Novel Resign : Kisah Romansa Dibalut Komedi Curhatan Para Karyawan

Januari 21, 2024
3 komentar

Apa yang terlintas dalam pikiran kalian ketika melihat judul novel kedua ciptaan

Almira Bastari yang berjudul Resign? 

Novel-resign-

Apakah kalian berekspektasi bahwa novel ini akan memiliki ending di mana semua karyawan akan ramai-ramai mengundurkan diri dengan lancar?

Atau kalian berpikir bahwa novel Resign akan mengajarkan kita bagaimana caranya mengundurkan diri dari sebuah perusahaan?

Ekspektasi kalian semua salah, Sob!

Novel Resign merupakan salah satu novel bergenre romansa dengan kisah klasik yaitu seorang bos yang jatuh hati pada karyawannya.

Lah kok bisa? 

Novel dengan jumlah halaman sebanyak 290 mampu mengemas kisah romansa klasik yang unik dengan balutan curhatan para karyawan bernama Alranita, seorang pegawai paling muda yang tertekan atas perlakuan bosnya, Tigran. 

Sikap Tigran yang dinilai selalu perfeksionis dan 'menindas' Alranita merasa sang bos memiliki dendam pribadi padanya. 

Belum lagi kisah Carlo, pengantin baru yang selalu berusaha untuk mencari celah agar ia segera mendapat perusahaan baru yang dapat memperlakukannya selayaknya 'manusia'

novel-resign

Andre, seorang pegawai senior yang selalu menerapkan work life balance. Dan Karen, pegawai senior yang kerap dianggap tidak dapat bekerja profesional.

Di antara mereka berempat, hanya Andre lah yang sama sekali tidak memiliki keinginan untuk mengundurkan diri. 

Awal Mula Tertarik dengan Novel Resign

Novel Resign diterbitkan pada tahun 2018. Novel metropop paling populer ini ternyata sudah bukan hal baru lagi bagi pecinta genre romansa.

Awal mula menemukan novel Resign karena aku yang tidak sengaja mencari referensi judul novel populer di Ipusnas. 

Yes, Ipusnas. Salah satu aplikasi, surganya buku berkualitas bagi pecinta buku baik fiksi maupun nonfiksi. Kalian bisa membaca buku apa saja secara gratis di Ipusnas, Sob. 

Sebagai pembaca awam, membaca ulasan dari sebuah novel di Ipusnas adalah jalan ninjaku. Ulasan menampilkan banyak komentar dari pembaca sebelumnya.

Ulasan membantu banget membuat aku penasaran untuk dapat membaca novel Resign yang diterbitkan oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama. 

Membutuhkan waktu cukup lama untuk dapat membaca novel Resign. Antreannya panjang banget. Engga heran sih, sebab kalian akan dibawa masuk ke dalam situasi mereka. 

Situasi yang berhasil penulis hadirkan dalam tiap kalimat detil. Situasi yang digambarkan secara rinci oleh Almira seolah telah dipikirkan dengan sangat matang terbukti bahwa kejadian antar bab selalu memiliki hubungan dengan bab sebelumnya. 

Kisah Klasik yang Selalu Unik Memikat Hati

Semesta seolah paling tau apa yang sedang aku butuhin. 

Siapa sangka kisah klasik yang mengangkat kisah bos yang hatuh hati kepada karyawannya mampu menaikkan mood-ku yang  sedang berantakan. 

Kalian yang sedang kacau banget hatinya, boleh deh melipir rilekskan pikiran dengan membaca novel Resign.

Pilihan kata yang digunakan cenderung santai dan ngalir banget, membuat kisah klasik antara Alranita dan Tigran tetap terasa manis di tengah gempuran segala curhatan dan startegi mereka untuk dapat mengundurkan diri secepat mungkin. 

Atau kalian pernah menonton Drama Korea yang berjudul Bussiness Proposal? Yap, kisahnya kurang lebih seperti itu, Sob. Cute dan manis banget kan kalau dibayangin.

Awalnya sang bos pasti akan jutek ke karyawannya, pura-pura profesional dengan memberikan banyak tugas dengan dalih deadline padahal pengennya bareng-bareng terus. 

Gregetan banget, kan? 

Novel Metropop yang Ingin Aku Baca Lagi

Ada banyak sekali novel Metropop yang telah diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Namun entah mengapa novel Resign adalah salah satu yang akan aku baca lagi bahkan ingin sekali aku memiliki buku fisiknya. 

Meski kisah dan endingnya mudah banget ketebak, penulis ternyata mampu menyajikannya dengan sangat apik bahkan tiap lembar halamannya seolah memiliki daya pikat tersendiri bagi pembaca. 

Kesimpulan 

Novel Resign wajib banget masuk dalam wishlist buku fiksi yang harus dibaca tahun ini. Beberapa kalimat bahasa Inggris yang digunakan dalam dialog pada novel ini mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kalian juga loh, Sob.

Pesan tersirat yang ingin disampaikan penulis sebenarnya adalah agar para pengusaha atau pemimpin perusahaan dapat memahami POV karyawan pada umumnya. 

Kalau dari aku pribadi, rating untuk buku ini adalah 4,5/5

Mulai dari diksinya, cara penyajian kisahnya, dialog antar tokoh dalam novel hingga ending semuanya perfect. Tidak bertele-tele, tidak terlalu berat, tidak pula membosankan. Novel Resign cocok jadi penghibur hati, baca deh!

Identitas Novel 

Judul: Resign
Pengarang: Almira Bastari
Editor: Claudia Von Nasution
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2018
Tebal: 288 halaman
ISBN: 978-602-03-8071-1
EISBN: 978-602-03-8072-8
Harga: 68.000 - 70.000

Komentar

  1. Sepertinya aku juga perlu refresh nih, kacau rasanya isi kepala, kadang melipir sebentar membaca buku bisa membuatku sedikit lega

    BalasHapus
  2. wah makasih kak udah dibuat reviewnya.. inget banget dulu pernah mau baca buku ini tapi belum selesai.. ngga kuat baca novel kayaknya

    BalasHapus
  3. Saya suka semua novel almira Bastari. Seru semuanya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer