Cara Mengetahui Undertone Kulit, Nomor 3 Ampuh Banget!!

Januari 04, 2024
0 komentar

Memangnya sepenting apa sih mengetahui undertone kulit kita? Pertanyaan inilah yang sempat terlintas dalam benak ketika adik bungsuku menanyakan shade chusion apa yang biasa aku pakai. 

Pertanyaannya simple, yah? Tapi jujur aku pribadi sempat galau, loh! Karena tiap kali nentuin shade foundation, cushion, bahkan warna lipstik engga pernah sambil mikirin undertone kulit, iya dong, bener dong? Kalian pasti sama sepertiku, hahah

Faktanya, tiap undertone kulit yang kita miliki sangat menentukan warna apa yang cocok dan membuat kulit tampak lebih cerah. 

Apakah kalian pernah ngerasa "burem" banget nih muka ketika pakai warna-warna tertentu? Pasti pernah, 'kan? Kalau gitu kita bahas sampai selesai deh, apa aja cara mengetahui undertone kulit and say no to wajah "burem"

Apa sih Undertone Kulit? 

Undertone kulit tidaklah sama dengan warna kulit yang selama ini kita lihat. Jika biasanya kita akan dengan mudah mengatakan kulit fulan putih banget, kulit fulanah sawo matang, nih! 

cara-mengetahui-undertone-kulit

Undertone kulit adalah warna alami yang berada di bawah permukaan kulit yang sifatnya permanen. Kebanyakan beauty influncer akan memberi contoh dengan melihat warna urat nadi kita, apakah berwarna biru, ungu, atau hijau. 

Macam-macam Undertone Kulit

1. Cool Undertone 

Undertone dengan tipe cool (dingin) umumnya memiliki rona warna kulit cenderung merah muda, pink, atau kebiruan. Pembuluh darah bagi pemilik cool undertone terlihat berwarna ungu dan biru. 

2. Neutral Undertone 

Kulit dengn neutral undertone biasanya akan menampilkan rona warna cenderung di antara cool dan warm undertone. Pembuluh darah terlihat berwarna hijau dan biru. Pemilik neutral undertone akan merasa tidak cocok tiap kali memakai baju dengan warna dominan putih. 

cara-mengetahui-undertone-kulit

Seringkali orang-orang berkulit putih terkecoh ketika menentukan undertone kulit mereka karena bisa masuk dalam kategori cool dan neutral undertone. Ada yang pernah merasakan? Nah, lanjut lagi, dong baca sampai habis supaya tahu apa yang harus diperhatikan dan bagaimana cara.

3. Warm Undertone

Tipe warm undertone sangat mudah ditentukan. Pasalnya warm undertone umumnya dimiliki oleh orang-orang berkulit sawo matang, kulit khasnya masyarakat Indonesia. Ciri umum pemilik undertone hangat ialah pembuluh darah dominan berwarna hijau. 

Bagaimana Mengetahui Undertone Kulit?

Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengetahui undertone kulit, penasaran? Ikuti beberapa caranya, yuk! Nomor 3 paling ampuh, loh!!

1. Melihat Warna Pembuluh Darah

cara-mengetahui-undertone-kulit

Cara pertama yang sering digunakan ialah dengan mengecek warna pembuluh darah yang terletak di bawah permukaan kulit. Bagi SobatPena yang berkulit putih seperti aku pasti mudah menemukan warnanya, apakah biru, hijau atau ungu.

2. Amati Warna Kulit Setelah Sinar Matahari

Jika biasanya kita mengeluh ketika berada di bawah sinar matahari. Coba deh lakukan eksperimen untuk mencari tahu undertone kulit kamu, Sob! Bagaimana caranya? 

Biarkan punggung tangan kalian terkena sinar matahari dalam waktu beberapa saat dan lihat hasilnya, jika kulitmu berubah tan atau seperti terbakar artinya kamu memiliki warm undertone. Namun, jika kulitmu justru memberi reaksi kemerahan itu artinya kamu memiliki undertone cool. 

3. Lihat Kecocokan dengan Perhiasan 

Dulu, saat masih kecil, Mama suka membelikan aneka perhiasan  mulai dari gelang, cincin hingga kalung. Ketika diminta untuk memilih warna perhiasan, pasti aku akan memilih perhiasan dengan warna dominan perak dibandingkan emas, lebih keluar auranya. 

cara-mengetahui-undertone-kulit

Ternyata pemilihan warna emas dapat membantu kita menentukan undertone kulit, loh! Mudah banget ya? 

Jika kamu lebih cocok menggunakan perhiasan perak artinya kamu memiliki undertone dingin (cool), sebaliknya jika kamu merasa "bling-bling" banget nih pakai perhiasan berwarna emas artinya kamu memiliki undertone warm (hangat). 

Dan, jika selama ini fine - fine aja mau pakai perhiasan perak ataupun emas, alias masuk-masuk aja, itu artinya kamu memiliki undertone neutral. 

4. Ambil Kertas Putih dan Sandingkan dengan Kulitmu!

Pernah kepikiran bahwa kertas putih polos mampu membantu kamu mengetahui undertone kulit? Caranya? Letakkan tangan kalian di atas kertas putih polos lalu lihat hasilnya, Sob. Jika kulit terlihat cenderung kekuningan, tandanya undertone kamu adalah warm. 

Lalu bagaimana jika berubah menjadi kebiruan atau merah muda? Itu tandanya undertone kamu cool (dingin)

Dan terakhir, jika hasil akhirnya ialah warna campuran (merah muda dan kekuningan) itu tandanya bahwa undertone kamu adalah neutral. 

Cara ini juga dapat kamu lakukan pada kulit wajah ya, Sob. Bermanfaat banget untuk kamu memilih shade foundation apa yang tepat, terkhusus untuk kalian yang suka banget make up. 



Komentar

Postingan Populer