digaruk pasti berbekas. Alhamdulillah sudah ada produk yang membantu menghilangkan bekas cacar air.

    BalasHapus
  6. Pernah mengalami cacar air saat SMP karena tertular oleh teman sekelas. Rasanya badan jadi panas huahua

    BalasHapus
  7. Inget banget dulu waktu SD kena cacar air, disembuhnya itu dengan cara bak mandi dikasih semacam larutan gitu yang aku sendiri gatau itu apa. Soalnya dari dokternya langsung yang kasih. Mungkin ke depannya aku akan gunakan cara di atas semisal aku atau kenalanku terkena cacar air.

    BalasHapus
  8. Aku belum pernah kena cacar air, tapi udah sebesar ini jadi khawatir kalau tiba-tiba kena cacar. Duh kebayang di usiaku yg sungguh sangat muda ini pasti pemulihannya lebih lama

    BalasHapus
  9. Masha Allah ya fin, benar-benar bermanfaat banget ini. Aku noted, siapa tahu suatu hari nanti butuh. aku kira caranya simple Vin, ternyata butuh beberapa perawatan ya, yang intinya butuh modal juga. Hhhe.

    BalasHapus
  10. Cacar air, saya mengalaminya saat masih dibangku SD> Kalau orang desa obatnya pakai jagung muda. Jagung muda dihaluskan terus diusapkan pada bagian yag kena cacar.

    BalasHapus
  11. Aku dulu juga pakai Acyclovir. Kelihatannya cacar yang baru aja muncul, diolesi acyclovir langsung kering sih waktu itu..

    BalasHapus
  12. Aku baru tahu ternyata cacar air bisa dihilangkan bekasnya.
    Cocok nih buat anak usia setahun yang lagi penasaran ama sesuatu biar tak dimakan.

    BalasHapus
  13. Aku pernah kena cacar air pas kuliah, tapi nggak ada bekasnya malah 😅 enak banget sih bahan alaminya ada di Wonderly Brightening Serum Body Lotion. Bekas cacar hilang, kulit jadi lembut dan glowing, hihi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer