Bagaimana Mendidik Anak Gemar Membaca?

Februari 19, 2023
14 komentar
Bagaimana mendidik anak gemar membaca? Sebuah pertanyaan sederhana para orangtua yang menginginkan anaknya agar gemar membaca.

Membaca merupakan salah satu aktivitas sederhana dengan sejuta manfaat lho, Sob. Gak percaya? Dengan membaca, kita tak harus keliling dunia untuk menjelajah karena buku adalah jendela dunia. Selain itu, membaca bisa menjadi alternatif penghilang stress mudah, dan murah.
mendidik-anak-gemar-membaca
Mendidik Anak Gemar Membaca

Sayangnya, teknologi yang berkembang pesat membuat anak dan orangtua terjerumus dengan gadget atau handphone hingga penggunaanya melebihi waktu yang seharusnya.

Kenyataan seperti inilah yang menyebabkan Indonesia terus berada di urutan negara dengan jumlah pembaca sedikit.

Lalu, bagaimana cara mendidik anak gemar membaca?

Sebelum kita membahas caranya, alangkah baik ketahui terlebih dahulu manfaat membaca agar keinginan kita sebagai orangtua mendidik anak gemar membaca tak mudah tergoyahkan.

Manfaat Membaca

Tanpa kita sadari, banyak sekali manfaat membaca baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Apa saja?

Meningkatkan Kosakata

Anak yang sering melakukan aktivitas membaca nyaring dengan orangtua dipercaya memiliki kosakata lebih banyak dibanding dengan anak yang jarang atau bahkan tidak pernah melakukan aktivitas membaca.

Jika Sobat Pena masih ingat artikel yang pernah saya tulis mengenai “Mengapa Anak Sulit Berbicara?” di sana Sobat akan menemukan salah satu penyebab anak sulit berbicara di antaranya jarang diajak berkomunikasi langsung dengan orangtua sehingga tidak terekam kosakata yang ingin diucapkan kembali.

Menstimulasi Kerja Otak

Seseorang dengan kebiasaan gemar membaca akan merasakan daya ingat yang tajam. Hal ini disebabkan otak terus terstimulasi menangkap kosakata baru, pengetahuan baru, serta berimajinasi dengan apa yang dibaca sehingga membuat daya ingat selalu tajam.

Merangsang Kreativitas

Untuk tahap awal memperkenalkan anak pada buku bacaan, berikanlah bacaan yang menarik dengan dominasi gambar dan minim tulisan. Tujuannya apa? Di usia balita ( 2- 5 tahun) anak senang melihat aneka gambar dihiasi warna-warna menarik.

mendidik-anak-gemar-membaca
Hadirkan buku bacaan menarik agar anak tertarik membaca buku

Dengan buku bacaan bergambar, orangtua juga dapat berekspresi saat membacakannya, ‘kan? Ketika orangtua berekspresi, anak juga ikut berimajinasi.

Melatih Anak Berpikir Analitis

Anak yang terbiasa membaca berbagai buku, secara tidak langsung akan terbentuk pribadi yang suka berpikir dan menganalisa sesuatu yang ia lihat, dengar, dan rasakan.

Dengan membaca, anak juga akan selalu ingin tahu tentang apa saja, sehingga secara tidak langsung meningkatkan pengetahuannya.

Mengapa Anak Harus Gemar Membaca?

Membaca bukan sesuatu hal yang diwariskan seperti kecerdasan yang dapat diwariskan dari keturunan Ayah atau Ibu. Akan tetapi, dengan membaca anak memiliki kesempatan untuk memiliki kecerdasan serupa.

Membaca adalah kebiasaan, jadi ketika orangtua ingin anaknya kelak gemar membaca, maka mulai saat ini lakukanlah kegiatan membaca sesering mungkin.

Betapa mirisnya generasi bangsa kita 5 hingga 10 tahun kedepan jika tidak memiliki kemauan untuk membaca yang akibatnya akan menyulitkan mereka sendiri dalam memahami konteks atau inti sebuah pelajaran.

Apakah dampaknya sudah terlihat saat ini? jawabannya sudah.

Ciri – Ciri Anak Gemar Membaca

Setelah sobat Pena telah melakukan beberapa cara yang akan saya sampaikan di bawah, dan kemudian sang anak memberikan respon positif seperti selalu meminta dibacakan buku cerita atau senang diajak ke toko buku atau perpustakaan, hal tersebut menandakan bahwa anak Sobat telah menyukai aktivitas membaca.

Tidak sulit kok mengajarkan anak untuk gemar membaca asalakan kegiatan membaca dilakukan secara berkala dengan penuh keteladanan dari orangtua.

Anak-anak itu cenderung memiliki keingintahuan yang besar. Mereka selalu antusias diajak kemana saja, melihat apa saja, dan membaca apa saja.

Apa yang Harus Dilakukan Orangtua agar Anak Gemar Membaca?

1. Orangtua Wajib Memberi Contoh

Perilaku anak sebagaimana perilaku orangtuanya. Apa yang dilakukan oleh orangtua 80% pasti akan dilakukan oleh anak juga.

Jika orangtua ingin anak gemar membaca, tetapi contoh yang diberikan berbanding terbalik, ya jangan salahkan anak jika mereka tidak melakukan apa yang diperintahkan orangtua.

2. Mendongeng Sebelum Tidur

Selain menjadi quality time dengan anak setelah bekerja seharian. Mendongeng dapat menjadi suatu kebiasaan kecil yang akan direkam anak bahwa kegiatan membaca itu mengasyikkan. Dengan demikian, anak akan dengan sukarela membaca tanpa dipaksa

mendidik-anak-gemar-membaca
Melakukan kegiatan mendongeng sebelum tidur bantu anak gemar membaca

3. Membuat Sudut Baca

Tak banyak orangtua berkeinginan memberikan atau membuat sudut baca di rumah. Dengan meletakkan beberapa buku kesukaan di lemari dan menata sudut rumah menjadi tempat membaca yang nyaman untuk keluarga, Sobat telah melakukan hal sederhana yang berdampak besar lho

4. Berikan Hadiah Buku

Anak-anak pasti senang jika diberi hadiah. Berikanlah hadiah buku tiap kali anak berhasil melakukan sesuatu hal baru misalnya dapat nilai 100 di sekolah, atau diberi hadiah karena mendapat peringkat di kelasnya.

Ganti apresiasi atau hadiah yang justru akan membuatnya menjadi pelaku konsumtif dengan memberikannya buku.

5. Jangan Bosan Ajak Anak ke Perpustakaan

Sedih sih melihat betapa ramainya wahana bermain atau rekreasi dibanding dengan perpustakaan daerah atau taman baca yang telah disediakan oleh pemerintah.

Sama seperti halnya perpustakaan daerah di tempat tinggal saya, sepi pengunjung. Mengajak beberapa siswa jenjang TK atau SD untuk mengunjungi perpustakaan daerah bukanlah hal yang salah. Bisa dicoba nih!

Penutup

Tidak ada ruginya mendidik anak gemar membaca. Meski terkesan sulit di awal karena harus konsisten melakukannya, ingatlah bahwa kebiasaan baik akan mendatangkan kebaikan pula. 


Jika kelak anak-anak dewasa dengan membawa kebiasaan baik seperti gemar membaca, maka hal-hal baik lainnya akan menghampiri. Untuk seluruh orangtua, yuk ajak anak kita gemar membaca dengan mempraktikkan langkah-langkah di atas!



Komentar

  1. penting sih emang membiasakan untuk membaca pada anak sejak dini, karena dari bacaan bisa pengetahuan mereka akan berkembang dan bertambah luas

    BalasHapus
  2. Aku suka membaca saat kecil karena lihat ayahku juga sering membaca koran :D Pentingnya memberikan contoh bagi anak seperti di poin pertama tulisan ini

    BalasHapus
  3. Bener banget. Kalau mau anaknya suka membaca sejak kecil, orangtuanya juga harus suka baca. Anak kan mencontoh, ya.

    BalasHapus
  4. Setuju banget perihal memberi contoh. Mana mungkin anak akan senang membaca jika orang tuanya saja tidak berteman dengan buku.
    Untuk saya pribadi yang masih PR adalah tentang harus lebih sering mengajak ke perpustakaan. harus remanajemen waktu lagi nih biar ada quality time ke perpus bareng anak-anak.
    Terima kasih Kak Siti untuk reminder-nya

    BalasHapus
  5. Membaca memang banyak manfaatnya untuk anak, tapi sayang banget hal ini sering dilewatkan oleh orang tua. Harapanku ketika punya anak nanti bisa menumbuhkan semangat baca ke anak supaya tidak kecanduan gadget dan kaya akan informasi.

    BalasHapus
  6. Gemar membaca sedari dini tuh beneran deh, banyak bgt manfaatnya. Aku pun takjub sama perkembangan anak pertama yg udah bisa membaca lancar di usianya 4 tahun. Itu salah satu manfaat nyata yang aku rasakan, sih. Krn dari kecil udah terbiasa membaca sama2. Kosa katanya jauh lebih banyak juga.

    BalasHapus
  7. Nah ini tantangan mengajak anak untuk gemar membaca adalah melakukannya secara berkala dengan penuh keteladanan dari orangtua. Apalagi banyak dari orang tua zaman sekarang lebih senang melihat gadget daripada membaca buku. Self reminder banget tulisan ini.

    BalasHapus
  8. memang kebiasaan harus dikenalkan terus sejak dini ya, kalau sudah jadi aktifitas sehari-hari yang menarik, jadi lebih mudah untuk anak melakukannya :)

    BalasHapus
  9. Anak kecil memiliki sifat menirukan apa yang dilakukan oleh orang dewasa. Untuk itu, cara terbaik mengenalkan anak untuk gemar membaca adalah kita juga ikut membaca bersama-sama. Kalau sudah tumbuh kebiasaan, anak-anak akan membaca buku sendiri tanpa disuruh.

    BalasHapus
  10. Huhu sayang banget kalo di sini tuh perpustakaannya lumayan jauh dari rumah, semoga ntr pas dia udah agak gedean betah diajak jalan jauh ke perpus hehee

    BalasHapus
  11. Membacakan buku sebelum tidur sangat bermanfaat bagi anak, sama halnya dnegan mengajarkan anak berdoa dan berdzikir sebelum tidur. Pernah dengan ceramag, kalau saat sebelum tidur berdzikir, saat tidur otak tetap bekerja dan terus berdzikir.

    BalasHapus
  12. Yuk membaca yuk aku suka membaca nih

    BalasHapus
  13. Memperkenalkan budaya membaca sejak dini emang penting banget. Anak yang senang membaca akan miliki pengetahuan yang lebih luas dibanding yang tak pernah membaca.

    BalasHapus
  14. Sip, semua tipsnya midah dan InsyaAllah bisa saya terapkan. Anak saya suka banget baca buku walau cuma liat gambarnya dan nanya mulu ini apa, itu apa. Capek jawab tapi ya ..ini awal yang bagus kan? InsyaAllah bisa ya....big hugs

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer