Peluang Kerja Voice Over Talent dari Rumah

September 24, 2022
30 komentar
Voice over talent
Credit : freepik





Mendengar kata Voice Over Talent sepertinya tidak akan pernah ada habisnya, ya karena pekerjaan ini juga orang-orang yang bekerja di dunia voice over ini tidak akan pernah habis, selalu dibutuhkan.

Sering sekali saya mendengar bahwa voice over talent adalah pekerjaan yang tidak akan lekang oleh waktu karena keberadaanya yang selalu dibutuhkan oleh industri periklanan, perfilman dan industri lain yang menggunakan fitur suara latar belakang sebagai bagian dari suatu produk.

Maka tidaklah heran jika seorang talent atau artis dari voice over akan terus dicari dan kebanjiran job setiap harinya, tapi sayang sekali, banyaknya peluang pekerjaan sebagai voice over talent tidak sebanding dengan talent yang ada. Itu lah mengapa saat ini semua industri hiburan hingga Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif gencar mencari bibit-bibit baru voice over talent di seluruh penjuru negeri ini. Ditambah dengan banyaknya kemudahan teknologi, peluang menjadi seorang voice over talent dari rumah bukan lagi angan-angan semata. 

Apa itu Voice Over Talent?


Mengutip dari invoice.com, dikatakan bahwa voice over talent adalah profesi pembaca naskah yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari sebuah produk audio atau audio visual, pekerjaan ini sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita.

Voice over yang menarik jelas akan membuat siapapun audiens merasa nyaman menonton audio ataupun video yang ditayangkan. Seberapapun kreatif visual yang ditampilkan jika tidak dibarengi dengan audio yang enak didengar pastilah audiens atau target pasar yang dituju tidak akan tertarik. Itu lah mengapa menjadi voice over talent adalah pekerjaan sekaligus skill yang unik, karena bukan hanya membutuhkan suara yang merdu, tetapi juga teknik membaca naskah dengan intonasi dan pengucapan yang jelas sangat diperlukan.

Jika kita tengok di berbagai event yang diselenggarakan oleh brand-brand ternama kini kian melirik dunia voice over, hal ini terbukti dari banyaknya lomba-lomba pengisi suara untuk brand atau produk mereka, bahkan tidak sedikit platform – platform digital yang bergerak di dunia entertainment mulai merekrut banyak talent-talent voice over untuk bergabung dengan mereka. 

Apalagi dua tahun belakang saat covid-19 mampir ke negeri tercinta ini, banyak klien -klien yang mengkampanyekan pesan layanan masyarakat dalam bentuk audio maupun audio visual dan jelas keadaan ini semakin membuktikan bahwa peluang menjadi voice over talent sangat menjanjikan. Kiat-kiat untuk menjadi seorang voice over talent yang handal pun tidaklah sulit, untuk pemula bisa dimulai dengan bergabung pada komunitas voice over talent.


Pekerjaan Voice Talent Apa Saja?


Seperti yang sudah tertulis diatas, bahwa seorang voice over talent bertugas membacakan naskah sebuah produk berupa audio maupun audio visual. Lantas, apakah bisa dikatakan bahwa semua hal yang berkaitan dengan pengisi suara disebut dengan voice over?

Sebenarnya voice over memiliki perbedaan dengan beberapa pekerjaan yang masih bersangkutan dengan voice over ini, salah satunya dubber. Voice over dengan dubber jelaslah berbeda, jika voice over membacakan naskah yang berisikan pesan dari sebuah produk, dubber adalah pekerjaan dimana kita mengisi suara untuk tokokh-tokoh tertentu dalam sebuah industry film.

Dari segi fungsi, voice over berfungsi dengan baik untuk sebuah konten, konten iklan komersil, iklan layanan masyarakat bahkan pengisi suara untuk konten-konten youtube yang selama ini kita dengar.

Sedangkan dubber, berfungsi sebagai pembaca dialog atau pengganti bahasa sesuai dengan bahasa target yang muncul pada layar.

Bagaimana dengan pekerjaan voice talent lain? Seperti penyiar, pembaca berita maupun seorang penyanyi? Jelas sangat berbeda dengan voice over dan dubber meski semuanya sama-sama menggunakan suara sebagai daya tarik tersendiri.

Jika seorang penyiar, pembaca berita (News Anchor) juga seorang penyanyi harus melakukan pekerjaan mereka di tempat yang seharusnya seperti studio, ruang rekaman, ataupun panggung. Berbeda halnya dengan voice over, mengapa? Karena pekerjaan sebagai voice over talent dapat dilakukan di manapun, bahkan di rumah sekalipun.

Perkembangan dunia voice over talent ini semakin asyik untuk dibicarakan, apalagi jika kita memang memiliki kemampuan di bidang itu. Itu lah mengapa banyak sekali podcaster-podcaster baru yang dapat kita jumpai saat ini. Siapa yang tidak mengenal salah satu podcast yang tersedia di spotify, Rintik Sedu. Saya yakin, Sebagian besar anak muda millennial dan juga generasi Z mengenal bahkan sering mendengar podcast ini. Sebuah podcast yang menceritakan kisah-kisah yang sangat relate dengan dunia kehidupan remaja ini mampu menyihir pendengarnya untuk terus mendengarkan.

Percaya atau tidak, kita bisa menghasilkan podcast yang sama hanya dari rumah. Banyak podcaster-podcaster ternama saat ini yang memulai karirnya hanya dari rumah, karena memang menjadi seorang podcaster dan voice over adalah pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah saja.

Lalu? bagaimana menjadi seorang voice over talent hanya dari rumah? Tentunya kita membutuhkan tools khusus untuk menunjang semua ini, ‘kan? Salah satu diantaranya adalah aplikasi apa yang bisa kita gunakan, tetapi sayangnya jika kita memulainya dari rumah otomatis peralatan dan perlengkapan yang dipakai juga terbatas. Di jaman yang serba digital ini, tidak lah lagi sulit untuk mencari aplikasi yang dapat digunakan dari hp, katakanlah sebagai seorang pemula, pastinya alat terdekat dengan kita yang dapat kita gunakan untuk memulai karir sebagai voice over talent adalah handphone pribadi.

Apakah tidak masalah jika merekam menggunakan perangkat handphone saja? Selagi tidak ada perangkat lain seperti computer atau laptop, sejauh ini handphone cukup ampuh untuk digunakan sebagai alat merekam, apalagi sudah banyak sekali aplikasi yang dapat menunjang kualitas hasil rekaman meski hanya dari handphone.

Aplikasi untuk Merekam dari Rumah

Perlengkapan voice over
Credit : freepik


Jika kapasitas juga kualitas merekam lewat handphone masih sobat HujanPena ragukan, berikut ada beberapa aplikasi yang bisa Sobat HujanPena pakai dan instal guna menunjang hasil rekamannya, berikut saya rangkum mulai dari aplikasi teratas dan gratis hingga aplikasi berbayar:

1. Audio Recorder
2. Dolby
3. Smart Recorder
4. Easy Voice Recorder
5. Recforge II
6. Hi-Q MP3 Voice Recorder
7. Parrot Voice Recorder
8. Titanium Voice Recorder
9. Evernote


Nah, itu dia 9 aplikasi yang bisa sobat HujanPena instal dan pakai di handphone kamu supaya kualitas rekaman semakin bagus, karena ada beberapa aplikasi yang gratis namun hasilnya cukup memuaskan loh sobat, mampu meredam noise reduction. Jujur, saya pakai aplikasi nomor 2 sobat, dan hasilnya cukup bagus, karena kemampuan meredam noise reductionnya lumayan.

Enggak ada alasan lagi dong ya untuk memulai menjadi voice over talent hanya dari rumah, lewat beberapa aplikasi di atas, kamu bisa jadi voice over talent handal, lho!


Perlengkapan Merekam untuk Voice Over Talent yang Bekerja di Rumah


Umumnya, perlengkapan utama yang digunakan adalah laptop atau handphone, microphone, speaker/headphone.

Alat untuk merekam
Headphone-sebagai-alat-Voice-Over



Dari kesemua perlengkapan utama di atas, perlengkapan yang tidak boleh diskip oleh voice over talent ialah microphone, apalagi banyak sekali merk dan juga jenis microphone yang beredar di pasaran, mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Menentukan microphone terbaik akan memaksimalkan hasil suara yang direkam lho, Sobat! Nah …. Apakah microphone yang bagus dan berkualitas harus mahal?

Peralatan Voice Over Talent
Microphone-khusus-Voice-Over



Sesuai dengan judul, menjadi voice over talent dari rumah otomatis segala perlengkapan yang diperlukan juga yang harus ready di rumah dong ya, karena bagaimanapun juga perlengkapan untuk menjadi voice over itu tidaklah murah sobat, harganya cukup fantastis apalagi jika ingin perlengkapannya komplit dan sempurna, tapi, bukan KakMin PenaCahaya namanya jika tidak bisa menemukan solusi yang murah dan berkualitas, hihiih…

Yap, seperti perlengkapan dibawah ini, selain mudah ditemukan, harganya juga under 1 juta, bahkan ada yang hanya serratus ribuan aja lho, yuk kita cek!

1. Mamen Mic – 06
2. Rode SmartLav
3. Rode Videomic Me L
4. Saramonic SmartMic Condenser Microphone
5. Boya By-MM1 Microphone
6. Rode VideoMic Me
7. Lavalier Microphone Mamen


Merk dan jenis microphone di atas adalah jenis microphone yang berada di kisaran harga di bawah 1 jutaan lho, bahkan untuk microphone merk Boya By-MM1 Microphone berada di kisaran harga Rp. 135.000 an aja, murah, kan? Meski harganya murah, kualitas tidak murahan, terbukti dari beberapa testimoni teman sesame voice over talent pemula yang sudah menggunakan microphone Boya, hasilnya cukup memuaskan, mampu meminimalisir bunyi-bunyi noise yang ada di sekitar kita, tinggal edit dikit pakai aplikasi beres deh. Dijamin suara yang dihasilkan bersih banget.

Gimana, Sob? Tertarik untuk memulai karir menjadi seorang voice over talent hanya dari rumah? Apalagi kalau melihat peluang kerja sebagai voice over meski hanya dari rumah tetapi sangat menggiurkan sekali, ya. Jadi, Yuk! Siapkan peralatan dan perlengkapan tempurmu ya, Sob!

Komentar

  1. Sudah lama saya paham tentang VO dari kak bimo.. dan artikel ini cukup membantu untuk persiapan dan peralatan yang di butuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Mas Dedi. Info Voice Over memang sudah lebih familiar sekarang

      Hapus
  2. Lengkap, nih pembahasan tentang pekerjaan voice over talentnya, jadi semakin mengerti. Jadi tertarik ikut juga, cuma sayangnya suara tak senerdu dirimu, dek, hehe.

    BalasHapus
  3. Saya pernah merekam suara sendiri seolah-olah podcast di kamar, malah kedengaran ngos-ngosan. Modal recording dari HP saja 😁😀🤭 alamak.
    Bisalah, nanti menabung untuk beli alat-alat diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dicoba dibantu tools perekam seperti Dolby ya, Mas.

      Hapus
  4. duwi.lady@gmail.com18 Oktober 2022 pukul 17.29

    Trimakasih banyak kak atas infonya,ini keren sekali dan bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  5. Jujur voice over talent menurut saya unik sekali. mengolah suara menjadi karakter yang berbeda itu butuh kemampuan alami atau bisa dilatih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk suara, itu gifted, Kak. tetapi untuk tahap profesional, maka perlu latihan alias bisa dilatih, Kak.

      Hapus
  6. Ternyata harga alat-alatnya tidak mahal, ya. Tapi bikin studionya gimana, Kak? Ada tips nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara sederhananya sih bisa dengan menggunakan selimut untuk meredam noise, Kak.

      Hapus
  7. Baru tau, keren sih ini. Apalah daya bagi yg bersuara cempreng dan nafas gak panjang, wkwkwkwk. Pernah liat film korea, mereka malah voice over untuk semua adegan bukan hanya percakapan. Seperti memperkuat suara langkah, suara hembusan angin, dll

    BalasHapus
  8. semakin kesini semakin banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan dari rumah, salah satunya profesi ini. Sayang sekali tidak dicantumkan kisaran penghasilan yang akan didapatkan

    BalasHapus
  9. Profesi yang unik dan langka. Baru kali ini aku denger istilah ini.
    Pastinya yang dibutuhkan orang yang punya suara merdu ya.

    BalasHapus
  10. Peralatan canggih zaman sekarang, mseki belum ke tahap Voice Over Talent, mungkin bisa dilatih dengan membuat channel podcast sendiri dulu yaa..
    Tapi aku baru tahu bahwa Voice Over Talent it berbeda dengan dubber.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak berbeda. Voice Over dikhususkan untuk iklan

      Hapus
  11. menarik nih, pekerjaan yang tak lekang oleh jaman, memungkinkan bekerja dari rumah saja atau dari manapun berada asal punya toolsnya ya

    BalasHapus
  12. Waah seru bangettt. Jd penasaran sih bisa gak yaa jadi VO talent kaya gini hihi thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua orang pasti bisa, Kak. Coba gabung ke komunitasnya dulu kak

      Hapus
  13. Evernote bisa untuk rekam voice ya? Dulu saya hanya pakai utk menulis

    BalasHapus
  14. Tapi kalau suaranya buruk itu gimana ya kak? Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suara apapun tetap apa pangsa pasarnya kok, Mas

      Hapus
  15. Wah bener banget ni bakal bertahan sampai bertahun-tahun ke depan selama industri hiburan dan periklanan masih bertahan dengan menggunakan kecanggihan teknologi.

    Btw, kompetensi apa aja untuk bisa jadi seorang voice over?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simple-nya, pernapasan, artikulasi, pengucapan dan permainan suara, Mas

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer