Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Liveable City : Hunian Masa Depan Berfokus pada Sustainable

Oktober 30, 2023
0 komentar

Memiliki tempat tinggal di perkotaan terdapat banyak sekali kemudahan yang bisa dirasakan. Namun, dibalik kemudahan akses transportasi dan fasilitas umum yang tersedia permasalahan juga kerap timbul. Kini Sinar Mas Land kembangkan konsep Liveable City cocok bagi Anda yang ingin nyaman tinggal di perkotaan.

sinarmasland-kembangkan-konsep-sustainability

Masalah yang kerap dikeluhkan oleh penduduk kota seperti persoalan urbanisasi. Masalah satu ini banyak terjadi dan hampir setiap tahun jumlahnya mengalami peningkatan.

Dorongan seseorang memilih berpindah tinggal di kota juga beragam seperti faktor lapangan pekerjaan terbatas, sarana prasarana dan ingin memperoleh kehidupan lebih layak.

Selain faktor urbanisasi, persoalan mengenai lingkungan juga menjadi perhatian selama bertahun-tahun. Jika Anda menyadari di kota padat industri dan mobilitas tinggi, gangguan pencemaran udara kini semakin naik peringkatnya.

Melansir dari referensi yang ada menurut AQLI (Air Quality Life Index) pada maret 2022 indonesia menempati peringkat ke 17 dunia, dengan nilai 34,3 µg/meter kubik. Bahkan menurut data terbaru di IQAir konsentrasinya naik menjadi 63 µg/meter kubik.

Tentu dengan terobosan Sinar Mas Land kembangkan konsep liveable city, Anda yang ingin memiliki hunian nyaman dan lingkungan sehat di perkotaan jadi lebih mudah diwujudkan bukan?


Mengenal Hunian Berkonsep Liveable City

Tentu Anda sering mendengar istilah Liveable City dan Smart City yang kerap menjadi bahan pembicaraan. Keduanya memang menjadi perhatian pemerintah. Namun, perlu Anda ketahui bahwa secara definisi

Liveable City dan Smart City berbeda. Meskipun keduanya memiliki kesinambungan. Liveable City atau kota layak huni merupakan konsep pengkondisian kota dengan kondisi yang bisa meningkatkan kualitas kehidupan yang sustainability.

Berbicara tentang sustainability ini bisa dikaitkan dengan banyak hal, termasuk persoalan lingkungan. Menciptakan hunian berkonsep Liveable City tentu saja tidak mudah. Sebab banyak faktor yang mempengaruhinya, terutama dari segi environment,

Liveable City bisa terwujud apabila lingkungan yang dipilih sistem ekologinya berkesinambungan, serta membuat nyaman penduduknya. Jika konsep hunian Liveable City ini terwujud maka hal yang berkaitan dengan sanitasi, akses pendidikan, kesehatan, fasilitas umum hingga kemudahan dalam bekerja.

Secara garis besar Liveable City ini merupakan kondisi perkotaan yang nyaman dihuni baik secara aspek fisik dan non fisik. Bagi Anda yang tertarik dengan konsep hunian masa depan seperti ini, maka bisa mempertimbangkan konsep Liveable City milik Sinar Mas Land.

Indikator Hunian Liveable City yang Perlu Anda Tahu

Sinar Mas Land kembangkan konsep Liveable City untuk memenuhi kebutuhan hunian nyaman di masa depan. Nah, jika ingin memiliki hunian yang Liveable tentu kamu juga mengetahui indikatornya apa saja bukan. Cek ulasan di bawah untuk mengetahuinya.

Ketersedian Kebutuhan Dasar

Indikator pertama hunian dikatakan Liveable City jika bisa memenuhi ketersedian kebutuhan dasar. Artinya, dari segi bangunan layak, sanitasi baik, sumber air tersedia, jaringan listrik mendukung serta ketersedian pangan terjaga.

Ketersedian Fasilitas Umum

Liveable city selain dilihat dari aspek ketersedian kebutuhan dasar, penilaiannya juga dari sarana dan prasarana fasilitas umum. Tidak dapat dipungkiri bahwasanya, fasilitas umum menjadi penunjang dalam aktivitas kehidupan masyarakat.

Fasilitas umum seperti tempat ibadah, support transportasi umum, rumah sakit, taman dan lain-lain. Tidak kalah pentingnya, selain fasilitas umum tersedianya fasilitas sosial juga menjadi tolak ukur.

Ruang Publik yang Memadai

Dalam menjalani kehidupan bermasyarakat hadirnya ruang publik yang memadai menjadi tolak ukur liveable city. Aktivitas berinteraksi dan kemudahan akses di ruang publik secara aman dan nyaman menjadi penilaian kota tersebut dikatakan layak huni atau tidak.

Tingkat Keamanan

Berikutnya indikator penentuan Liveable City yaitu ditinjau dari tingkat keamanan. Tentu saja tingkat keamanan menjadi aspek penting dalam memilih sebuah hunian. Daerah yang aman dan minim tingkat kejahatan tentu membuat nyaman penduduknya.

Jadi, saat melakukan aktivitas diluar baik bersama keluarga maupun anak kecil tidak perlu merasa was-was sebab hunian Liveable City selain berfokus pada sustainability juga memperhitungkan tingkat keamanannya.


Keterlibatan Masyarakat dalam Pembangunan

Indikator berikutnya yaitu adanya keterlibatan masyarakat dalam pembangunan. Bagaimanapun juga masyarakat juga harus dilibatkan dalam proses pembangunan. Sebab nantinya masyarakat juga yang akan menggunakan fasilitas-fasilitas umum.

Selain beberapa indikator diatas, masih ada beberapa kriteria lainnya. Seperti indikator yang digunakan dalam lingkup dunia terdapat perbedaan dengan di Indonesia. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah, sebab tolak ukurnya bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Beberapa Rekomendasi Kota Layak Huni di Indonesia

Sudah punya bayangkan konsep hunian Liveable City seperti apa? Beberapa kota di Indonesia sudah masuk dalam list hunian layak huni menurut data MLCI di tahun 2022.

Kota Solo

Peringkat pertama kota kategori Liveable City menurut MLCI tahun 2022 yaitu Solo dengan skor 77.1 dari 100. Survey yang dilakukan dengan menggunakan 28 indikator tersebut, mengeluarkan hasil solo sebagai pemenangnya.

Kota solo dari survei tersebut unggul dalam beberapa indikator seperti ketersediaan fasilitas kesehatan, tempat ibadah, jaringan komunikasi serta dari sumber energy dan ketahanan pangannya.

Kota Yogyakarta

Kota yang menduduki peringkat kedua masih berada di kepulauan jawa yaitu Yogyakarta. Skor yang berhasil diraih kota Yogyakarta yaitu sebesar 75.3. indikator penyumpang nilai tertingginya yaitu dari ketersediaan energi dan suplai air bersih.

Kota Cirebon

Selanjutnya kota dengan nilai survei sebesar 74.4 dimenangkan oleh Cirebon. Kota di pesisir utara pulau jawa ini berhasil menunjukan kenaikan survei indikator yang diterapkan oleh MLCI. Pasalnya kota dengan julukan kota udang ini dulunya tidak masuk dalam 10 besar sebelumnya.

Magelang

Hasil survey yang dilakukan oleh MLCI bisa saja mengalami perubahan setiap tahunnya. Ada yang mengalami kenaikan dan pergeseran peringkat. Magelang di tahun 2022 menduduki top 4 Liveable City dengan perolehan skor sebesar 73.4, selisih tipis dengan kota Cirebon.

Semarang

Jika di survey sebelumnya di tahun 2017 Semarang sudah masuk dalam jajaran 10 besar Liveable City Indonesia. Kini dari hasil survey yang terbaru (2022), kota semarang tetap berada di posisi kelima dengan nilai sebesar 73.3.

Kediri

Salah satu daerah di Jawa Timur yang berhasil masuk dalam 10 besar Liveable City yaitu Kediri. Kota ini menunjukan kenaikan yang cukup bagus dengan keberhasilannya menduduki peringkat 6 dengan skor MLCI 72.5.

Mataram

Berikutnya berdasarkan hasil survei MLCI di tahun 2022 peringkat ketujuh diduduki oleh kota Mataram. Kota yang berada di kepulauan Lombok ini berhasil mendapatkan skor sebesar 72.2.

Konsep Hunian Liveable City dari Sinar Mas Land

Salah satu pengembang property dengan banyak diversifikasi proyek yaitu Sinar Mas Land. Berpengalaman lebih dari 40 tahun, Sinar Mas Land berupaya untuk menyediakan produk dan layanan berkualitas.

Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City yang mendapat sambutan baik bagi Anda. Memiliki hunian yang sustainability, ramah anak dan dekat lingkungan asri tentu menjadi prioritas banyak orang.

sinarmasland-kembangkan-konsep-hunian-sustainability

Pasalnya semakin banyak list yang harus tercentang ketika memilih sebuah hunian. Konsep hunian dengan paket lengkap dari segi kelayakan, tersedianya fasilitas, keamanan dan lingkungan yang mendukung bisa Anda peroleh melalui Liveable City.

Sinar Mas Land hadir dengan 4 pedoman dalam mengembangkan Liveable City. Pedoman yang diusung meliputi Live, Learn, Work dan Play. Dari segi Live, Sinar Mas Land ingin memberikan sarana prasarana yang memadai dari banyak aspek.

Berikutnya konsep Learn yang ditawarkan yaitu dengan menyediakan sarana dalam bidang pendidikan. Konsep Liveable City juga memperhitungkan aspek Work, dimana Sinar Mas Land kebutuhan professional tersebut dengan menyediakan area komersil, perkantoran dan kota industry.

Pilar Play yang dibawa oleh Sinar Mas Land dalam pengembangkan Livable City yaitu dengan menghadirkan aspek kebutuhan emosional. Hal ini memang tidak boleh disepelekan begitu saja, pasalnya menjaga mental dan emosional agar tetap baik juga penting diperhatikan.

Oleh karena itu Sinar Mas Land juga berupaya dalam menyediakan taman rekreasi, ruang terbuka hijau, fasilitas olahraga hingga pusat kuliner.

Sinar Mas Land Hadirkan Liveable City di Beberapa Kota Indonesia

Secara keseluruhan kota-kota di Indonesia sudah layak huni dan liveable. Namun, bagaimana jika ternyata kota yang Anda incar tidak masuk dalam jajaran peringkat teratas.

Anda tidak perlu terlalu pusing memikirkannya, sebab hunian dengan konsep Liveable City bisa ditemukan di Sinar Mas Land. Nama ini tentu sudah tidak asing bukan. SInar Mas Land kembangkan konsep Liveable City yang kini banyak diincar.

Berikut beberapa hunian yang dipersembahkan Sinar Mas Land, patut Anda pertimbangkan.

Grand Wisata Bekasi

Sekilas tentang Grand Wisata Bekasi ini alamatnya terletak di kecamatan Tambun. Bangunan yang mendapat julukan kota mandiri ini hadir dengan konsep low density township.

Tidak hanya itu saja konsep Grand Wisata ini juga digabungkan dengan Live, Play and Work. Dengan gabungan kedua konsep tersebut, Grand Wisata bisa memberikan hunian dengan fasilitas lengkap serta kemudahan akses mobilitasnya.

Apalagi di Grand Wisata ini juga memiliki fasilitas internal dan eksternal memadai. Fasilitas internal yang bisa Anda temukan seperti kids playground, fitness area, petugas keamanan, dan masih banyak lainnya.

Delta Mas Cikarang

Cikarang merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi industri cukup menjanjikan. Hadirnya Delta Mas Cikarang sebagai hunian Liveable City bisa jadi opsi bagi Anda yang membutuhkan hunian modern dengan konsep matang.

Namun, juga perlu Anda ingat memiliki hunian nyaman dan dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang perlu biaya yang tidak sedikit. Hal tersebut nantinya worth it dengan perjuangan yang dilakukan untuk memiliki tempat tinggal Liveable City.

Grand City Balikpapan

Sinar Mas Land kembangkan konsep liveable city dengan berbagai tingkatan yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan. Di Grand City Balikpapan misalnya, perusahaan ini menyediakan 3 cluster perumahan dengan variasi harga dari milyaran hingga ratusan juta.

Meski tidak masuk dalam jajaran 10 besar MLCI (2022). Namun, Balikpapan juga memiliki prospek bagus, terlebih lingkungan dan udara di daerah ini masih terbilang bagus.

Informasi tambahan bagi Anda, bahwa di tahun 2022 lalu Grand City Balikpapan menjadi pemenang Best Township Master Plan Design.

Semakin kesini, tawaran hunian yang nyaman dan aman semakin memperhatikan banyak aspek dan mengikuti kebutuhan konsumen. Sebab memiliki hunian nyaman dan aman saat ini tidak hanya cukup.

Banyak orang semakin sadar bahwa hunian yang sustainability juga penting untuk generasi masa depan. Apalagi jika nantinya di berbagai kota semakin banyak penerapan liveable city, tentu ini menjadi langkah bagus untuk kehidupan kedepannya.

Referensi:


https://www.handalselaras.com/seberapa-layak-huni-kota-kota-di-indonesia/

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/12/10-kota-paling-layak-huni-di-indonesia-2022-solo-juara

https://temanggung.inews.id/read/361508/10-kota-layak-huni-di-indonesia-salah-satunya-di-daerah-kedu-raya

https://cariproperti.com/grand-wisata

https://www.sinarmasland.com/wvc2023

https://www.sinarmasland.com/id/about-us

https://www.sinarmasland.com/id/news/sinar-mas-land-luncurkan-hunian-rp500-juta-an-di-kota-deltamas-cikarang

Komentar

Postingan Populer